10 Aplikasi Kolase Foto untuk PC Windows Gratis

Foto kolase mampu menggambarkan sebuah cerita atau kesan yang tidak bisa ditampilkan dalam satu foto saja. Foto jenis ini memang sedang populer dan banyak muncul di media sosial, terutama Instagram. Untuk membuat foto kolase yang berkualitas diperlukan aplikasi kolase foto untuk PC yang juga berkualitas.

Aplikasi pembuat foto kolase untuk PC Windows tidak harus selalu berstatus premium alias berbayar. Terdapat banyak aplikasi collage maker gratis dengan kualitas yang tidak dapat diremehkan. Bahkan, aplikasi pembuat kolase berkualitas juga menyertakan fitur pengeditan foto yang mumpuni.

Daftar Aplikasi Kolase Foto untuk PC Windows Gratis Terbaik

Aplikasi pembuat foto kolase di PC yang berstatus terbaik umumnya memiliki ciri-ciri fitur kustomisasi lengkap, memiliki user interface yang keren dan ramah pengguna, menyediakan templates yang beragam, dan tidak membuat PC atau laptop bekerja terlalu keras. Aplikasi dalam daftar memiliki ciri-ciri tersebut.

Berikut adalah daftar aplikasi pembuat foto kolase untuk PC Windows gratis terbaik.

1. Google Photos

Google Photos

Google Photos adalah aplikasi dengan tampilan yang sangat sederhana tanpa efek visual yang ramai. Aplikasi dengan tampilan biasa saja ini dilengkapi dengan fitur pembuat foto kolase. Anda hanya perlu membuat proyek baru, memilih foto, Google memproses permintaan, dan fitur editing foto pun muncul.

Dari sana, Anda hanya perlu memilih fitur pengeditan yang ada, termasuk mengedit warna dan membuat foto kolase. Di luar itu rasanya tidak ada yang spesial kecuali fungsi pengeditan yang 100 bekerja dengan baik. Akun Google hukumnya wajib agar bisa menggunakan aplikasi Google Photos.

2. Windows Live Photo Gallery

Windows Live Photo Gallery

Windows sebenarnya memiliki aplikasi pembuat foto kolase. Aplikasi tersebut adalah Windows Live Photo Gallery. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang ada di Microsoft Essential Tools. Jika Anda menggunakan Windows dan memilikinya, maka aplikasi ini tidak perlu dicari dan didownload.

Fitur foto kolase di aplikasi ini sangat mudah digunakan. Windows Live Photo Gallery memang tidak terlihat sememuaskan aplikasi pengedit foto. Namun, aplikasi ini memiliki fitur pengeditan sederhana termasuk kolase yang bekerja maksimal. Aplikasi ini cocok untuk yang mencari fungsi editing simpel dan cepat.

3. Shape Collage

Shape Collage

Shape Collage merupakan aplikasi pembuat foto kolase sederhana lainnya. Aplikasi ini akan membuat foto kolase dibuat secepat dan serapi mungkin. Membuat foto kolase melalui Shape Collage bisa dibuat dalam beberapa langkah saja. Setelah didownload, buka aplikasi dan Anda bisa langsung pilih template.

Pilih foto dari galeri dan biarkan aplikasi secara otomatis menyusun foto dan membuat kolase yang keren. Jika tidak puas dengan fitur otomatis tersebut, pengeditan posisi, jarak antar foto, warna, lata belakang, jenis dan ukuran huruf, dan hal lain bisa dilakukan setelah proses otomatis tersebut selesai.

4. PhotoScape

PhotoScape

Jika pembuatan foto kolase yang biasa saja bukan untuk Anda, maka coba gunakan PhotoScape. Aplikasi ini memiliki fitur pembuatan kolase yang lengkap dan bisa dikatakan masa kini. Pembuatan animasi Slideshow bisa dilakukan di sini, begitu juga penambahan banyak efek visual dan stiker unik.

PhotoScape juga dilengkapi dengan pengkonversi gambar, pengabung gambar, pemotongan foto, penangkap layar, dan fitur pengeditan lainnya. Selain sebagai aplikasi pengedit foto dan pembuat kolase, PhotoScape juga bisa diandalkan untuk menjadi aplikasi pembaca format gambar di Windows.

5. Fotor

Fotor

Membuat foto kolase di Fotor bisa dilakukan secara horizontal maupun vertikal. Aplikasi ini termasuk aplikasi pengedit foto online. Untuk digunakan tidak perlu melalui proses download dan instal terlebih dahulu. Pengeditan bisa dilakukan langsung dari web browser di website resmi Fotor.

Ketika memulai proyek pembuatan kolase, Anda akan diberikan preset dengan beragam gaya yang unik. Aplikasi kolase foto untuk PC satu ini juga menyediakan beragam fitur editing, diantaranya mengatur kecerahan foto, memotong gambar, menambah efek visual, dan mengubah ukuran foto.

6. PhotoPad

PhotoPad

PhotoPad memiliki kelebihan pada ukuran aplikasi yang sangat kecil. Kecilnya ukuran aplikasi ini untungnya sama sekali tidak menggangu kinerja aplikasi ketika membuat foto kolase. PhotoPad memiliki fitur pembuatan kolase secara otomatis yang mampu menampung sampai puluhan foto.

Yang menarik dan layak diapresiasi adalah PhotoPad mampu membuat kolase dengan jumlah foto yang sampai puluhan dalam waktu singkat dan tanpa delay atau gangguan apapun. Opsi kustomisasi pasca pembuata kolase otomatis lengkap dan dijamin akan membuat foto terlihat lebih keren.

7. Canva

Canva

Canva bisa digunakan sebagai aplikasi online atau aplikasi yang diinstal di Windows. Membuat foto kolase melalui Canva bisa dibuat sekreatif mungkin. Tahap untuk membuat foto kolase di sini sangat sederhana. Setelah membuka aplikasi dan memilih fitur Photo Collages, proyek pembuatan kolase bisa dilakukan.

Terdapat banyak pilihan templates yang bisa digunakan. Untuk kreasi yang lebih baik dan unik, Anda bisa membuat desain sendiri dan memilih jenis huruf, latar belakang, ilustrasi, stiker, dll. Foto kolase yang berhasil dibuat bisa langsung dibagikan ke beragam media sosial termasuk Instagram dan Facebook.

8. PicCollage

PicCollage

Aplikasi pengedit foto kolase untuk Windows, Android, dan iOS ini menyediakan stiker dan background baru setiap minggu. Berkreasi melalui PicCollage menjadi bisa dilakukan secara rutin. Koleksi template dan grid kolase di sini cukup lengkap. Kreasi kolase untuk berbagai keperluan mudah dibuat di sini.

PicCollage juga dilengkapi fitur desain grafis yang membuat Anda bisa membuat kartu pos dan kartu selamat secara digital. PicCollage adalah aplikasi gratis dengan opsi premium. Versi premium dari aplikasi PicCollage ini memang menyediakan lebih banyak konten dan fitur-fitur pengedit foto.

9. Phototastic Collage

Phototastic Collage

Phototastic Collage hadir dengan user interface yang ramah. Tidak akan lama bagi seseorang untuk familiar dengan UI aplikasi dan menguasai semua fitur yang ada. Phototastic Collage adalah aplikasi dengan fungsi khusus membuat kolase saja. Fitur pengeditan foto sederhana ada juga di sini.

Anda bisa memilih banyak templates berkualitas tinggi untuk beragam foto kolase yang akan dibuat. Jika templates dasar dianggap kurang bagus, kustomisasi bisa langsung dilakukan. Mengatur jarak antar foto, memilih jenis huruf, dan memilih background bisa dilakukan dengan mudah di aplikasi ini.

10. Collagerator

Collagerator

Collagerator sudah menyediakan beragam templates untuk foto kolase yang Anda buat. Fitur kustomisasi yang tersedia juga lengkap dan bisa membuka kreativitas Anda. Kelebihan utama dari aplikasi ini adalah tampilannya yang sama sekali tidak kompleks. Semua fungsi bisa diakses dengan mudah.

Mengatur banyak hal dari mulai ukuran foto, penempatan foto, dan memilih background bebas dilakukan di sini. Aplikasi ini mampu bekerja dengan cepat dan menampilkan mekanisme pembuatan kolase yang sangat sederhana. Namun kurang cocok untuk yang senang dengan desain yang ramai dan kompleks.

Aplikasi kolase foto untuk PC Windows gratis di atas, bisa Anda manfaatkan untuk membuat foto kolase yang akan mendapat apresiasi di media sosial. Fitur collage maker pada aplikasi di atas sebenarnya sudah lebih dari cukup. Untuk fitur lebih, memang pengorbanan menjadi pelanggan harus dilakukan.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar