10 Aplikasi VPN Terbaik untuk Android dan iOS, Aman!

Menemukan aplikasi VPN terbaik untuk Android dan iOS sebenarnya bukanlah perkara sulit. Ada banyak pilihan software yang dapat dijadikan pertimbangan. Namun, apakah aplikasi Virtual Private Network tersebut sudah terjamin aman untuk digunakan? Terutama dalam melindungi data pribadi.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa VPN merupakan solusi terbaik untuk mengakses berbagai situs yang diblokir oleh negara. Pasalnya, dengan menggunakan VPN, maka pengguna bisa dengan mudah membuka akses ke berbagai layanan yang dibutuhkan secara cepat dan praktis.

10 Aplikasi VPN Terbaik untuk Android dan iOS

Di bawah ini adalah beberapa opsi aplikasi VPN yang bisa dijadikan pertimbangan:

1. Turbo VPN

Turbo VPN

Aplikasi besutan developer Innovative Connecting ini terkenal dapat membantu pengguna dalam mengakses berbagai situs yang diblokir oleh pemerintah. Turbo VPN terdiri atas dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Pengguna dapat memilih sesuai budget dan kebutuhan.

Untuk versi gratis, terdapat lima opsi pilihan server. Namun kalau versi VIP, tentu lebih beragam, dan pengguna tidak akan terganggu iklan saat menggunakan aplikasi. Turbo VPN bukan hanya bisa diterapkan pada jaringan seluler, namun juga support jaringan WiFi.

2. NordVPN

NordVPN

Software NordVPN dapat dijadikan alternatif solusi oleh pengguna perangkat ponsel berbasis Android maupun iOS. Di aplikasi ini, pengguna akan menemukan ribuan server pilihan yang dapat diakses sepuasnya. Tidak heran kalau NordVPN sangat diminati oleh publik.

Menariknya, NordVPN juga telah di support teknologi AES aka Advanced Encryption dan Double Protection sehingga aman untuk digunakan. Hanya saja, pengguna tidak bisa bebas memakai aplikasi secara gratis selamanya, sebab layanan free cuma untuk bulan pertama.

Sedangkan pada bulan selanjutnya, pengguna harus berlangganan dan membayar mulai Rp. 45.000 per bulan. NordVPN dapat diinstal pada sistem Android versi 5.0 ke atas, dan iOS 9.0 ke atas. Ukuran aplikasi sendiri termasuk cukup kecil, yaitu hanya 19 MB.

3. Free VPN Proxy & Secure

Free VPN Proxy & Secure

Sebenarnya aplikasi ini diluncurkan oleh perusahaan yang  juga menciptakan Turbo VPN. Akan tetapi, layanan dan fitur yang ditawarkan sedikit berbeda. Sebab Free VPN Proxy & Secure bukan hanya menjamin keamanan data dan bisa membuka situs terblokir.

Namun juga mengenkripsi IP Address yang dipakai mengakses situs tertentu. Pengguna dapat memilih server gratis, seperti Amerika, Netherlands, Singapura, dan India. Sedangkan versi VIP menawarkan sekitar dua puluhan opsi server yang dapat dipilih sesuai keinginan.

4. Super VPN

Super VPN

Selain mudah digunakan, karena pengguna cukup tap “Connect” untuk menghubungkan jaringan dengan VPN. Pengguna juga tidak perlu susah payah registrasi jika ingin menikmati layanan dari Super VPN. Selain itu, aplikasi juga menjamin keamanan data penggunanya.

Sayangnya, layanan dan akses gratis dari Super VPN hanya bisa dinikmati pada 20 hari pertama. Setelah masa trial habis, maka penggunaan akan dibatasi. Jika ingin mendapatkan akses sepuasnya, maka harus berlangganan versi Premium dari software Super VPN.

Untuk menginstal aplikasi VPN dengan server terbaik dengan bandwidth tanpa batas ini, pengguna tidak perlu root ponsel. Ukuran aplikasi juga sangat kecil sehingga tidak akan membuat penuh ROM, yakni hanya 10 MB. Bagaimana, menarik sekali, bukan?

5. Thunder VPN

Thunder VPN

Aplikasi Thunder VPN hadir dengan desain interface sederhana, sehingga dijamin tidak akan membuat bingung penggunanya. Untuk terhubung dengan aplikasi, tinggal tap pada ikon “Connect” dan otomatis akan terhubung ke layanan Thunder VPN secara free.

Thunder VPN menyediakan bandwidth cukup besar sehingga koneksi internet semakin lancar. Di samping itu, aplikasi juga mendukung segala tipe konektivitas, seperti 3G / 4G / 5G, hingga WiFi. Pengguna  bisa memilih menggunakan versi gratis maupun VIP.

Selain memungkinkan pengguna untuk menikmati berbagai layanan tanpa perlu registrasi. Thunder VPN juga minim iklan, sehingga pengguna tidak akan merasa begitu terganggu.

6. Hola Free VPN

Hola Free VPN

Aplikasi VPN terbaik untuk Android dan iOS selanjutnya adalah Hola Free VPN. Software ini cukup populer di kalangan pengguna ponsel Android, iOS, Mac, Windows, Mac, Xbox, dan peramban lain. Namun dengan catatan, versi Android 5.0+, sedangkan untuk iOS versi 9.0+.

Hola Free VPN akan membantu pengguna dalam mengakses berbagai situs yang diblokir. Cara kerjanya adalah dengan menyembunyikan IP Adress. Dengan kata lain, identitas pengguna menjadi anonym. Oleh karena itu, bebas untuk membuka situs yang diblokir.

7. Secure VPN

Secure VPN

Aplikasi buatan Signal Lab ini hadir dengan mengusung desain UI / User Interface yang soft dan mudah dioperasikan. Jadi, pengguna dapat memakai Secure VPN tanp kendala. Namun, hingga saat ini Secure VPN  baru tersedia untuk perangkat ponsel Android versi 6.0+.

Selain unggul dari segi ukuran, yakni hanya 10 MB saja. Secure VPN juga mampu mengenkripsi koneksi pengguna. Jadi, hanya perlu tap di bagian “Connect”, kemudian tunggu beberapa saat sampai terhubung, lalu nikmati berbagai layanan secara gratis.

8. TunnelBear

TunnelBear

Aplikasi TunnelBear bukan hanya dapat membantu Anda dalam mengakses berbagai situs favorit yang disensor atu diblokir. Namun, sekaligus mampu menjaga kerahasiaan lokasi. Apalagi, TunnelBear juga memiliki desain UI super simple dan mudah untuk dipahami.

TunnelBear menawarkan ragam fitur menarik, seperti aman digunakan di jaringan publik WiFi, dukungan pelanggan, dsb. Akan tetapi, penggunaan data pengguna dibatasi hingga maksimal 500 MB per bulan. Jadi, mungkin tidak bisa membuka situs favorit sepuasnya.

Perangkat lunak berukuran 18 MB ini dapat dipasang pada smartphone berbasis OS Android 5.0 dan iOS 9.0. Selain itu juga bisa diinstal dan digunakan pada perangkat tablet.

9. VPN Proxy Master

VPN Proxy Master

Aplikasi VPN Proxy Master dibuat oleh developer Lemon Clove PTE dengan mengunggulkan cara penggunaan yang mudah, dan ukuran sangat ringan, yakni 10 MB saja. Meskipun kecil, tapi bisa memenuhi kebutuhan pengguna dalam memilih server sesuai kebutuhan.

VPN Proxy Master juga mendukung berbagai konektivitas, mulai 3G, 4G, 5G, hingga WiFi. Sedangkan untuk masalah keamanan, aplikasi akan melakukan enkripsi data serta proteksi yang berfungsi melindungi pengguna saat mengakses internet menggunakan WiFi publik.

10. VPN Hub

VPN Hub

Ingin menjelajahi berbagai situs terblokir dengan cara menyembunyikan IP pengguna? Aplikasi VPN Hub adalah salah satu solusi terbaik untuk pengguna perangkat iOS dan Android. Menariknya, aplikasi ini juga mendukung penggunaan pada Windows dan Mac.

Terdapat puluhan pilihan server yang terus di update secara berkala. Menariknya, VPN Hub memiliki fitur Privacy Protection yang mampu menyembunyikan IP Address dan lokasi pengguna. Wajar apabila aplikasi ini banyak dijadikan pilihan oleh berbagai pihak.

Sebenarnya VPN Hub juga menawarkan fitur lain, seperti streaming video global, aplikasi versi desktop, dan akses lebih cepat. Hanya saja, untuk bisa menikmati fitur unggulan tersebut, pengguna harus upgrade atau berlangganan ke versi Premium terlebih dahulu.

Berbagai pilihan aplikasi VPN terbaik untuk Android dan iOS di atas dapat dijadikan referensi terbaik oleh para pengguna ponsel pintar dan perangkat laptop. Akan tetapi, sebelum menginstal aplikasi yang diinginkan, sebaiknya periksa versi sistem operasi pada smartphone terlebih dahulu.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar