10 Aplikasi Edit Foto Online PC & Android Praktis

Mengedit foto seolah sudah menjadi sebuah kebutuhan di era digital ini. Hal tersebut pula yang memicu kemunculan berbagai aplikasi edit foto online, baik berbayar maupun gratis. Dengan bantuan photo editor, proses memoles foto agar kelihatan lebih menarik juga menjadi lebih mudah.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan mengedit foto pakai tools online, diantaranya adalah karena pengguna tidak perlu download aplikasi. Selain itu juga tidak membutuhkan perangkat dengan spesifikasi tinggi. Apalagi, fitur yang ditawarkan tidak kalah lengkap dengan aplikasi.

10 Aplikasi Edit Foto Online Terbaik

Bagi yang tidak ingin direpotkan menginstal aplikasi edit foto, baik itu pada perangkat PC maupun smartphone. Sekarang tidak perlu merasa risau lagi. Sebab ada banyak sekali situs yang menyediakan layanan sunting foto langsung secara online berbasis website dengan fitur terlengkap.

Di bawah ini adalah beberapa referensi aplikasi yang bisa dijadikan pertimbangan:

1. Canva

Canva

Aplikasi edit foto online populer ini dapat membantu pengguna dalam mengolah gambar secara gratis. Canva telah digunakan oleh lebih dari 1 juta desainer di seluruh dunia. Pasalnya, software editor ini menyediakan 250 ribu template dengan Cloud storage 5 GB.

Untuk menggunakan Canva, maka harus registrasi terlebih dahulu. Setelah itu, bebas mengakses berbagai fitur, seperti filter, menambahkan hamparan teks, resize images, menambah stiker, menyesuaikan tekstur, frame, teks animasi, dan banyak lagi lainnya.

Aplikasi Canva bisa dijalankan pada perangkat desktop berbasis OS Windows dan Mac, serta smartphone. Pengguna bisa melakukan editing darimana saja sesuai keinginan.

2. Adobe Photoshop Express

Adobe Photoshop Express

Pasti sudah familiar dengan aplikasi photo editor populer Adobe Photoshop, bukan? Aplikasi Adobe Photoshop Express merupakan solusi pengedit gambar cerdas yang bisa dioperasikan melalui perangkat smartphone. Menariknya, Photoshop Express bisa diunduh secara gratis.

Adobe Photoshop Express memungkinkan pengguna meningkatkan kualitas gambar dengan instan menggunakan filter “Looks”. Pengguna juga bebas menambahkan teks, memperbaiki ketidaksempurnaan pada gambar, hingga mengaplikasikan tekstur sebagai sentuhan akhir.

Beberapa fitur unggulan dari Adobe Photoshop Express diantaranya adalah, kolase, blur, blend foto kreatif, menghapus kabut, hingga menambahkan keterangan. Namun, untuk menikmati tools RAW image editing dan cloning, maka harus berlangganan paket Premium.

3. Instasize

Instasize

Aplikasi editor foto online gratis ini akan membantu pengguna mendapatkan gambar keren untuk diunggah ke berbagai platform media sosial. Instasize menawarkan ragam fitur memukau, seperti filter, hingga menambahkan background pada foto yang diinginkan.

Selain itu, pengguna juga bebas mengedit video pendek, menambahkan teks dan overlay vintage, dsb melalui perangkat ponsel pintar. Agar dapat mengakses ratusan filter terfavorit, dan tools mumpuni lain, seperti menghilangkan noda, maka perlu upgrade ke versi Premium.

Menariknya, aplikasi ini juga dibekali fitur One-click Preset yang berfungsi mengubah ukuran gambar untuk menyesuaikan dengan berbagai platform media sosial berbeda.

4. Pixlr

Pixlr

Tool pengedit foto online berbasis browser ini bisa digunakan secara gratis melalui perangkat PC maupun smartphone. Salah satu fitur handal Pixlr adalah penghapus background dengan memanfaatkan teknologi Ai sebagai pendeteksi objek utama dalam sebuah foto.

Pengguna juga bebas mengaplikasikan berbagai filter dan efek untuk mengubah tampilan visual foto agar terlihat semakin keren. Selain itu, ada juga fitur mengatur layers, objek, dan kustomisasi kuas, serta menambahkan stiker dan template untuk platform media sosial.

Editor foto daring ini juga memungkinkan pengguna membuat desain eye catching langsung di browser. Apalagi, Pixlr mendukung hampir semua format gambar, seperti PNG, JPEG, SVG, WebP, hingga PXD dan PSD. Jadi pengguna dapat mengedit foto secara profesional.

5. BeFunky

BeFunky

Mengusung tampilan User Interface yang bersahabat, editor foto online gratis BeFunky sangat direkomendasikan untuk pemula. Terdapat ragam efek dan filter berbeda yang bisa digunakan. Ada juga fitur kekinian Cartoonizer untuk mengubah foto menjadi kartun.

BeFunky juga dibekali dengan berbagai tools bisnis sehingga bisa dimanfaatkan untuk membuat brosur maupun pamflet menarik. Fitur basic BeFunky bisa diakses secara gratis, namun jika ingin mengakses tools canggih lain, pengguna perlu berlangganan.

Aplikasi edit foto online BeFunky akan memanjakan pengguna dengan berbagai fitur terbaik, seperti resize, crop, remove backgrounds, convert foto ke versi kartun, mengganti latar belakang, ratusan efek dan filter foto, dan juga batch image editing tool super kompleks.

6. piZap

piZap

Aplikasi editor gratis berbasis browser yang direkomendasikan selanjutnya adalah piZap. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah gambar dari PC, sosial media, atau Dropbox. Setelah foto diupload, selanjutnya bebas menerapkan filter, warna, teks, dsb.

Sayangnya, piZap hanya dapat digunakan secara gratis selama 7 hari saja. Setelahnya, pengguna harus berlangganan ke versi Pro supaya bisa memanfaatkan semua tool, termasuk penghapus background, memilih template, editor meme, hingga menambahkan teks.

7. Photopea

Photopea

Editor foto online Photopea menawarkan banyak fitur dan tools profesional untuk membantu pengguna mendapat pengalaman mengedit foto tingkat lanjut secara mudah dan praktis. Photopea juga support berbagai format file, termasuk .psd, .pdf, RAW, dsb.

Perlu diingat, bahwa situs ini berisi iklan. Jika ingin bebas dari iklan mengganggu, maka perlu upgrade ke versi berbayar. Dengan begitu, pengguna lebih bebas menggunakan berbagai macam fitur canggih, seperti clone stamp healing, menggambar grafik vektor, dan lainnya.

8. Fotor

Fotor

Editor foto online gratis yang bisa masuk dalam daftar selanjutnya adalah Fotor. Situs ini hadir dengan antarmuka sederhana sehingga sangat recommended untuk pengguna pemula. Meskipun begitu, situs pengolah foto ini mengusung fitur dan tools sangat lengkap.

Pengguna dapat melakukan penyesuaian warna, menerapkan efek, dan menyempurnakan gambar dengan sekali klik. Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan elemen, seperti pola, bentuk, dan ikon. Tersedia juga penyimpanan Cloud untuk mengamankan file editan.

Beberapa fitur keren yang bisa dinikmati secara bebas oleh pengguna diantaranya adalah, 100 pilihan efek foto, stiker kustom, bingkai foto, mengubah ukuran gambar, konversi format file, membuat kolase, menggabungkan foto, bekerja dengan gambar RAW, dsb.

9. FotoJet

FotoJet

Kalau dibandingkan dengan layanan sunting foto lain, maka FotoJet bisa dikategorikan situs yang menawarkan fitur editor modern dengan antarmuka friendly. Di FotoJet, pengguna bebas memakai fitur, seperti resize, crop, effect, enhancer, dan filter untuk memoles foto.

10. Polarr

Polarr

Layanan editor online ini bukan hanya unggul dari segi antarmuka yang bersahabat. Namun juga memungkinkan pengguna melakukan editing profesional, seperti menambahkan filter dan efek, editing dan cropping, serta berbagai tools dasar lain pada photo editor.

Untuk memberikan layan optimal pada pengguna, Polarr menghadirkan tampilan yang dapat dipilih sesuai keinginan, seperti mode standard, mode gelap, dsb. Akan tetapi, untuk mengakses semua fitur Polarr, maka pengguna harus upgrade ke layanan berbayar.

Dalam memilih aplikasi edit foto online terbaik, pengguna juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Pasalnya, tidak semua situs pengedit foto online mengusung fitur dan tools yang sama. Oleh sebab itulah, sebaiknya pelajari fitur yang ditawarkan sebelum memutuskan menggunakan.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar