Cara Aktivasi Windows 10 Permanen Secara Online dan Offline

Setelah sekian lama, akhirnya Windows 10 kini sudah bisa digunakan oleh banyak orang. Melalui update yang rutin dihadirkan, sistem operasi ini sudah semakin optimal. Bagi yang ingin aktivasi Windows 10, juga sudah bisa dilakukan secara mudah.

Informasi yang kami bahas di sini juga bisa menjadi solusi bagi yang tidak bisa aktivasi Windows 10. Cara aktivasi versi terbaru ini bisa secara online dan offline. Bahkan tersedia upgrade untuk mengganti Windows 7 dan 8 yang telah disediakan.

Cara Aktivasi Offline  Menggunakan Software

Proses aktivasi offline bisa diproses dengan cepat dan mudah. Pertama-tama Anda harus menyiapkan software aktivasinya terlebih dahulu. Berikut beberapa software yang biasa digunakan untuk melakukan aktivasi:

  • KMSpico
  • KMSAuto Net
  • Auto Lite

Silahkan Anda pilih salah satunya. Contohnya aktivasi Windows 10 kmspico yang sudah sering digunakan. Unduh salah satu aplikasi di atas untuk melakukan aktivasi. Kemudian Anda pasang di komputer atau laptop.

Setelah download aktivasi Windows 10 di atas, silahkan Anda buka aplikasinya. Pastikan Anda membukanya dengan cara klik kanan pada aplikasi, lalu pilih “Run as Administrator”.

Setiap aplikasi memiliki tampilan menu instalasi yang berbeda. Namun pada dasarnya fungsinya tetap sama. Silahkan Anda pilih menu install pada aplikasi, lalu ikuti proses aktivasi hingga selesai.

Untuk beberapa aplikasi, misalnya KMSAuto Net, Anda harus memilih aktivasi secara spesifik. Karena, aplikasi tersebut bisa digunakan untuk mengaktifkan beberapa produk Windows sekaligus.

Cara Aktivasi Menggunakan Lisensi Legal

Software yang Anda beli secara legal menawarkan banyak keuntungan. Salah satunya yaitu fitur update untuk mengatasi berbagai masalah sistem operasi. Fitur pembaruan atau update juga bagus untuk mengoptimalkan kinerja komputer.

Bagi yang membelinya secara legal, Anda akan diberi sebuah aktivasi key. Harga aktivasi Windows 10 ini sudah satu paket dengan aplikasinya. Jadi, Anda tinggal memasangnya langsung. Berikut cara mendapatkan aktivasi kodenya:

1. Beli Windows 10 Original

Saat ini pembelian seluruh produk Windows bisa dilakukan secara online maupun offline berbentuk DVD/CD. Silahkan Anda beli terlebih dahulu untuk mendapatkan akses aplikasi dan kode aktivasinya.

2. Pastikan Komputer atau Laptop Terhubung ke Internet

Cek konektivitas perangkat Anda pada jaringan internet. Silahkan buka browser, lalu cek apakah sudah bisa terhubung ke internet atau belum. Jika belum, silahkan atur terlebih dahulu agar  bisa terhubung.

3. Pasang Aplikasi

Silahkan Anda install aplikasi Windows 10 versi demonya terlebih dahulu. Proses pemasangan bisa dilakukan dengan cara mengunduh maupun menggunakan DVD yang sudah dibeli.

4. Lakukan Proses Aktivasi

Sesudah terpasang, Anda tinggal mengaktifkannya menggunakan kode. Karena software yang masih berbentuk demo, belum sepenuhnya bisa Anda gunakan. Setelah terpasang, silahkan Anda aktifkan dengan klik menu “Start”.

Setelah masuk di menu “Start”, Anda pilih menu “Update & Security”. Kemudian, silahkan pilih menu “Activation”. Kemudian pilih menu “Change Product Key” di bagian bawah dan masukkan 25 digit kombinasi huruf dan angka kode aktivasi.

Proses untuk mengaktifkannya tidak terlalu lama. Silahkan tunggu hingga selesai. Jika prosesnya berhasil maka akan ada pemberitahuan “Windows is activated’ di komputer Anda.

Baca juga:

Upgrade Windows 7 & 8 ke Versi Terbaru

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, upgrade juga sudah disediakan untuk para pengguna versi sebelumnya. Layanan ini tersedia untuk versi 7, 8, dan 8.1. Prosesnya pun mudah dan bisa dilakukan secara online.

Untuk memulai nya, silahkan Anda masuk ke halaman website Windows 10 terlebih dahulu, yaitu di support.microsoft.com. Anda bisa melihat detailnya pada gambar di bawah.

Halaman Microsoft Memperbarui Windows 10

Seperti yang kita lihat bersama, dukungan Windows 7 sudah berakhir. Artinya sudah tidak tersedia lagi pembaruan terkini. Namun, pengguna bisa memperbaruinya dengan cara klik menu “Tingkatkan Sekarang”.

Pilih opsi “Upgrade This PC now”, lalu pilih lagi opsi “Keep personal files and apps”. Setelah itu, klik “Install”, dan tunggu hingga proses pemasangan selesai.

Setelah berhasil terpasang, silahkan Anda lakukan aktivasi. Proses aktivasi sudah kami jelaskan di atas. Pastikan Anda sudah memiliki kode aktivasinya terlebih dahulu. Aktivasi juga bisa menggunakan lisensi Windows versi sebelumnya.

Cara aktivasi Windows 10 sangat mudah sekali diproses. Anda bisa memilih salah satu cara di atas. Untuk kenyamanan penggunaan, kami menyarankan untuk memilih versi yang legal. Karena, versi legal menawarkan banyak keuntungan bagi para pengguna.

Tinggalkan komentar