10 Aplikasi Cetak Foto Berbagai Ukuran dalam Satu Lembar

Masa dimana mencetak foto dalam berbagai kualitas dan ukuran di tempat cetak foto telah berakhir. Saat ini, mencetak foto bisa dilakukan mandiri. Modal untuk melakukan aktivitas tersebut adalah kamera, printer, dan tentu saja aplikasi cetak foto berbagai ukuran yang bisa ditemukan dengan mudah di internet.

Aplikasi untuk mencetak foto dalam berbagai ukuran adalah masuk juga dalam kategori aplikasi pengedit foto dan aplikasi penampil gambar. Untuk hasil cetak foto yang lebih baik, editing memang perlu dilakukan. Selain editing, aplikasi semacam ini diberikan fitur untuk mengatur ukuran foto yang akan dicetak.

Daftar Aplikasi Cetak Foto Berbagai Ukuran Terbaik dan Gratis untuk Windows

Untuk mencetak foto dalam berbagai ukuran, aplikasi pengedit foto yang mahal dengan fitur mengesankan sebenarnya tidak diperlukan. Aplikasi cetak foto yang diperlukan harus memiliki fitur pemilihan ukuran foto dan fitur untuk melakukan pengeditan sederhana. Aplikasi semacam itu banyak yang gratis dan berkualitas.

Berikut adalah 10 aplikasi cetak foto dalam berbagai ukuran terbaik dan gratis untuk digunakan.

1. Paint.NET

Paint NET

Paint.NET adalah aplikasi yang bisa digunakan di sistem operasi Windows apapun versinya. Aplikasi ini memiliki desain yang sangat sederhana dan dapat dikatakan bergaya klasik. Tidak ada kesan basa-basi di sini, yang ada adalah 100% fitur untuk membuat dan mencetak foto dalam beragam ukuran.

Fitur-fitur pengeditan yang ada di sini sederhana dan memang diperuntukkan untuk pengeditan yang simpel saja. Aplikasi ini bisa bekerja pada komputer dengan spesifikasi yang rendah. Paint.NET menyediakan fitur koreksi tidak terbatas. Selain itu aplikasi gratis ini juga menyediakan pemilihan kertas Matte, Glossy, dll.

2. GIMP

GIMP

GIMP atau GNU Image Manipulation Program adalah aplikasi pengedit foto lintas sistem operasi dan lintas perangkat. Aplikasi ini termasuk dalam aplikasi gratis dengan kualitas yang mantap. GIMP sering digunakan untuk keperluan pembuatan desain, pembuatan ilustrasi, dan pengeditan foto sederhana.

Aplikasi ini menawarkan manipulasi dan pengeditan foto berkualitas tinggi. Melakukan beragam pengeditan yang kompleks pun bisa dilakukan. Melalui aplikasi ini pembuatan grafis bernilai seni tinggi bisa dilakukan. Jika pengeditan dan kreasi foto sekompleks tersebut bisa dilakukan apalagi sekadar memilih ukuran foto.

3. IrfanView

IrfanView

IrfanView adalah salah satu aplikasi penampil dan pengedit foto sederhana terbaik. Aplikasi gratis ini mendukung banyak format gambar. Jika Anda sedang mencari aplikasi yang akan dijadikan sebagai aplikasi pembuka dan pembaca format gambar utama di Windows, maka aplikasi ini pilihan mantap.

Beragam pengeditan sederhana, seperti menambah teks, mengatur warna, memotong gambar, mengubah ukuran, dan memilih ukuran foto yang akan dicetak bisa dilakukan di sini dengan mudah. IrfanView bukan aplikasi yang sulit untuk dikuasai. Aplikasi ini juga ringan dijalankan di berbagai versi Windows.

4. Ulead PhotoImpact

Ulead PhotoImpact

Ulead PhotoImpact dilengkapi dengan beragam fitur menarik yang akan membuat foto bisa diedit dengan baik. Aplikasi ini memiliki User Interface yang sangat sederhana. Aplikasi ini pun bisa dijalankan dengan ringan pada sistem operasi Windows versi lama dan dengan komputer berspesifikasi rendah.

Melakukan pengeditan dan menambahkan beragam filters di aplikasi ini tidak sulit untuk dilakukan. Hal sama berlakukan untuk pengeditan seperti menambah teks dan memilih ukuran foto untuk dicetak. Aplikasi Ulead PhotoImpact bisa diandalkan jika Anda ingin mencetak foto atau gambar dalam kualitas yang tinggi.

