10 Aplikasi Edit Foto Android Kekinian Terbaik

Software foto editor memang seolah sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat masa kini. Dengan aplikasi edit foto Android, setiap orang dapat menyuguhkan gambar terbaik untuk diunggah ke medsos maupun platform lain. Jadi, ketidaksempurnaan pada foto asli bisa diatasi secara instan.

Mencari aplikasi pengedit foto untuk perangkat berbasis OS Android memang tidak begitu sulit. Di Play Store ada berbagai pilihan aplikasi yang dapat diunduh oleh pengguna. Akan tetapi, apakah semua aplikasi yang muncul dalam daftar dijamin bisa memenuhi semua kebutuhan editing?

10 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik

Di bawah ini adalah beberapa pilihan aplikasi foto editor terbaik yang mengusung fitur lengkap:

1. Canva

Canva

Dengan Canva, kegiatan mengedit foto akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur editor foto dan video, collage maker, membuat animasi teks, hingga mendesain logo spanduk dan kartu undangan elektronik yang eye catching.

Aplikasi Canva memungkinkan pengguna menyunting gambar layaknya profesional menggunakan tools editor gratis yang bisa dijalankan melalui smartphone, seperti mengubah filter, menambah bingkai foto, mengatur warna, membuat teks animasi atau gif, dsb.

Pengguna juga dapat melakukan kolaborasi dengan tim untuk mengerjakan proyek tertentu. Setelah puas dengan hasil penyuntingan foto, pengguna bisa langsung membagikannya ke berbagai platform, mulai sosial media, seperti Facebook dan Instagram, hingga YouTube.

2. Picsart Photo Editor

PicsArt Photo Editor

Aplikasi PicsArt, Inc ini sangat populer digunakan oleh para profesional sebab dinilai helpful dan praktis digunakan. Picsart hadir dengan berbagai pilihan fitur mumpuni, seperti filter dan efek keren, pengganti background, menambahkan ratusan font teks, crop, rotate, dsb.

Selain itu, pengguna juga dapat membuat kolase foto atau menambahkan stiker keren agar hasil editan terlihat lebih ciamik. Ada juga tools magic yang bisa mengubah foto menjadi kartun, doodle art maker, hingga pilihan stiker keren, dan retus selfie kekinian.

Picsart Photo Editor juga bisa menjadi solusi membuat dan mengedit video dengan backsound musik keren. Sayangnya, untuk bisa menikmati fitur-fitur handal dari aplikasi ini, maka pengguna harus upgrade membership ke versi Premium terlebih dahulu.

3. Editor Foto

Editor Foto

Software edit foto keren yang dikembangkan InShot Inc. ini juga perlu menjadi bahan pertimbangan. Editor Foto menawarkan berbagai fitur editor, lengkap dengan sejumlah filter, efek, kisi, hingga alat menggambar profesional untuk menghasilkan editan foto menarik.

Hadir dengan antarmuka sederhana, Editor Foto cocok digunakan oleh editor pemula. Untuk mengoptimalkan visual foto, aplikasi ini telah dilengkapi body editor untuk memanjakan pengguna, seperti body shape untuk melangsingkan, meninggikan badan, dsb.

Editor Foto memungkinkan pengguna membuat kolase foto remix hingga 18 gambar, 100 pilihan grids, menambahkan emoji hingga doodle, dan mengubah latar belakang. Hasil editan beresolusi tinggi juga bisa langsung di share ke Facebook, Instagram, WhatsApp, Dll.

4. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom

Aplikasi editor foto profesional ini bisa menjadi wadah bagi pengguna untuk berkreasi mengolah gambar menjadi lebih menarik secara instan. Adobe Photoshop Lightroom bisa digunakan untuk mengambil dan menyunting foto dalam sebuah aplikasi yang super handy.

Adobe Lightroom mengusung fitur canggih untuk memanjakan pengguna, mulai koreksi warna, menambah efek dan filter, opsi lensa terbaik, edit background, dsb. Aplikasi ini hadir dalam versi gratis dan berbayar. Jadi, pengguna bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Hanya saja, jika menggunakan versi gratis, maka tidak bisa mengakses fitur Premium yang meliputi,  preset eksklusif, healing brush, presisi, geometri, mengedit foto format RAW, Adobe Sensei, edit batch, penyimpanan Adobe Creative Cloud, dan fitur berbagi super canggih lain.

5. VSCO (Editor Foto & Video)

VSCO Editor Foto Video

Aplikasi edit foto Android buatan VSCO ini juga bisa menjadi pilihan para kreator milenial. VSCO menghadirkan tools editor foto dan video keren yang dapat dinikmati secara gratis. Pengguna juga dapat mengimpor dan mengedit foto format RAW secara mudah.

Beberapa fitur basic yang bisa diakses gratisan diantaranya adalah, kontrol warna, menambahkan tekstur, efk dan filter, crop, dsb. Akan tetapi, bagi yang membutuhkan fitur editor profesional, dianjurkan untuk menggunakan aplikasi VSCO versi Premium.

6. Snapseed

Snapseed

Software yang dikembangkan Google LLC ini merupakan solusi editor foto profesional dengan fitur lengkap. Snapseed memungkinkan pengguna mendapatkan gambar dengan kualitas papan atas, bahkan meskipun tidak memiliki keterampilan editing sama sekali.

Snapseed mengusung puluhan fitur, termasuk: Kuas, Healing, HDR, Struktur, Perspektif, Crop, Rotate, White Balance, Vignette, Teks, Kurva, Glamour Glow, Tonal Contrast, Drama, Grunge, Film, Vintage, Noir, Eksposur Ganda, hingga menyempurnakan tampilan wajah.

Aplikasi ini mendukung pengeditan file format JPG dan RAW. Dengan begitu, maka proses penyuntingan tidak akan mempengaruhi kualitas atau resolusi dari gambar asli. Apalagi, saat ini Snapseed telah support mode tema gelap melalui menu settingan.

7. Kolase Foto

Kolase Foto

Ingin mengedit foto supaya kelihatan keren atau membuat Insta Story kekinian? Aplikasi Kolase Foto wajib untuk masuk dalam daftar. Kolase Foto menawarkan ragam fitur dan tools handal namun mudah digunakan, termasuk foto grid, ratusan layout, stiker, filter, teks, dsb.

Pengguna bisa menggabungkan hingga 20 foto untuk membuat kolase, memilih ratusan tata letak bingkai, berbagai pilihan background, menambahkan stiker dan font, memangkas foto, mengaplikasikan teks dan filter, hingga menyimpan dan membagikan foto resolusi tinggi.

8. Pixlr

Pixlr

Bagi yang sedang mencari aplikasi foto editor gratis untuk perangkat ponsel atau tablet Android, maka Pixlr bisa menjadi pilihan terbaik. Aplikasi besutan Inmagine Lab ini memungkinkan setiap orang mengedit foto, membuat kolase, hingga menambah stiker.

Pixlr hadir dengan Interface super simple untuk memudahkan pengguna pemula. Beberapa fitur andalan Pixlr yang bisa dinikmati secara gratis termasuk, kontrol warna otomatis, membuat foto kolase kustom, efek, memperhalus foto, crop images, tone, dll.

Bukan hanya itu, pengguna juga dapat menambahkan teks dengan berbagai pilihan font pada foto secara mudah. Dengan begitu, hasil suntingan tampak lebih bagus dan berkualitas.

9. InstaSize

InstaSize

Aplikasi foto editor InstaSize merupakan solusi mudah mengedit dan berbagi gambar kepada semua orang. Selain menawarkan filter dan efek lengkap, InstaSize juga dapat diakses secara gratis, dan telah dilengkapi dengan berbagai tools kreatif, seperti pengubah warna.

InstaSize menghadirkan fitur Kolase keren, dan memungkinkan pengguna menyimpan hasil suntingan beresolusi tinggi secara otomatis. Setelahnya, bagikan foto ke berbagai platform.

10. AirBrush

AirBrush

Aplikasi pengedit foto all in one ini menawarkan berbagai pilihan efek keren untuk membuat hasil editan gambar tampak sempurna. AirBrush memiliki fitur kekinian, termasuk menghilangkan jerawat, memutihkan gigi, mencerahkan mata, dan kulit sempurna.

Bukan hanya itu, pengguna juga bisa memperbaiki tampilan tubuh dengan fitur slim, reshape, hingga lengthen. Ada juga tool real time editing technology dan sentuhan artistik. Jadi, hasil suntingan akan kelihatan lebih natural dan juga bagus saat dipandang.

Untuk mendapatkan hasil editan gambar profesional, maka membutuhkan keahlian dalam memilih aplikasi edit foto Android terbaik. Sebaiknya pilihlah aplikasi yang mengusung fitur lengkap untuk memudahkan proses pengeditan. Apalagi, ada cukup banyak opsi free app yang bisa dicoba.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar