10 Aplikasi Edit Foto Jadi Video Bergerak di HP & PC

Aplikasi edit foto jadi video adalah alternatif solusi menyuguhkan konten dengan visual menarik di sosial media. Tidak bisa dipungkiri, di era digital sekarang, penikmat sosmed memang dituntut agar mampu menghadirkan konten dalam bentuk foto maupun video keren untuk meningkatkan viewers.

Ada berbagai pilihan aplikasi editor yang memungkinkan siapa saja mengubah sejumlah foto ke dalam sebuah format video keren. Kalau masih bingung dalam menentukan software yang tepat. Beberapa aplikasi editor untuk smartphone dan PC di bawah ini bisa dijadikan sebagai referensi:

10 Aplikasi Edit Foto Jadi Video di Smartphone dan PC

1. KineMaster

KineMaster

Aplikasi video editor dan video maker ini wajib masuk dalam bucket list. KineMaster bukan hanya memungkinkan pengguna mengedit foto menjadi video, namun juga menambahkan berbagai filter dan transisi unik. Sehingga hasil editan tampak menarik saat di upload.

KineMaster bisa digunakan pada perangkat ponsel pintar, tablet, hingga laptop dan PC. Proses pengeditan dengan aplikasi ini juga terbilang mudah dan seru, pengguna cukup menambahkan stiker, teks, filter, efek khusus, hingga musik yang keren.

Meskipun KineMaster dapat diunduh dan digunakan secara gratis, namun jangan kecewa kalau akses ke berbagai fitur sangat terbatas. Untuk unlock seluruh fitur lengkapnya, maka pengguna harus upgrade menjadi member Premium terlebih dahulu.

2. FilmoraGo

FilmoraGo

Aplikasi FilmoraGo memungkinkan pengguna menggabungkan beberapa foto menjadi sebuah video. Pengguna juga dapat menambah filter unik pada setiap layer klip. Di samping itu, pengguna bisa menambahkan background musik agar video tampak lebih kreatif.

Hadir dengan User Interface yang friendly, FilmoraGo cukup mudah untuk digunakan. Software ini bisa digunakan dalam versi gratis maupun berbayar. Jika ingin menikmati ragam fitur editing secara lengkap, maka pengguna perlu berlangganan ke versi full version.

3. Motion Stills

Motion Stills

Software photo editor rancangan Google ini hadir mengusung berbagai fitur canggih, termasuk Augmented Reality (AR), yang telah dilengkapi motion tracking untuk menampilkan efek video bergerak alami. Pengguna juga dapat menambahkan berbagai objek virtual lain.

Bukan hanya itu, di aplikasi Motion Stills, ponsel yang memiliki gyroscope akan membuat AR tidak bergantung ke ARCore. Di sisi lain, pengguna bisa bebas memasukkan objek tiga dimensi Blocks yang berfungsi untuk menghasilkan konten visual berkualitas tinggi.

4. Loopsie

Loopsie

Aplikasi yang dikembangkan oleh Loopsie SLR ini akan membuat hasil editan foto ke video menciptakan kesan tiga dimensi. Efek yang ditawarkan Loopsie juga cukup kompleks. Sebab itu, pengguna tidak perlu download aplikasi lain untuk mendapatkan efek yang diinginkan.

Lebih lanjut, Loopsie juga menawarkan fitur unggul, seperti Integrated Video Camera untuk mendukung proses perekaman video beresolusi full HD. Bahkan, tanpa harus menggunakan bantuan tripod. Jadi, proses penyuntingan video bisa menjadi lebih mudah dan praktis.

Secara otomatis, Loopsie akan menghapus getaran efek yang diakibatkan pemegangan ponsel tidak stabil. Aplikasi ini juga menghadirkan antarmuka bersahabat, sehingga para pengguna pemula dijamin tidak akan merasa kesulitan dalam mengoperasikan Loopsie.

5. Cinemagraph

Cinemagraph

Aplikasi penyunting foto besutan developer Crazy Labs ini juga cukup populer di kalangan pecinta software photo editor. Cinemagraph akan membantu pengguna dalam mendapatkan keunggulan dari pengolah fotografi dan videografi hanya dalam sebuah aplikasi komplit.

Menariknya, Cinemagraph juga menyediakan berbagai format, seperti GIF beresolusi 1080p. Sementara itu, masih ada segudang fitur yang dapat dijelajahi oleh pengguna, mulai filter real time, frame rate untuk GIF, self timer, dan berbagi ke berbagai platform sosial media.

Bagi yang belum familiar dengan aplikasi pengedit foto dan video, maka tidak usah khawatir. Kenapa? Sebab Cinemagraph hadir mengusung desain UI sederhana. Jadi, tidak butuh waktu lama bagi pengguna baru untuk menguasai semua fitur dan tools di Cinemagraph.

6. InShot

InShot

Aplikasi edit foto jadi video yang wajib dipertimbangkan selanjutnya adalah InShot. Software ini dilengkapi transisi, teks animasi, efek, dan musik cukup kompleks. Meskipun terkenal sebagai aplikasi video editor, namun juga bisa mengubah foto ke video slideshow.

Pengguna dapat memilih untuk menggunakan InShot versi gratis atau berbayar. Sebab ada beberapa item VIP yang hanya bisa diakses oleh member premium. Namun, pengguna tentu tidak akan kecewa, sebab benefit yang akan didapatkan setelah upgrade akun juga menarik.

Pasalnya, pengguna bisa bebas menikmati fitur canggih andalan InShot sepuasnya, termasuk mengedit video beresolusi 1080p. Hal tersebut tentu akan menguntungkan pengguna, karena kualitas foto video hasil suntingan tidak akan mengalami perubahan.

7. VivaVideo

VivaVideo

Aplikasi ini cukup populer di kalangan Youtuber sebagai tools video editor. Selain itu, VivaVideo juga ampuh dipakai untuk mengolah foto dari galeri maupun kamera. Pengguna dapat mengedit berbagai hal, mulai menambahkan warna, filter, teks, lines, musik, stiker, dsb.

Viva Video dapat diunduh secara gratis melalui di aplikasi Google Play dan App Store. Namun, jika tidak mau diganggu iklan atau membutuhkan fitur lebih lengkap, pengguna dapat berlangganan versi Pro. Jadi, bebas menggunakan aplikasi VivaVideo sepuasnya.

8. PicsArt Photo Editor

PicsArt Photo Editor

Aplikasi edit foto buatan developer PicsArt, Inc ini memang menawarkan fitur dan tools super lengkap, sesuai jargon yang diusung “All in One Editor”. Pengguna dapat menjadikan PicsArt Photo Editor sebagai solusi mengubah foto ke format video yang unik dan keren.

Menariknya, pengguna juga bisa membuat video foto kolase, kemudian tambahkan sentuhan filter dn efek tersedia agar hasil editan semakin berkualitas. Uniknya, pengguna dapat berkreasi membuat filter sendiri agar lebih eye catching saat dibagikan ke sosial media.

Sebelum mengubah foto ke video, pengguna bisa terlebih dahulu mengolah foto pilihan, seperti, menghapus / ganti backgroud, menghilangkan objek mengganggu, mengaburkan latar belakang, retus selfie dengan stiker make up dan ganti warna rambut, dsb.

9. Pixgram

Pixgram

Software ini dikembangkan oleh Swit Computing. Aplikasi Pixgram dapat membantu pengguna dalam menyusun foto untuk ditampilkan ke format slideshow. Ada sejumlah fitur editing yang bisa dipakai secara cuma-cuma untuk membuat tampilan video lebih menarik.

Di Pixgram, pengguna bukan hanya bisa menambahkan backsound musik yang sesuai dengan konsep foto video, namun juga menampilkan lirik. Wajar kalau aplikasi ini sangat banyak penggemarnya. Apalagi, User Interface yang diusung cukup mudah dipahami.

Setelah selesai melakukan penyuntingan dan menyimpan format video hasil editan di Pixgram, pengguna dapat share ke sosial media, seperti Facebook saat itu juga.

10. Vimage

Vimage

Salah satu keunggulan Vimage adalah bisa menghasilkan editan video berkualitas dan estetik. Aplikasi ini cukup tenar di kalangan pecinta seni visual, sebab bisa membuat video dengan tampilan unik dan keren. Pengguna juga dapat membuat video 3D dan grafis disini.

Ada juga fitur live wallpaper, hingga efek visual agar hasil suntingan foto video terlihat profesional. Vimage juga menawarkan Motion Photo yang beda dari aplikasi lainnya.

Melalui aplikasi edit foto jadi video yang mumpuni, sekarang setiap orang bisa mengubah susunan foto ke dalam format video, dan menambahkan berbagai efek, filter, teks, dan bahkan musik sehingga tampilannya terlihat lebih fun. Jadi, akan lebih percaya diri untuk mengunggahnya ke media sosial.

Tinggalkan komentar