6 Aplikasi Keyboard Arab Terbaik untuk Android (Gratis!)

Ada banyak cara menyambut bulan Ramadhan. Salah satunya adalah saling berbagi ayat Al-Quran kepada kerabat maupun teman-teman umat muslim. Untuk mengirimkan ayat Al-Quran dalam tulisan aslinya, Anda bisa menggunakan salah satu dari sekian banyak aplikasi keyboard Arab terbaik.

Dibutuhkan keyboard yang mampu membantu Anda menuliskan ungkapan dalam bahasa Arab dengan baik dan jelas. Di bawah ini adalah rekomendasi aplikasi terbaik untuk menulis kalimat dalam bahasa Arab yang bisa Anda pasang di smartphone dengan sistem operasi Android.

Aplikasi Keyboard Tulisan Arab Terbaik untuk Smartphone Android

Sebelum keyboard yang mendukung tulisan Arab bisa dipasang di smartphone Android, Anda mungkin kesulitan membuat tulisan Arab di smartphone dan mengirimkannya kepada teman-teman. Tapi sekarang Anda tinggal mengunduh salah satu dari beberapa pilihan keyboard di bawah ini:

1. Arabic Keyboard: Arabic Language Keyboard

Arabic Keyboard Arabic Language Keyboard

Dengan menggunakan aplikasi pertama ini, Anda bisa mengganti bahasa baik dari Arab ke Inggris maupun sebaliknya. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Selain itu, app ini juga dilengkapi dengan kamus serta alat pengoreksi otomatis.

Ada pula stiker emoji lengkap yang ditambahkan ke aplikasi ini. Arabic Keyboard juga memungkinkan Anda untuk memilih dan menerapkan salah satu dari 15 tema keyboard serta mengatur suara untuk tombol keyboard.

Untuk mengunduh aplikasi keyboard tersebut Anda bisa mengklik link unduhan di atas atau langsung mencari Arabic Keyboard: Arabic Language Keyboard di aplikasi Google Play Store. Pastikan Anda mengunduh app resminya dan bukan file apk yang berbahaya ya.

2. Arabic for AnySoftKeyboard

Arabic for AnySoftKeyboard

Nama aplikasi ini memang Arabic for AnySoftKeyboard. Jadi untuk bisa mendapatkan tulisan Arab di smartphone Android, Anda perlu mengunduh dan memasang aplikasi AnySoftKeyboard agar Arabic keyboard bisa dipasang di smartphone Anda.

Segera setelah Anda menginstal keyboard Arabic di AnySoftKeyboard, tampilan keyboard Anda pun akan langsung berganti menjadi huruf-huruf Arab. Tidak seperti keyboard sebelumnya, aplikasi keyboard Arab terbaik ini hadir dengan tampilan yang lebih kuno.

Untuk bisa menggunakan keyboard tulisan Arab ini Anda perlu mengunduh AnySoftKeyboard terlebih dahulu di link berikut ini:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.menny.android.anysoftkeyboard.

3. Keyboard Arab: Tulisan Arab

Keyboard Arab Tulisan Arab

Keyboard yang satu ini adalah buatan Keyboard Style dan telah mendapatkan rating yang sangat bagus dari para penggunanya, yaitu 4,6 bintang. Aplikasi ini dilengkapi dengan lebih dari 500 emoticon. Ada pula fitur untuk mengganti background dengan warna yang paling sesuai dengan keinginan Anda.

Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk menulis tulisan Arab langsung dari bahasa Inggris yang akan diterjemahkan oleh Arabic Keyboard – Arabic English Keyboard ini. Jadi kalau Anda masih baru belajar tulisan Arab, Anda cukup menulis dalam bahasa Inggris untuk dikonversi langsung ke bahasa Arab.

Jika Anda ingin keyboard dengan tampilan yang lebih menarik, Anda bisa mengunduh dan memasang aplikasi ini di smartphone Android Anda. Saat Anda bosan dengan tampilan keyboard tersebut Anda tinggal mengganti warna keyboard dan membuatnya menarik lagi.

4. Ana Muhtarif Al Khat

Ana Muhtarif Al Khat

Dari nama aplikasinya saja Anda pasti sudah bisa membayangkan seperti apa wujud aplikasi ini. App ini adalah salah satu yang bisa Anda andalkan dalam membuat kalimat-kalimat bahasa Arab. Tidak hanya mengetik tulisan Arab, app ini bahkan bisa digunakan untuk membuat kaligrafi Arab yang tampak indah.

Setelah mengunduh aplikasi keyboard bahasa Arab terbaik dan membuat kaligrafi Arab Anda sendiri, Anda bisa membagikannya di Status WhatsApp maupun di Story Instagram agar semua sahabat dan kerabat Anda bisa melihatnya.

Software untuk smartphone Android buatan Diwan Software Ltd ini juga memungkinkan Anda untuk langsung membagikan kaligrafi buatan Anda ke berbagai media sosial seperti Facebook. Ada banyak pilihan background dan font yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda.

5. Keyboard Arabic Harokat

Keyboard Arabic Harokat

 

Tulisan Arab yang masih gundul tentu akan tampak kurang menarik. Beruntung, Roaita Bariklana Smart App telah merilis salah satu aplikasi keyboard Arab terbaik, yaitu Keyboard Arabic Harokat yang hadir lengkap dengan harokat untuk Anda tambahkan ke tulisan Arab yang Anda ketik.

Keyboard Arabic Harokat dirancang dengan tampilan yang sangat mudah dipahami serta antarmuka sederhana. Siapapun bisa mengunduh aplikasi ini dan menggunakan app ini dengan sangat mudah. Ukurannya pun tidak terlalu besar sehingga tidak akan membebani smartphone Android Anda.

Sayangnya, pada beberapa merk smartphone seperti Samsung, Keyboard Arabic Harokat tidak mampu memasukkan password maupun pin. Anda perlu mengubah ke keyboard smartphone bawaan ketika akan memasukkan password atau pin.

6. Arabic Language – Go Keyboard

Arabic Language Go Keyboard

Salah satu aplikasi buatan GOMO Apps ini adalah aplikasi yang sangat populer dan sudah diunduh sebanyak lebih dari sepuluh juta kali. Selain menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa keyboard yang utama, Anda bisa menerjemahkan tulisan Arab menjadi bahasa Inggris.

Anda juga bebas melakukan kustomisasi untuk membuat tampilan keyboard di smartphone Android Anda tampak jauh lebh menarik. Karena Arabic Language ini merupakan keyboard tambahan, Anda harus sudah memasang GO Keyboard di smartphone Anda terlebih dahulu.

Setelah aplikasi GO Keyboard terpasang di smartphone Android, Anda baru bisa menikmati fitur keyboard Arabic Language. Jika Anda masih belum memiliki GO Keyboard, unduh dari link ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.jb.emoji.gokeyboard&hl=en.

Manakah dari keenam pilihan aplikasi keyboard Arab terbaik di atas yang paling menarik untuk Anda? Jangan ragu untuk mencoba salah satu atau bahkan seluruh aplikasi tersebut sampai Anda mendapatkan salah satu keyboard Arab yang paling nyaman untuk Anda gunakan.

Apapun keyboard yang Anda pilih, pastikan Anda mendapatkan app tersebut langsung dari Google Play Store atau link yang sudah disisipkan di atas. Mengunduh aplikasi selain dari Google Play Store bisa membahayakan kesehatan smartphone Android kesayangan Anda.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar