10 Aplikasi Edit Video PC Terbaik yang Ringan

Ingin menyunting video agar hasilnya terlihat lebih bagus dan eye catching? Aplikasi edit video PC merupakan alternatif solusi terbaiknya. Apalagi, saat ini sudah cukup banyak software video editor gratis yang memungkinkan pengguna mengakses berbagai fitur dan tools canggih tanpa membayar.

Bagi penggiat sosial media dan suka membuat konten video untuk di upload ke berbagai platform, tentu kualitas video yang akan diunggah memiliki peran sangat penting. Sebab untuk meningkatkan followers atau subscribes, maka dibutuhkan konten yang menarik dan berkualitas tinggi.

10 Aplikasi Edit Video PC Terbaik 2021

Ingin mengedit video agar tampak semakin keren tapi masih bingung menentukan aplikasi editor yang tepat? Jangan khawatir, karena beberapa software terbaik ini bisa dijadikan sebagai referensi:

1. Freemake Video Converter

Freemake Video Converter

Bagi pengguna perangkat komputer dengan sistem operasi Windows, maka Freemake Video Converter wajib dijadikan pertimbangan. Aplikasi pengkonversi video gratis ini hadir dengan fitur penyuntingan sederhana sehingga mudah untuk digunakan, bahkan oleh pemula.

Pengguna bisa melakukan pengeditan ringan pada video menggunakan tools super simple. Beberapa fitur editor yang dapat dinikmati diantaranya adalah, menambahkan subtitle, memangkas bagian tidak diinginkan, menambah atau menghapus audio, dsb.

2. VideoPad

VideoPad

Perangkat lunak pengedit video lain yang direkomendasikan untuk pengguna Windows dan Mac adalah VideoPad besutan NCH Software. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis untuk penggunaan non komersial. Meskipun gratis, namun fitur yang ditawarkan cukup mumpuni.

VideoPad dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti drag and drop, transisi, efek, edit video 3D, overlay teks dan keterangan, narasi sederhana, stabilisasi video, kontrol warna, dan efek suara bawaan. Di VideoPad, pengguna juga dapat mengubah kecepatan video.

Bukan hanya itu, VideoPad juga memungkinkan pengguna mengimpor musik dan ekspor film ke platform YouTube dan sejenisnya dengan berbagai resolusi, termasuk 2K dan 4K.

3. OpenShot

OpenShot

Berbagai fitur andalan OpenShot memungkinkan pengguna menghasilkan suntingan video luar biasa. Selain hadir dengan tampilan UI mudah dipahami, siapa saja dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis di perangkat PC berbasis sistem Windows, Linux, dan Mac.

Fitur andalan tersebut diantaranya adalah, integrasi desktop untuk drag and drop, animasi keyframe berbasis kurva, dukungan gambar dan audio, tracks dan layer tidak terbatas, efek, dan teks animasi 3D. Tidak mengherankan kalau aplikasi ini begitu diminati oleh publik.

Di sisi lain, OpenShot juga bagus dijadikan solusi mengubah ukuran klip, trimming, scaling, rotasi, snapping, membuat gambar bergerak, audio mixing, time mapping, hingga preview secara real time, sehingga pengguna bisa mendapatkan semua benefit dalam satu aplikasi.

4. VSDC Free Video Editor

VSDC Free Video Editor

Aplikasi VSDC merupakan tools editor video grafis yang mengusung fitur lengkap. Software ini dapat diinstal pada perangkat Windows. Menariknya, VSCD telah dilengkapi Wizard yang bisa dioperasikan untuk mempermudah penggunaan, khususnya bagi pemula.

Ada ragam fitur gratis yang dapat dipakai oleh pengguna, mulai menambahkan garis, teks, bentuk, bagan, animasi, audio, gambar, dan subtitle. Sebagaimana halnya video editor lain, di VSDC pengguna dapat mengekspor video ke berbagai format file dengan gampang.

NB: Program VSDC mungkin akan sedikit sulit digunakan oleh pemula sebab terdiri atas ragam fitur dan menu. Akan tetapi, dalam waktu singkat pengguna dijamin dapat mempelajarinya. Dengan kata lain, ini hanyalah soal waktu dan kemauan saja.

5. Movie Maker

Movie Maker

Aplikasi edit video PC yang dapat dijadikan referensi selanjutnya adalah Movie Maker. Perangkat lunak video editor gratis ini dapat diinstal pada sistem Windows. Movie Maker menyediakan ragam fitur menarik yang memungkinkan pengguna membuat film berkualitas.

Apa saja kelebihan aplikasi Movie Maker? Selain menghadirkan tampilan antar muka yang ramah terhadap pengguna, software Movie Maker juga sangat bagus untuk pemula. Oleh sebab itu, sangat recommended untuk digunakan oleh para video maker pemula.

6. iMovie

iMovie

Aplikasi iMovie dapat diunduh dan diakses secara gratis oleh pengguna perangkat macOS. iMovie menawarkan berbagai macam opsi video editor dan audio plus, sehingga pengguna dapat bebas menambahkan musik, foto, dan narasi pada hasil video suntingan.

Salah satu fitur unggulan dari iMovie adalah karena mampu membuat film beresolusi 4K. Pengguna bahkan bisa melakukan proses penyuntingan melalui perangkat iPhone dan iPad, kemudian menyelesaikan pengeditan yang belum sempurna di MacBook.

7. Avidemux

Avidemux

Software editor video gratis ini dirancang dengan fitur seperti, trim, crop, dan filter. Avidemux mendukung berbagai format file, termasuk AVI, MPG, MP4 hingga ASF. Menariknya, aplikasi ini hadir dengan antarmuka super simple sehingga lebih mudah dan praktis saat digunakan.

Meskipun sudah dilengkapi dengan fitur editor dasar, dan support berbagai jenis format. Akan tetapi, Avidemux tidak memiliki efek atau transisi video. Jadi, kalau membutuhkan efek tambahan untuk memperbaiki tampilan video, maka harus mengunduh aplikasi lain lagi.

8. Kdenlive

Kdenlive

Aplikasi video editor sumber terbuka ini kompatibel dengan sistem operasi Mac, Windows, dan Linux. Meskipun memiliki UI sederhana, namun fitur dan tools yang tersedia di Kdenlive cukup mumpuni. Hasil suntingan video dijamin akan terlihat lebih keren dan profesional.

Salah satu fitur andalan Kdenlive, adalah timeline multi track. Fitur tersebut memungkinkan pengguna mengimpor berbagai klip audio dan video ke timeline. Selain itu, ada juga fitur pencadangan otomatis, sehingga pengguna tidak perlu khawatir akan kehilangan file penting.

Untuk memanjakan para penggunanya, Kdenlive telah mendukung berbagai format, seperti AVI, WMV, MPEG, MOV, dsb. Sayangnya, aplikasi ini belum dibekali dengan dukungan teknis.

9. Blender

Blender

Aplikasi Blender adalah pembuat konten 3D open source yang bisa diakses secara gratis oleh semua sistem operasi komputer. Blender mempunyai ragam fitur canggih, seperti modifier-based modelling tools, animasi karakter, node-based material, dsb.

Blender merupakan video editor yang disukai oleh profesional karena mendukung hampir semua jenis format file. Selain itu, ada berbagai fitur canggih yang dapat digunakan secara gratis untuk membuat tampilan visual video tampak lebih estetik, dan berkualitas tinggi.

10. HitFilm Express

HitFilm Express

Perangkat lunak penyunting video HitFilm Express cocok dijadikan sebagai alternatif untuk Adobe After Effects. Aplikasi ini menawarkan berbagai opsi komposisi efek visual, yang memungkinkan pengguna menggunakan tools video editor profesional secara gratis.

Selain menawarkan keunggulan berupa spektrum yang luas dari aspek transisi dan efek video, HitFilm Express juga mendukung banyak format, mulai DV, AVI, AVCHD, MPEG, MP4, WMV, dan MOV. Sedangkan opsi format hasil sunting adalah dalam bentuk AVI dan MP4.

Kehadiran aplikasi edit video PC gratis tentu menjadi angin segar bagi para video editor pemula dengan budget rendah. Sebab sekarang, untuk menghasilkan video dengan tampilan visual yang keren, estetik, dan profesional bisa menjadi lebih mudah, praktis, dan pastinya juga gratis.

Tinggalkan komentar