Apa itu Instagram?

Di era digital seperti saat ini, siapa yang tidak mengenal media sosial Instagram? Aplikasi yang satu ini begitu populer saat ini sehingga cukup menggeser media sosial lainnya. Instagram adalah media sosial yang memiliki banyak fitur menarik yang bisa dieksplorasi.

Tidak hanya sebagai media sosial untuk berkomunikasi sehari-hari, aplikasi yang biasa disingkat IG ini juga menjadi media marketing yang menjanjikan. Bagi yang ingin mengetahui hal seputar IG, simak ulasan berikut ini.

Profil Instagram

Profil Instagram

Pada dasarnya, Instagram merupakan media sosial yang dirancang untuk berbagi foto maupun video. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang bisa membuat postingan lebih menarik, yaitu Insta Story, filter, IGTV, dan fitur lainnya.

Pada awal kemunculannya di 2010 lalu, pihak Instagram mengklaim sudah memiliki 25.000 pendaftar. Layaknya media sosialnya, pengguna IG bisa menemukan banyak teman dengan menggunakan fitur Follow.

Interaksi yang bisa dilakukan antar pengguna adalah melalui komentar dan like di postingan. Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur DM atau Direct Message. Fitur Instastory menjadi yang paling populer yang digunakan berbagi berbagai kegiatan atau informasi.

Baca Juga:

Sejarah Instagram

Sejarah Instagram

History IG bermulai dari aplikasi bernama Burbn yang dibesut oleh vendor Burbn Inc. Aplikasi ini dirilis pada 2020 lalu oleh CEO bernama Kevin Systrom dan Mike Krieger.

Burbn Inc merupakan perusahaan start up yang bergerak di bidang pengembangan aplikasi mobile. Pada awalnya, aplikasi ini hanya mendukung di perangkan iOS. Hal ini karena banyaknya fitur yang terdapat di dalamnya.

Seiring berjalannya waktu, Kevin Systrom dan Mike Krieger akhirnya mengurangi fitur-fitur di aplikasi ini. terutama pada bagian komentar dan preferensi lainnya. Hingga akhirnya pihak Facebook mengambil alih manajemen Instagram di tahun 2012.

Setelah sekira lama, akhirnya logo resmi Instagram resmi berubah di 2016. Penampilan aplikasi ini dikenal lebih elegan seperti yang sudah Anda lihat saat ini.

Baca Juga:

Fungsi Instagram

Seperti yang telah disebutkan di atas, Instagram adalah media sosial untuk berbagi postingan dengan pengguna lainnya. Agar lebih jelas, silahkan simak berbagai fungsi dari media sosial Instagram berikut ini.

1. Berkomunikasi Antar Pengguna

Berkomunikasi Antar Pengguna

Pada dasarnya, hal ini merupakan fungsi utama dari adanya media sosial. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya berbagi foto dan video serta saling berkirim Direct Massage (DM). Tidak hanya itu, aplikasi ini memiliki fitur Instastory dan perekaman langsung.

Tak heran jika banyak yang senang berbagi kegiatan sehari-hari melalui media sosial ini. Pengguna bisa memanfaatkan siaran langsung sehingga pengguna lain bisa menontonnya.

2. Mengetahui Rekomendasi Tempat Liburan

Mengetahui Rekomendasi Tempat Liburan

Bukan hal yang asing lagi bahwa postingan foto dan video di IG bisa menjadi referensi tujuan wisata. Para pengguna Instagram memang kerap kali mengabadikan momen liburan lalu menguploadnya di media sosial ini.

Bagi yang sedang mencari referensi liburan, tentu postingan tersebut akan sangat bermanfaat untuk menikmati keindahan tempat wisata.

3. Mencari dan Berbagi Informasi

Mencari dan Berbagi Informasi

Instagram juga bisa menjadi media mencari informasi dan ilmu pengetahuan yang mumpuni. Mengingat akun IG juga memuat akun non-pribadi yang bisa dilihat pengguna lainnya. Anda bisa menemukan akun yang berbagi ilmu pendidikan, kesehatan, keuangan, dan lain-lain.

Informasi yang disampaikan bisa berupa gambar maupun video meski durasinya dibatasi. Tentunya, hal ini menjadi sisi positif Instagram sebagai media sosial.

4. Sebagai Media Marketing

Sebagai Media Marketing

Di era teknologi seperti saat ini, banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan IG sebagai platform berjualan. Jadi, pebisnis tidak hanya bisa menggunakan situs web resmi, namun juga media sosial. Seiring kepopuleran IG, hal ini memunculkan fungsi lainnya sebagai sarana pemasaran.

Baca Juga:

Fitur-Fitur Unggulan Instagram

Pihak Instagram memang cukup sering melakukan pembaruan aplikasi media sosial ini. Tak heran jika semakin banyak fitur menarik yang bisa dicoba. Media sosial ini memungkinkan penggunanya untuk berbagi postingan foto dan video bersama followers mereka.

Adapun beberapa fitur-fitur unggulan Instagram yang banyak digunakan adalah sebagai berikut.

1. Instastory

Instastory

Salah satu fitur yang membuat Instagram semakin terkenal ini dirilis pada 2016 lalu. Instastory memungkinkan Anda mengambil foto dan video lalu mengeditnya jika diperlukan. Pengguna bisa menambahkan efek, filter, dan flash ke postingan mereka.

Setiap konten yang diupload ke story Instagram akan menghilang dalam 24 jam. Pada dasarnya, fitur yang satu ini memang mirip seperti yang ada di Snapchat. Seiring berjalannya waktu, fitur story IG ini semakin berkembang.

Diantaranya dengan menambahkan lokasi, stiker, efek, dan lain sebagainya. Instagram juga menambahkan video langsung melalui instastory sehingga penggunanya bisa melakukan siaran langsung.

2. Berbagi Gambar dan Video

Berbagi Gambar dan Video

Salah satu fitur utama yang ditawarkan Instagram adalah untuk berbagi gambar dengan video. Pengguna bisa mengunggah gambar melalui galeri maupun menjepretnya langsung melalui fitur kamera di IG.

Sebelum menguploadnya, pengguna bisa membubuhkan teks dan menerapkan filter estetik untuk foto yang digunakan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menandai pengguna lain yang ada di foto yang diupload tersebut.

Efek dan filter di IG memang begitu banyak sehingga layak dicoba. Pada versi awalnya, IG hanya memiliki sekitar 15 efek yang bisa digunakan saat mengedit foto. Seiring berjalannya waktu, jumlah filter semakin banyak dan beragam.

3. Komentar dan Like

Komentar dan Like

Melalui gambar dan video yang diupload, Anda bisa memberikan like dan komentar. Jadi, fungsinya memang tidak jauh berbeda dengan media sosial lainnya seperti Facebook. Dengan memberikan like, artinya pengguna lain menyukai foto yang diupload.

Jumlah like pada sebuah postingan di IG bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi popularitas postingan itu sendiri. Tidak hanya itu, jumlah pengikut juga menjadi hal yang sangat berpengaruh untuk popularitas sebuah foto.

4. Explore

Explore

Fitur unggulan yang satu ini diperkenalkan pada 2012 lalu. Fitur explore atau jelajah menjadi bagian yang menampilkan postingan foto dan video populer. Pada 2015 lalu, fitur ini diperbarui dengan menampilkan tag dan lokasi tren.

Instagram juga semakin membuat update dengan menambahkan saluran “video yang disukai”. Dilanjut dengan saluran “acara” yang menunjukkan video konser, olahraga, permainan, dan acara live lainnya.

5. IGTV

IGTV

Fitur unggulan selanjutnya dari Instagram adalah IGTV. Fitur yang satu ini berupa video vertikal yang dirilis Instagram pada 2018 lalu. Jadi, Anda bisa mengunggah tayangan sampai 10 menit dengan ukuran maksimal 650 MB.

Pengguna IG yang populer bisa membuat video IGTV lebih panjang, yaitu sampai 60 menit. Sedangkan untuk ukuran maksimal file adalah 5,4 GB. Fitur ini akan berjalan secara otomatis ketika sudah dimulai.

Instagram adalah media sosial populer yang banyak memberikan peran dan fungsinya di era digital saat ini. Tidak sedikit yang memanfaatkan IG untuk tujuan marketing untuk memperkenalkan produknya. Semoga ulasan di atas dapat menambah luas pengetahuan kita tentang media sosial.

Tinggalkan komentar