13 Aplikasi Kompres Video PC Ringan Terbaik + Gratis

Bagi yang suka berbagi konten video ke berbagai platform media sosial, tentu sudah cukup familiar dengan aplikasi kompres video, bukan? Pasalnya, untuk mengunggah video berkualitas tinggi tanpa terhalang bandwidth dan batas ukuran, maka ukuran file video memang perlu diperkecil.

Keberadaan aplikasi kompresor tentu menjadi angin segar bagi para video creator. Sebab sekarang bisa bebas berbagi video tanpa halangan apapun. Apalagi, saat ini telah hadir berbagai aplikasi kompres file video yang dapat diakses melalui perangkat smartphone sehingga lebih praktis.

13 Aplikasi Kompres Video Terbaik

Menemukan aplikasi untuk mengkompres video di perangkat ponsel maupun PC memang bukan hal sulit. Namun pengguna harus bijak. Pastikan aplikasi atau software yang dipilih dapat menjamin bahwa meskipun ukuran file video diperkecil, namun tidak merubah kualitas asli video.

Di bawah ini adalah beberapa pilihan aplikasi video kompresor terbaik untuk berbagai perangkat:

1. Freemake Video Converter

Freemake Video Converter

Software ini merupakan solusi terbaik mengkompres video pada perangkat desktop, baik laptop maupun PC. Freemake Video Converter mendukung berbagai format file, seperti AVI, MPG, MP4, ROM, WMV, dsb. Jadi, pengguna bisa memilih format yang paling kompatibel.

Freemake Video Converter juga mengusung tampilan UI (User Interface) sederhana yang mudah untuk digunakan, bahkan oleh pemula sekalipun. Dengan fitur kompres dari aplikasi ini, sekarang semua orang bisa memperkecil ukuran video secara lebih mudah dan praktis.

2. Movavi Video Converter

Movavi Video Converter

Bukan hanya memungkinkan pengguna untuk melakukan convert file video, Movavi juga bisa dijadikan solusi ampuh untuk kompres video secara cepat dengan hasil memuaskan. Salah satu keunggulan Movavi adalah karena menyediakan lebih dari 180 format konversi.

Movavi Video Converter juga mempunyai internal editor sehingga pengguna bisa mengkompres video dengan berbagai resolusi tanpa menurunkan kualitasnya. Selain itu, tampilan antarmuka Movavi juga sangat bersahabat sehingga gampang dipelajari.

3. Online UniConverter

Online UniConverter

Aplikasi Online UniConverter akan membantu pengguna memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitasnya. Software ini juga mendukung banyak format file, mulai MP4, MOV, FLV, dsb. Menariknya, hasil suntingan bisa disimpan langsung ke Dropbox.

Pengguna juga bisa membagikannya ke berbagai platform, seperti YouTube, Instagram, Facebook, dan media sosial lain. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengkompres file video secara unlimited. Dengan kata lain, pengguna bebas pakai aplikasi sesukanya.

4. Any Video Converter

Any Video Converter

Software kompres video satu ini hadir dengan standar kompresi terbaru, sehingga dapat digunakan mengkonversi video berkualitas tinggi. Any Video Converter juga support berbagai format, sehingga pengguna dapat bebas memilih salah satu sesuai yang dibutuhkan.

Any Video Converter dapat dijadikan solusi memperkecil ukuran video dari berbagai device, mulai smartphone, tablet, hingga PC. Tidak hanya itu, aplikasi ini bisa dipakai untuk mengunduh file musik dan video dengan sebuah langkah mudah, dan pastinya praktis.

5. FFmpeg

FFmpeg

Perangkat lunak sumber terbuka FFmpeg juga dapat dipilih untuk mengkompres video. Sebagaimana aplikasi lain, FFmpeg juga support berbagai jenis format file video, AVI, MP4, dan MOV, dan dapat dioperasikan pada perangkat PC berbasis Windows, Mac, dan Linux.

Selain mengusung fitur kompres video, FFmpeg juga dilengkapi fitur andalan lain, mulai dar record, convert, hingga menambahkan audio pada klip video. Jadi, pengguna dapat menyunting video agar tampilan visualnya terlihat lebih unik, keren, menarik, dan estetik.

6. Smart Video Compressor

Smart Video Compressor

Aplikasi kompres video besutan AppAspect Technologies Pvt Ltd. ini dapat membantu pengguna memperkecil ukuran file yang diinginkan secara mudah dan praktis. Smart Video Compressor dapat dipakai mengkompres video resolusi HD mulai 70% – 80%.

7. Kompresor Video

Kompresor Video

Ingin mengurangi ukuran video secara cepat tanpa terkendala ruang dan waktu? Aplikasi Kompresor Video bisa menjadi pilihan terbaik. Video compressor besutan Mobiledea Studio ini bukan hanya menawarkan fitur kompres video ke file MP4 berkualitas tinggi.

Pasalnya, Kompresor Video juga memungkinkan pengguna melakukan aktivitas lain dengan fitur andalan, seperti memangkas video, dan mengekstrak video menjadi Audio MP3. Apalagi, aplikasi ini telah mendukung kompresi foto batch untuk menghemat storage di ponsel.

8. VivaVideo Editor

VivaVideo Editor

Aplikasi video editor ini juga memiliki fitur kompres file dengan berbagai opsi format untuk memberikan kepuasan kepada para pengguna. Jadi, bisa sekalian menyunting foto, melakukan kompresi, lalu membagikannya ke platform lain melalui aplikasi VivaVideo.

Video yang diedit melalui video dapat disimpan dalam berbagai pilihan resolusi sesuai kebutuhan pengguna, mulai 720p (HD), 1080p (Full HD), dan 4K. Meskipun ukuran video telah dikompres, namun tidak akan begitu berpengaruh terhadap kualitasnya.

9. Panda Video Compressor: Movie & Video Resizer

Panda Video Compressor Movie Video Resizer

Ingin mengurangi ukuran video agar lebih mudah dibagikan dan bisa menghemat memori ponsel? Aplikasi Panda Video Compressor sangat layak dijadikan sebagai pertimbangan. Software ini mengusung tool compress terbaru dengan antarmuka yang super simple.

Panda Video Compressor menawarkan proses kompres video dan film secara praktis tanpa menurunkan kualitasnya. Selain itu dapat digunakan offline, aplikasi compressor ini juga menawarkan format file lengkap, seperti 3gp, mp4, mkv, avi, mov, wmv, mpeg, dan rmvb.

10. Video Compress

Video Compress

Aplikasi Video Compress yang dikembangkan developer dari Mel Studios Apps juga sangat worth to use, khususnya jika ingin menghemat penggunaan data dengan cara mengkompres video. Selain itu, file video berukuran kecil juga lebih mudah untuk dibagikan ke internet.

Video Compress bisa jadi alternatif mengkompres video dengan berbagai opsi kualitas, mulai rendah (low), normal, hingga tinggi (high). Pengguna juga bisa menghilangkan suara pada video kalau mau. Video yang telah dikompres akan otomatis disimpan di galeri ponsel.

11. Video Konverter

Video Konverter

Membutuhkan tools untuk melakukan batch konversi atau kompres video ke berbagai format, seperti MP3, MP4, MKV, 3GP, MOV, AVI, WMV, MTS, AAC, dan VOB? Aplikasi video koverter dan kompresor buatan Inverse.Al ini wajib untuk dicoba oleh pengguna smartphone.

Menawarkan proses konversi dan kompres video yang cepat, Video Konverter juga mendukung perubahan resolusi, frame rate, hingga bitrate dari file video. Aplikasi ini juga bisa dijadikan solusi untuk memangkas atau menggabungkan klip video atau audio.

12. Video Format Factory

Video Format Factory

Aplikasi Video Format Factory hadir dengan fitur dan tools cukup lengkap. Disini, pengguna dapat melakukan konversi, kompres, memangkas, memotong, hingga menggabungkan file dalam bentuk video maupun audio. Jadi, semua kebutuhan penyuntingan telah tersedia.

Selain mendukung semua format file video, Video Format Factory juga menghadirkan opsi ukuran zip untuk menghemat penyimpanan ponsel. Menariknya lagi, pengguna dapat membuat gif dari video, dan memungkinkan pengguna untuk menghilangkan watermark.

13. Smart Video Compressor and Resizer

Smart Video Compressor and Resizer

Tool pengompres video pintar ini bisa dijadikan solusi mengecilkan ukuran file video. Pengguna juga bisa mengubah dimensi, mengatur kualitas video, dan memilih kecepatan kompresi sesuai kebutuhan. Selain itu, Smart Video juga mudah dioperasikan.

Aplikasi kompres video merupakan solusi terbaik untuk membagikan file ke media sosial maupun situs lain. Apalagi, dengan mengurangi ukuran file video sama dengan menambah ruang kosong pada ponsel. Jadi, storage tidak akan penuh hanya karena menyimpan banyak file video.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.