10 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Android

Di zaman modern sekarang, untuk mengedit video super keren tidak lagi harus menggunakan perangkat PC atau laptop. Pengguna ponsel pintar bisa mengunduh aplikasi edit video terbaik untuk Android melalui Play Store. Menariknya, beberapa aplikasi dapat digunakan secara gratis.

Mengedit video di ponsel tentu jauh lebih mudah dan praktis sebab sangat handy. Pengguna juga bebas melakukan penyuntingan video kapan dan dimana saja. Apalagi, sebagian besar aplikasi video editor bisa diakses dan dijalankan secara offline, sehingga tidak membutuhkan koneksi internet.

10 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Android

Bingung mencari aplikasi video editor untuk perangkat ponsel OS Android yang mengusung fitur lengkap tapi gratis? Jangan panik, beberapa aplikasi pilihan di bawah ini bisa dijadikan referensi:

1. Viva Video

Viva Video

Aplikasi buatan QuVideo Inc ini memang sudah cukup populer di kalangan content creator.  Viva Video menawarkan berbagai fitur yang bisa dinikmati secara gratis oleh pengguna, mulai dari membuat video, memangkas video, menambah backsound musik, filter, efek, dsb.

Bukan hanya itu, Viva Video juga memungkinkan pengguna untuk mengontrol kecepatan video sesuai yang dibutuhkan. Ada juga fitur unggulan berapa pilihan template dan transisi untuk membantu pengguna menghadirkan sebuah vlog yang luar biasa memukau.

Selain dilengkapi fitur-fitur canggih, pengguna juga bisa mengekspor video dengan resolusi Full HD dan 4K, sehingga tidak akan mengurangi kualitas tampilannya. Setelah video disimpan, maka bisa langsung dibagikan ke berbagai platform, seperti YouTube, Tik Tok, dll.

2. InShot

InShot

Editor video InShot menawarkan berbagai fitur menarik, mulai efek glitch keren, filter, teks, latar belakang blur, pemangkas video, menggabungkan video, musik, dan banyak lagi lainnya. Di InShot, pengguna dapat dengan bebas menggunakan fitur yang ada secara gratis.

Di InShot, siapa saja dapat menciptakan konten video unik dan artistik, termasuk membuat slideshow. Pengguna juga bisa mempercepat atau memperlambat gerakan visual video, mulai dari 0,2x sampai 100x, dan mengekspor dalam kualitas HD terbaik.

Ingin membuat kompilasi video keren? Jangan khawatir, InShot telah dibekali lebih dari 60 efek transisi yang membuat pengguna bisa menggabungkan beberapa klip menjadi satu.

3. YouCut

YouCut

Aplikasi video editor YouCut juga diluncurkan oleh InShot Inc. Hanya saja, fitur dan tools yang ditawarkan sedikit berbeda. Di YouCut, pengguna bisa memangkas bagian video yang dianggap mengganggu, menggabungkan video, menambah musik, hingga transcoding.

Salah satu keunggulan YouCut adalah, karena pengguna dapat menyunting dan menyimpan video dengan resolusi lebih kecil, namun kualitasnya sama. Jadi, bisa menghemat storage ponsel. Tidak mengherankan kalau YouCut sangat diminati oleh para vlogger.

4. KineMaster

KineMaster

Video editor yang dikembangkan KineMaster Corporation ini memang sudah sangat populer di kalangan vlogger. Pasalnya, aplikasi ini membebaskan pengguna untuk menggunakan ragam fitur canggih secara gratis secara mudah dan praktis melalui perangkat ponsel.

Di KineMaster, pengguna bisa mengimpor dan mengekspor file, memangkas dan menyambungkan video, menambahkan efek dan teks, mengaplikasikan filter warna, hingga membuat efek visual luar biasa dengan fitur rotate, dan pengontrol video terbaik.

Pengguna KineMaster juga dapat menyimpan video hasil suntingan kualitas 4K dan membagikannya ke sosial media dan situs lain. Meskipun fitur basic KineMaster dapat digunakan secara gratis, namun untuk unlock fitur pro harus berlangganan ke versi Premium.

5. VideoShow

VideoShow

Ingin membuat video keren dengan visual artistik? Aplikasi edit video VideoShow bisa menjadi solusi mengelola video animasi, menambah efek musik, mengedit foto, dan kamera kecantikan secara free. Ada berbagai fitur canggih yang ditawarkan oleh VideoShow.

Beberapa fitur andalan VideoShow diantaranya adalah, stiker animasi, efek suara, filter kartun, template siap pakai, tanpa watermark, tidak ada iklan mengganggu, menambahkan teks, mengubah background, pilihan tema unik, pemangkas video, hingga kompres video.

Aplikasi edit video terbaik untuk Android yang dikembangkan VideoShow EnjoyMobi Video ini bisa menjadi alternatif solusi, khususnya bagi para video creator pemula. Pasalnya, VideoShow hadir dengan tampilan User Interface yang friendly dan mudah digunakan.

6. Power Director

Power Director

Aplikasi edit video buatan Cyberlink Corp ini telah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna perangkat Android di dunia. Power Director hadir mengusung fitur lengkap dan profesional yang memudahkan setiap orang dalam mengedit video biasa saja menjadi super keren.

Bagi yang ingin membuat film bergaya sinematik, menggabungkan klip, dan membagikan momen menarik yang mengesankan, maka Power Director bisa dijadikan pilihan. Selain fitur unggul, aplikasi ini juga telah dibekali penstabil video dan pengubah suara.

7. Editor Video – Video.Guru

Editor Video Video.Guru

Pengedit video buatan InShot Inc ini juga wajib masuk dalam bucket list para content creator. Menghadirkan tools editor yang dapat dioperasikan dengan mudah, Editor Video memungkinkan pengguna mengedit video dengan efek, musik, font, dsb dengan mudah.

Selain itu, pengguna juga dapat menggabungkan beberapa video menjadi satu dengan ragam efek dan filter, memotong klip video berakurasi tinggi, transisi basic dan glitch, pengontrol kecepatan video, kompres video, hingga berbagi klip ke berbagai platform.

Ada lebih dari 30 transisi yang ditawarkan Editor Video, seperti sport, blur, dan HVS sehingga pengguna dapat memilih sesuai yang diinginkan. Apalagi, aplikasi ini telah mendukung banyak format, mulai AVI, 3GP, dan MP4 untuk memanjakan para penggunanya.

8. Alight Motion

Alight Motion

Buatlah animasi sendiri dan sunting foto atau video dengan menambahkan berbagai efek visual estetik. Alight Motion merupakan aplikasi motion graphic profesional yang hadir dengan animasi berkualitas tinggi, efek dan filter, layer grafik, koreksi frame, animasi keyframe, dsb.

Alight Motion juga mendukung motion blur, warna solid, efek fill gradient dan border, easing animasi, dan support vector serta bitmap. Sayangnya, aplikasi ini memiliki watermark, untuk menghilangkan tanda air, maka pengguna harus berlangganan ke versi Premium.

9. FilmoraGo

FilmoraGo

Video editor FilmoraGo memungkinkan pengguna untuk menambahkan berbagai efek, filter, stiker, musik, dan melakukan berbagai penyuntingan lain. Aplikasi video maker dan editor gratis ini dilengkapi dengan fitur cukup komplit, untuk membantu menciptakan video keren.

FilmoraGo hadir dengan tampilan antarmuka cukup sederhana sehingga mudah dipelajari, bahkan oleh pemula. Video editor ini juga dilengkapi dengan 1000 musik bawaan, 5000 stiker dan template premium, fitur trim dan crop video, hingga menggabungkan klip video.

10. VivaCut

VivaCut

Aplikasi video editor profesional ini akan membantu pengguna dalam membuat video keren dengan berbagai pilihan efek, filter, dan animasi. VivaCut dibekali dengan berbagai fitur canggih, seperti transisi, multilayer, musik, chromakey, opsi blending, gambar, dsb.

VivaCut akan membuat proses penyuntingan video, termasuk memotong klip akurasi tinggi, memangkas dan menggabungkan video, menambahkan efek dan musik, dan banyak lagi. Aplikasi ini juga menawarkan resolusi save video ganda hingga maksimal 1080p.

Setelah mendapatkan hasil video seperti yang diinginkan, pengguna bisa langsung share video ke platform, seperti YouTube, Instagram, Tik Tok, dan sosial media lainnya.

Aplikasi edit video terbaik untuk Android di atas bisa dijadikan pertimbangan untuk menyunting video sebelum diunggah ke sosial media. Sebagian aplikasi mengusung UI simple yang bersahabat sehingga cocok untuk pemula. Jadi, tidak perlu bingung mempelajari cara penggunaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.