5. PhotoScape

PhotoScape

PhotoScape adalah aplikasi dengan konsep yang tidak jauh berbeda dengan IrfanView. Aplikasi ini masih bisa diandalkan sebagai aplikasi yang mampu menampilkan foto dalam berbagai format di komputer. Aktivitas pembuat Slideshow, mengelola foto-foto favorit, dan pengeditan sederhana bisa dilakukan di sini.

Aplikasi cetak foto berbagai ukuran ini juga dilengkapi dengan fitur peningkatan kualitas foto yang akan dicetak. Fitur Print dan Paper Print bisa membuat Anda mengedit foto yang akan dicetak untuk paspor, memilih jenis kertas, memilih ukuran foto. Melalui aplikasi ini, Anda bisa mencetak kalender, poster, dll.

6. Picasa

Picasa

Aplikasi pengedit foto ini dikembangkan oleh Google dan bisa digunakan secara gratis di sistem operasi Windows. Aplikasi ini sering diandalkan untuk mengelola koleksi foto dalam komputer, membuat daftar foto-foto sesuai tema, dan aktivitas manajemen gambar lainnya. Picasa bisa digunakan untuk editing.

Ringan digunakan, aplikasi ini memang menawarkan alat edit foto yang sederhana. Picasa mampu membuat Slideshow dan menyediakan beragam ukuran foto yang akan dicetak. Sampai saat ini, Picasa masih banyak digunakan dan masih bisa diandalkan sebagai aplikasi foto primer di PC Windows.

7. PIXLR

PIXLR

Selain bisa digunakan di sistem operasi Windows, aplikasi ini juga bisa digunakan di Mac. PIXLR adalah aplikasi pengedit foto dengan tampilan yang sederhana tetapi memiliki fitur yang mantap. Melakukan pengeditan foto sederhana sampai menentukan ukuran foto yang akan dicetak di sini sangat mudah.

PIXLR masuk dalam kategori aplikasi pengedit foto yang bisa digunakan online langsung dari web browser. Selain melakukan pengeditan foto, aplikasi ini juga bisa diandalkan untuk Anda yang sedang mencari template desain yang kreatif dan tidak membosankan. PIXLR sangat mudah untuk digunakan oleh pemula.

8. Easy Photo Print

Easy Photo Print

Easy Photo Print adalah aplikasi yang didesain dan dikembangkan khusus untuk pengeditan foto yang akan dicetak. Aplikasi ini memiliki tampilan klasi yang sederhana. Selain mudah dilihat, aplikasi ini juga sangat mudah digunakan dengan fitur-fitur pengeditan foto pra-cetak yang terlihat jelas di menu utama.

Foto yang akan dicetak bisa diatur ulang terlebih dahulu, pemilihan ukuran dan jenis kertas, proses pemotongan dan penggabungan, dan pewarnaan ulang bisa dilakukan di sini. Semua fitur yang ada di Easy Photo Print memang diniatkan untuk meningkatkan kualitas foto yang akan dicetak.

9. JMG Photo Printer

JMG Photo Printer

Aplikasi cetak foto dalam berbagai ukuran yang bisa diandalkan selanjutnya adalah JMG Photo Printer. Aplikasi ini adalah aplikasi gratis berbasis open source. Sebagai pengembang, Anda bisa ikut dalam proses untuk mengembangkan aplikasi ini. JMG Photo Printer sangat mudah digunakan untuk mengedit foto.

Dalam hal mencetak foto atau gambar, mekanisme kotak cek diterapkan sehingga pengguna tidak perlu lelah memilih satu-satu foto mana yang akan dicetak. Aplikasi pengeditan seperti memilih ukuran kertas, memilih jenis kertas, mengatur kecerahan foto, memotong gambar, dll bisa dilakukan di aplikasi ini.

10. Sumopaint

Sumopaint

Sumopaint alat kreatif yang bisa membuat foto yang akan dicetak tampil lebih baik. Aplikasi ini bisa digunakan secara online maupun offline. Anda hanya perlu berkunjung ke situs webnya dan langsung bisa melakukan pengeditan di sana. Jika dirasa kurang memuaskan download dan instal aplikasi di PC saja.

Sumopaint memiliki tampilan seperti aplikasi Paint dimana pengeditan yang bisa dilakukan masuk dalam kategori sederhana. Kendati demikian, aplikasi menyediakan fitur editing yang bisa diandalkan, termasuk dalam hal memilih dan mengatur ukuran kertas dan jenis kertas foto yang akan dicetak.

Jika Anda tidak memiliki keinginan atau obsesi membuat foto biasa menjadi luar biasa, maka gunakan saja aplikasi penampil foto sederhana. Tidak perlu memilih aplikasi editing tingkat lanjut jika tidak diperlukan. Sesuai namanya, pilih aplikasi cetak foto berbagai ukuran yang fokus pada fitur pemilihan ukuran saja.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar