10 Aplikasi Kompres Foto Android Gratis + Terbaik

Banyaknya jumlah foto yang ada di galeri bisa memberatkan dan tidak memberi ruang baru pada foto baru yang ingin disimpan di sana. Solusi dari masalah tersebut adalah memindahkan sebagian foto ke perangkat lain. Solusi lain yang tidak kalah baiknya adalah memanfaatkan aplikasi kompres foto di HP Android.

Aplikasi kompres tersebut dapat mengubah ukuran foto yang tadinya besar menjadi kecil. Kualitas foto yang telah dikompres tersebut tidak berbeda jauh bahkan sama sekali tidak terlihat ada perubahan kualitas. Dengan aplikasi kompres tersebut, jumlah foto yang bisa disimpan di galeri HP tentu akan meningkat.

Daftar Aplikasi Kompres Foto Android Terbaik

Aplikasi untuk mengkompres foto kerap disebut juga dengan nama aplikasi pengubah ukuran. Teknologi kompres memang semakin berkembang dimana ukuran foto bisa diperkecil tanpa mengalami penurunan kualitas yang signifikan. Aplikasi ini akan membantu Anda membuat memori HP Android cepat penuh.

Berikut adalah 10 aplikasi compress foto terbaik yang bisa digunakan di HP dengan sistem operasi Android.

1. PicTools

PicTools

Fitur-fitur utama yang ada di aplikasi PicTools adalah mengubah ukuran gambar, memperkecil ukuran foto, memotong foto, melakukan pengoptimalan, dan mengkonversi format file gambar. Melalui PicTools, bukan hanya kompres foto yang bisa dilakukan tetapi aktivitas lain sesuai kebutuhan pengguna.

PicTools terbukti mampu mengecilkan ukuran foto dari 3 MB menjadi 100 KB saja. Dalam satu operasi pengkompresan, Anda bisa mengecilkan (sampai 25 foto) ukuran foto ke ukuran yang diminta dan sekaligus langsung mengubah format foto ke format foto JPG, PNG, dll.

2. Image Size

Reduce Image Size

Image Size adalah aplikasi yang memang dikembangkan untuk melakukan beragam operasi mengubah ukuran foto baik dalam hal ukuran file maupun ukuran resolusi foto. Aplikasi ini menyediakan fasilitas pengubah ukuran dengan atribut yang lengkap, dari mulai pixel, CM, inci, MM, dan ukuran resmi lainnya.

Setelah selesai kompres foto, Anda bisa langsung cetak foto atau menampilkannya di media sosial. Selain menyediakan fitur untuk mengkompres foto, aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk melakukan pengeditan foto sederhana. Fitur seperti menambahkan teks, stiker, dan bahkan filter ada di sini.

3. Bulk Image Compressor

Bulk Image Compressor

Aplikasi compress foto satu ini menyediakan fasilitas mengkompres foto dalam jumlah besar dalam satu kali operasi. Melakukan kompres foto satu per satu bisa menjadi aktivitas yang membosankan. Melakukannya dalam satu kali melalui Bulk Image Compressor tentu solusi yang mantap.

Aplikasi ini masuk dalam kategori aplikasi yang ringan dan mudah digunakan. Hasil konversi foto yang bisa dilakukan di sini bisa menghasilkan foto dengan ukuran yang kecil. Fitur melihat rekam kompres foto, berbagi hasil kompres multi-perangkat, dan penampil foto berbagai format ada di sini.

4. Photo & Picture Resizer

Photo Picture Resizer

Photo & Picture Resizer menjanjikan pengalaman mengkompres foto dengan cepat dan mudah. Aplikasi ini memang dikenal karena memiliki tampilan dan UI yang sangat ramah untuk pengguna. Fitur kompres yang disediakan di sini lengkap. Fitur mengubah rasio aspek dan berbagi ke media sosial tersedia di sini.

Medsos yang didukung oleh aplikasi ini beraga, diantaranya Instagram dan Facebook. Kualitas kompres di sini sangat tinggi dimana dalam hitungan detik foto berukuran besar bisa dikerdilkan ukurannya. Photo & Picture Resizer mendukung kompres foto dengan resolusi tinggi lebih dari FHD (1920 x1080p).

5. pCrop

pCrop

Aplikasi yang sangat ringan digunakan dengan tampilan yang sederhana ini memiliki fitur kompres yang tanpa basa-basi. Aplikasi pCrop ini mampu melakukan pengecilan ukuran foto dengan mudah tanpa membuat kualitas foto terdegradasi. Hal tersebut mengindikasikan fitur kompres yang optimal.

Fitur kompres foto dalam jumlah banyak dalam sekali operasi ada di sini. Setelah selesai dikecilkan, foto bisa langsung dibagi ke berbagai media sosial. Selain kompres foto, aplikasi kompres foto ini juga menyediakan fasilitas memotong gambar, merotasi gambar, dan mengubah ukuran gambar.

6. JPEG Optimizer

JPEG Optimizer

JPEG Optimizer adalah salah satu aplikasi compress foto terbaik di Android. Salah satu hal yang membuat aplikasi ini berstatus terbaik adalah kemampuannya membuat kualitas foto membaik kendati ukurannya mengecil. Teknologi ISO Noize Optimization yang ada di sini memang mungkinkan hal tersebut terjadi.

Foto JPEG hasil kompres dalam jumlah banyak tersebut dapat disimpan dalam folder berformat ZIP. Selain edisi gratis, JPEG Optimizer juga menyediakan edisi Pro (premium). Edisi Prod dari aplikasi ini menyediakan fitur menggabungkan foto yang telah dikompres dalam bentuk dokumen PDF.

7. Reduce Image Size

Reduce Image Size

Melakukan pengkompresan foto tanpa mengubah resolusi dan kualitas foto bisa dilakukan dalam 3 langkah cepat melalui aplikasi ini. Reduce Image Size bisa menjadi aplikasi yang benar-benar membuat memori HP tidak cepat penuh. Aplikasi ini juga mendukung kompres banyak gambr dan lintas format.

Dalam satu operasi kompres foto, Anda bisa menggunakan slider untuk memilih kualitas foto yang akan dikompres, mengganti format file foto, mengedit foto (memotong, mengubah ukuran, dll), dan langsung membagikannya ke medsos. Ukuran foto di sini bisa dikompres sampai angka 90% dari ukuran orisinal.

8. Photoczip

Photoczip

Aplikasi Photoczip ini memiliki tampilan yang ramah dan sangat familiar dengan tampilan menu sistem operasi Android. Pengguna akan merasa seperti menggunakan aplikasi yang sudah ada di Android karena tampilan familiar dari Photoczip. Aplikasi ini mampu mengkompres foto dalam format JPG dan PNG.

Bukan hanya itu, aplikasi ini juga mampu melakukan pengeditan pada metadata dari sebuah file JPG. Dengan demikian, Anda bisa mengedit data foto dibuat, menghapus tag foto, dan melakukan perubahan pada atribut foto lainnya. Photoczip juga menyediakan kompres foto ke folder berformat ZIP.

9. Photo Compress 2.0

Photo Compress 2.0

Photo Compress 2.0 ini membuat Anda bisa melakukan kompres foto dengan mudah sekaligus melakukan pengeditan foto sederhana. Aplikasi ini menyediakan fasilitas mengkompres foto dalam jumlah banyak. Fitur berbagi ke media sosial setelah foto berhasil dikompres juga tersedia di sini.

Yang membuat aplikasi ini berstatus salah satu yang terbaik bukan kualitas kompresnya, tetapi fakta bahwa aplikasi ini sama sekali tidak memiliki iklan. Aplikasi Android gratis tanpa iklan memang sebuah kelangkaan. Selain itu, aplikasi ini juga menyimpan data EXIF pada foto yang dikompres sesuai foto orisinalnya.

10. TinyPhoto

TinyPhoto

TinyPhoto tidak hanya dilengkapi fitur untuk mengecilkan ukuran foto, tetapi juga fitur untuk memotong gambar, merotasi gambar, dan fitur pengeditan foto lainnya. Fitur multiple compress tersedia di sini sehingga bisa menghemat waktu kompres banyak gambar. Aplikasi ini mendukung format JPEG dan PNG.

Foto yang sudah dikompres tersebut bisa langsung dibagikan ke beragam media sosial. Ukuran apliksi ini tidak besar dan bisa ringan dijalankan di HP Android versi manapun. Dengan TinyPhoto, Anda bisa menghemat memori meskipun memiliki koleksi foto dalam jumlah yang banyak.

Aplikasi kompres foto yang baik adalah aplikasi yang mampu mengecilkan ukuran foto tanpa mengurangi kualitasnya sama sekali. Dengan menggunakan salah satu aplikasi di atas, Anda bisa membuat galeri HP penuh dengan foto tanpa harus takut memori HP cepat penuh dan kinerja HP berkurang karenanya.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar