11 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk PC Windows

Aplikasi edit foto terbaik untuk PC dapat membantu pengguna mengubah gambar biasa saja menjadi lebih spektakuler dan mengesankan. Pasalnya, software photo editor dibekali dengan beragam fitur dan tools handal yang bisa merubah kualitas dan  tampilan foto secara instan.

Di era digital seperti sekarang, siapa saja bisa mengedit foto profesional untuk keperluan konten maupun pekerjaan. Pasalnya, ada berbagai aplikasi yang dapat membantu mempermudah proses editing. Hanya saja, untuk mendapatkan hasil bagus memang membutuhkan waktu dan ketekunan.

11 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk PC

Tidak bisa dipungkiri, bahwa ada banyak sekali pilihan software edit foto untuk perangkat PC, baik gratis maupun berbayar. Namun, tidak semua aplikasi dibekali dengan fitur lengkap. Agar tidak merasa kecewa di kemudian hari, sebaiknya pilihlah photo editor yang mengusung fitur kompleks.

Di bawah ini adalah 11 aplikasi edit foto terbaik untuk desktop yang direkomendasikan:

1. Photoshop CC

Photoshop CC

Tidak diragukan lagi bahwa Photoshop merupakan salah satu software pengedit foto terbaik. Mengusung berbagai fitur unggul dalam sebuah aplikasi, misalnya frame tool, multiple undo, lock workspace, berbagai opsi mode seperti preview live blend, UI size preference, dsb.

Aplikasi editing favorit para desainer grafis dan fotografer profesional ini juga mendukung penggunaan pada berbagai perangkat, seperti desktop (Windows dan Mac) dan iPad, lengkap dengan penyimpanan Cloud sebesar 100 GB. Bagaimana, menarik sekali, bukan?

Sayangnya, untuk bisa mengakses semua fitur andalan Photoshop CC, maka harus berlangganan terlebih dahulu. Akan tetapi, bagi pemula bisa memanfaatkan Free 7 Days Trial. Selain itu, pastikan spesifikasi perangkat yang digunakan juga memadai.

2. Affinity Photo

Affinity Photo

Software pengedit foto ini hadir mengusung berbagai tools handal, seperti raw editing, digital painting, dan multi layered compositions. Fitur lain yang dapat digunakan pengguna, termasuk Tone Mapping dan HDR Merge untuk menghasilkan suntingan gambar berkualitas.

Fitur editing yang disediakan oleh Affinity Photo cukup mendetail sehingga cocok dijadikan pilihan menyunting gambar pada perangkat desktop dan iPad. Apalagi, aplikasi ini memungkinkan pengguna mengontrol penuh proses pengeditan gambar sesuai keinginan.

3. Adobe Lightroom CC

Adobe Lightroom CC

Aplikasi edit foto Adobe Lightroom hadir dengan interface lebih sederhana dan mudah digunakan, sehingga cocok dijadikan alternatif pilihan oleh editor pemula. Lightroom memungkinkan pengguna menambah filter dan mengatur color grading pada gambar.

Menariknya, pengguna bukan hanya bisa mengerjakan penyuntingan foto pada aplikasi ini, namun juga membagikannya secara mudah. Pengguna juga dapat melakukan pengeditan kapan dan dimana saja, sebab Lightroom dapat diakses melalui smartphone dan PC.

4. PhotoScape

PhotoScape

Aplikasi editor gratis ini memang wajib masuk dalam daftar yang wajib diunduh. Selain memiliki antarmuka super simple, fitur yang tersedia pada PhotoScape kompleks. Uniknya, pengguna juga dapat melakukan tangkapan layar, konversi RAW, dan membuat GIF Animasi.

Pada Key Feature, yaitu menu Editor, pengguna bisa mengedit foto sesuai keinginan. Fitur editing dari PhotoScape, termasuk resizing, white balance, crop, brightness & color adjustment, backlight correction, filters, drawing, red eye removal, frame, dan tools lain.

Pengguna juga bisa mengedit beberapa gambar sekaligus melalui fitur Batch Editor, atau memisahkan sebuah foto menjadi beragam bagian dengan Splitter. PhotoScape bisa dijalankan pada perangkat desktop berbasis sistem operasi Windows dan Mac.

5. Pixlr X – Pixlr E

Pixlr X Pixlr E

Software editing gratis Pixlr mengurung berbagai fitur keren yang dapat diakses lewat gratis. Photo editor ini akan membantu pengguna menyunting gambar dalam format berbeda, seperti JPEG, PSD, PNG, SVG, Web, dsb. Selain itu, interface Pixlr juga mudah dipelajari.

Aplikasi Pixl termasuk dalam kategori software kolaboratif sebab memungkinkan pengguna mengakses Dropbox. Apalagi, terdapat berbagai pilihan sticker keren serta tools editor klasik untuk membuat tampilan foto semakin sempurna, dan tentunya eye catching.

6. Corel PaintShop Pro

Corel PaintShop Pro

Untuk menikmati aplikasi Corel PaintShop Pro pengguna memang diharuskan berlangganan terlebih dahulu. Namun, dijamin tidak akan merasa kecewa, karena fitur yang ditawarkan canggih dan keren, seperti retouch image, crop, remove noise, resize, enhance colors, dsb.

Corel PaintShop merupakan salah satu aplikasi edit foto terbaik untuk PC yang digemari berbagai kalangan dalam beberapa tahun terakhir. Apalagi, versi terbaru software ini menawarkan kinerja lebih mudah dan cepat. Sehingga pengguna bebas berkreasi.

7. GIMP / GNU Image Manipulation Program

GIMP GNU Image Manipulation Program

Software pengedit foto gratis sumber terbuka yang memulai debut pada platform berbasis Unix ini sekarang dapat dioperasikan pada perangkat dengan sistem operasi Windows, Linux, dan Mac. GIMP mengusung ragam fitur, termasuk colour correction, painting tools, dsb.

Secara umum, fitur yang diusung GIMP tidak jauh keren dan canggih dengan Photoshop. Oleh karenanya, tidak mengherankan kalau aplikasi ini begitu diminati oleh fotografer, desainer, dan ilustrator dunia. Terlebih lagi, semua fitur GIMP dapat diakses secara gratis.

8. Fotor

Fotor

Aplikasi photo editor ini hadir dalam versi seluler, web, dan desktop. Pengguna dapat memilih sesuai yang diinginkan. Rotor hadir dengan fitur editor lengkap, seperti resizing, rotating, straightening images, cropping, red eye and wrinkle removal, HDR image creator, dsb.

Bahkan, ada fitur tilt shift editor yang memungkinkan penggunanya mengubah tampilan visual foto agar tampak lebih dramatis. Menariknya, software yang dikembangkan oleh Everimaging ini gratis untuk digunakan. Jadi, pengguna tidak perlu membayar sepeser pun.

9. DxO Photolab

DxO Photolab

Aplikasi DxO Photolab telah dilengkapi sistem Al (Artificial Intelligence) yang memungkinkan pengguna melakukan demosaicing dan denoising pada foto. Tools bawaan DxO Photolab juga sangat komplit, sehingga pengguna bebas berkreativitas dalam mengedit gambar.

Selain itu, DxO juga telah dilengkapi dengan koreksi lensa otomatis untuk berbagai tingkatan distorsi, chromatic aberration, vigneting, dan edge softness. Dengan sedikit sentuhan kreativitas, maka hasil suntingan dari DxO Photolab dijamin terlihat lebih memukau.

10. CyberLink PhotoDirector 365

CyberLink PhotoDirector 365

Software edit foto Cyberlink PhotoDirector 365 menyuguhkan tools dan fitur photo editor keren yang di support oleh sistem Artificially Intelligent. Beberapa fitur terbarunya antara lain, automatic body shaping, lighting & animation effects, skin and face tools, dsb.

Antarmuka yang diusung Cyberlink PhotoDirector 365 juga sangat user friendly. Jadi, sangat recommended digunakan oleh editor pemula. Agar bisa menikmati semua fitur unggulan dari aplikasi ini, maka pengguna perlu upgrade membership ke Premium terlebih dahulu.

11. Pixelmator

Pixelmator

Software yang dikembangkan Pixelmator ini tidak gratis dan juga hanya bisa dioperasikan pada MacOS. Pixelmator memanfaatkan perpustakaan Mac OS X untuk mengedit gambar secara cepat dan andal. Jadi, perangkat dapat disinkronisasi dengan iCloud, iPhoto, dsb.

Beberapa fitur andalan Pixelmator diantaranya adalah, Color Correction termasuk Hue / Highlights / Contrast, 150 pilihan filter, termasuk mendukung berbagai format populer, seperti PNG, PDF, TIFF, dan PSD. Pengguna juga dapat berkolaborasi dengan pengguna Adobe.

Beberapa aplikasi edit foto terbaik untuk PC di atas dapat dijadikan referensi oleh para desainer grafis, ilustrator, fotografer, hingga masyarakat awam. Karena beberapa aplikasi memang dibekali User Interface sederhana sehingga tidak akan membuat bingung para penggunanya.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar