Apa itu Facebook?

Berbicara mengenai raksasa media sosial, mungkin sebagian besar dari kita akan terlintas nama Facebook. Bagaimana tidak, jumlah penggunanya sudah lebih dari 2 milyar orang. Tak heran jika FB adalah salah satu media sosial yang banyak berpengaruh terhadap era digital.

Besarnya nama Facebook tidak bisa lepas dari pendirinya, Mark Zuckerberg. Bagaimana perjalanannya menjadi media sosial yang besar bahkan sanggup membeli platform lainnya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Sejarah Facebook

Sejarah Facebook

Sejarah berdirinya media sosial yang identik dengan warna biru ini adalah pada bulan Januari 2004. Saat itu, Mark Zuckerberg mulai melakukan coding untuk merilis TheFacebook.

Pada awalnya, nama media sosial ini memang sedikit berbeda, namun tentu programnya familiar dengan yang ada sekarang. Program yang sudah dibuat Zuckerberg menampilkan profil pengguna yang bisa mengunggah foto.

Tidak hanya itu, menu lainnya adalah untuk berbagi minat, mudahnya terhubung dengan orang lain, dan menyediakan visualisasi jaringan dari hubungan antar pengguna. Pada bulan pertama perilisannya, sudah 50 persen mahasiswa yang bergabung di TheFacebook.

Setelah itu, pertumbuhan jejaring media sosial ini semakin berkembang di akhir 2004. Hingga akhirnya pendaftaran keanggotaan dibuka di hampir seluruh perguruan tinggi di Amerika dan Kanada. Bahkan tidak hanya dari kalangan mahasiswa, ternyata masih banyak orang yang ingin bergabung.

Bulan Agustus di tahun yang sama, kata “The” dihilangkan dan media sosial ini resmi bernama Facebook. Sedangkan biaya domain yang diharus dikeluarkan saat itu adalah sebesar 200 ribu dollar.

Di bulan berikutnya, pendaftaran dibuka untuk para siswa menengah atas. Baru setelah itu, para pegawai dari Microsoft dan Apple bergabung dengan student base.

Pendiri Facebook

Pendiri Facebook

Sebagai pendiri Facebook, Zuckerberg mengambil keputusan penting di bulan November. Ia mengumumkan keluar dari Harvard University setelah mengambil cuti selama satu semester. Media sosial yang didirikannya sudah mendapatkan investasi yang signifikan.

Tidak hanya itu, pertumbuhan anggota di dalamnya juga begitu pesat hingga di berbagai kalangan. Tak heran jika ia sudah siap mendedikasikan diri secara penuh untuk bertindak sebagai CEO dibanding pemogram.

Akhirnya Zuckerberg berhenti kuliah dan mendedikasikan waktunya secara total untuk Facebook. Media sosial ini pun melanjutkan ekspansinya ke berbagai belahan dunia. Di bulan Desember, keanggotaan bertambah dari universitas dari New Zealand dan Australia.

Berlanjut sekolah menengah atas di Inggris, Irlandia, dan Meksiko. Artinya, sudah terdaftar 2500 murid dan 25000 sekolah menengah atas yang terhubung dan bisa mengakses Facebook.

Profil Facebook

Profil Facebook

Di tahun 2008 sejarah media sosial FB seperti yang saat ini kita  kenal pun berlanjut. Zuckerberg meluncurkan Facebook-Chat yang memungkinkan penggunanya terhubung secara instan dengan keluarga dan teman-teman.

Pada saat itu, Facebook-Chat sudah dibekali Facebook-Wall, Facebook-Connect, dan People You May Know. Hingga akhirnya perkembangannya memiliki fitur seperti yang kita kenal saat ini. Bahkan FB sudah mengakuisis dua media sosial besar, yaitu Instagram dan WhatsApp.

Manfaat Facebook

Manfaat Facebook

Facebook adalah media sosial yang boleh dibilang terbesar di dunia. Ada banyak manfaat penggunaan Facebook yang bisa dirasakan, yaitu sebagai berikut.

  • Sebagai tempat mencari teman lama maupun baru.
  • Tempat mempromosikan berbagai produk jualan.
  • Tempat berdiskusi karena memiliki fitur grup.
  • Sebagai tempat belajar dan bermain games.

Fitur Menarik Facebook

1. News Feed

News Feed

Dua tahun setelah perilisannya, Facebook mengeluarkan fitur News Feed ini. Melalui fitur ini pengguna bisa mendapatkan update informasi terbaru yang diunggah di jejaring media sosial ini. News Feed memungkinkan penggunanya mendapatkan informasi dari berbagai belahan dunia.

2. Safety Check

Safety Check

Facebook membuktikan bahwa dedikasinya tidak hanya sekedar menambah pertemanan saja. Melainkan juga inovasi lainnya berupa kegiatan sosial, salah satunya adalah Safety Check.

Melalui fitur ini, pengguna FB bisa saling memberi kabar pada keluarga dan teman. Terutama pada kondisi bencana alam atau peristiwa lainnya yang mengancam keselamatan.

3. Reaction

Reaction

Salah satu alasan mengapa Facebook bertahan hingga bertahun-tahun adalah berbagai fitur unik di dalamnya. Contohnya adalah fitur reaction yang pertama kali dirilis pada 2016 lalu. Fitur ini banyak disukai karena menampilkan berbagai emoji sesuai reaksi yang ingin diberikan.

Ketika ada sebuah unggahan, pengguna Facebook dapat memberikan tanggapan sehingga bermain media sosial ini pun lebih ekspresif.

4. Marketplace

Marketplace

Tahun 2016 bisa dibilang sebagai masa kejayaan Facebook karena merilis banyak fitur yang mengagumkan. Tidak hanya merilis fitur reaction, Facebook juga mengeluarkan fitur marketplace. Tentunya pembaruan ini disambut baik oleh pebisnis maupun konsumen.

Jadi, pengguna Facebook lebih mudah mempromosikan produk yang dijualnya. Tidak hanya itu,ikon marketplace ini sendiri cukup strategis dan mudah dilihat pengguna.

5. Facebook 360

Facebook 360

Facebook360 merupakan fitur yang dirilis pada Maret 2017 lalu. Melalui fitur unik ini, pengguna bisa berbagi video 360 derajat yang menakjubkan di media sosial ini. Pada dasarnya, fitur ini memang didukung oleh Samsung Gear VR dan Oculus.

Fitur ini cukup banyak menarik perhatian pengguna Facebook. Hal ini bisa dibuktikan dengan jutaan pengguna yang antusias mengakses fitur ini sejak awal perilisannya. Melalui fitur ini, pengguna jadi lebih mudah menemukan konten favorit maupun sesuatu yang sedang trending.

Tidak hanya itu, hal ini juga termasuk mengelola koleksi favorit dan menyimpan file favorit dengan lebih mudah.

6. Messenger Day – The Snapchat Way

Messenger Day The Snapchat Way

Fitur ini mirip seperti Instagram stories dan Snapchat. Tidak hanya itu, Facebook juga melengkapinya dengan efek, filter, stiker, dan akan hilang dengan sendirinya dalam 24 jam. Jika ingin menggunakan fitur ini, Anda harus mengaksesnya melalui Messenger.

Salah satu kelebihan menggunakan aplikasi ini adalah bisa mengecek siapa saja teman yang sedang aktif untuk chatting.

7. Facebook Live

Facebook Live

FB tampaknya semakin mengupdate fitur kekinian di dalamnya. Salah satunya adalah fitur FB Live yang populer digunakan untuk membuat konten live streaming. Sebelumnya, pengguna memang harus memakai Facebook Live API yang ada di ponsel.

Seiring berjalannya waktu, Anda juga bisa melakukan streaming melalui laptop atau komputer pribadi.

8. Advertising Capabilities

Advertising Capabilities

Fitur ini sangat bermanfaat untuk para pebisnis di Facebook. Hal ini karena kemampuannya yang bisa merevolusi iklan. Tak heran jika fitur yang satu ini akan semakin memudahkan Anda menjual produk di Facebook.

9. Video Grup

Video Grup

Pada dasarnya, fitur video grup akan memudahkan Anda terhubung melalui obrolan video beserta pengguna lainnya. Fitur ini memang mirip seperti yang ada di Instagram. Namun, pihak Facebook sendiri memberikan fitur 50 pengguna dalam satu obrolan video grup.

Tidak hanya itu, fitur ini juga akan memudahkan Anda menambahkan filter favorit agar obrolan yang dilakukan semakin ekspresif.

Melalui ulasan di atas, bisa disimpulkan bahwa Facebook adalah media sosial yang banyak memberikan pengaruh ke platform lain. Mungkin tidak sedikit dari Anda yang sudah menggunakan media sosial ini sejak lama.

Seiring berjalannya waktu, fitur-fitur di dalamnya memang semakin diupdate sehingga penggunanya betah dengan media sosial yang satu ini.

Tinggalkan komentar