9 Aplikasi YouTube Downloader Terbaik Untuk Android dan iPhone

Tidak bisa disangkal lagi jika saat ini YouTube telah merajai platform streaming di seluruh dunia. Sayangnya situs yang juga anak perusahaan Google ini tidak memiliki opsi untuk download video. Sehingga banyak muncul aplikasi YouTube Downloader baik untuk Android atau web-based.

Beberapa tahun lalu mungkin opsi untuk mendownload video dari YouTube masih sangat terbatas dan hanya bisa dilakukan melalui Internet Download Manager. Namun kini sudah banyak bermunculan aplikasi dan situs yang bisa digunakan untuk download video YouTube.

Daftar Aplikasi Youtube Downloader untuk Android dan iPhone

1. TubeMate

TubeMate

Aplikasi rekomendasi untuk download video YouTube pertama adalah TubeMate. Meskipun berstatus aplikasi pihak ketiga, namun pengguna TubeMate terus meningkat pesat bahkan sejak era Android versi Gingerbread beberapa tahun lalu.

Alasan mengapa TubeMate sangat populer adalah karena keberadaan beberapa fitur yang sangat mendukung untuk download video. Anda bisa memilih resolusi video sesuai dengan keinginan atau bahkan convert video YouTube ke format MP3.

Link Download TubeMate

Baca juga : 2 Cara Convert YouTube to MP3

2. YouTube Go

YouTube Go

Aplikasi yang menjadi rekomendasi kedua adalah YouTube Go yang banyak digunakan oleh smartphone Android dengan spesifikasi yang rendah atau low end smartphone.Berbeda dengan TubeMate, YouTube Go dikembangkan secara resmi oleh Google sendiri.

Keunggulan YouTube Go dibandingkan dengan aplikasi lain terletak pada spesifikasi yang rendah serta tidak memakan space terlalu banyak pada smartphone. Menurut beberapa laporan dari media tekno, YouTube Go sudah bisa digunakan oleh pengguna smartphone dengan kapasitas ram 512mb.

Link Download YouTube Go

3. Videoder

Videoder

Bisa dikatakan videoder adalah aplikasi YouTube Downloader dengan tampilan yang paling menarik jika dibandingkan dengan yang lain. Pada halaman beranda Anda sudah disuguhkan dengan tampilan yang sangat mirip dengan YouTube.

Sementara pada bagian atas ada beberapa opsi untuk share video ke platform sosial media yang lain seperti Instagram, YouTube, TikTok dan Facebook. Videoder juga bisa digunakan untuk mendownload video YouTube HD 4k atau resolusi 1080p.

Link Download Videoder

4. VidMate

VidMate

Rekomendasi aplikasi untuk download video YouTube selanjutnya adalah VidMate. Sama seperti Videoder, Vidmate juga memiliki tampilan user interface yang sangat mirip dengan YouTube. Namun bedanya VidMate juga bisa digunakan untuk download dari platform video lain seperti Dailymotion.

Nilai plus yang lain bagi VidMate adalah minimnya keberadaan iklan dalam aplikasi yang mengganggu. Rata-rata iklan yang ada dalam aplikasi VidMate berbentuk banner pada sisi samping dan bukan berupa video pop-up yang mengganggu.

Link Download VidMate

Baca juga : Cara Membuat Channel Youtube

5. Pipe

Pipe

Sebagai aplikasi untuk download video YouTube tampilan antarmuka atau user interface Pipe terhitung menarik. Di halaman beranda Anda akan melihat beberapa video yang sedang trending di YouTube yang dipantau secara realtime oleh Pipe berdasarkan jumlah view sebuah video.

Pipe juga menyediakan beragam opsi dalam hal resolusi video. Anda bisa mendownload video mulai dari yang resolusi 144p hingga video resolusi tinggi. Iklan yang ada pada aplikasi ini juga terhitung tidak mengganggu kenyamanan penggunanya.

Link Download Pipe

6. Video Buddy

Video Buddy

Berbeda dengan aplikasi yang lain, Video Buddy menampilkan user interface yang unik dengan mengadopsi tampilan seperti aplikasi video on demand layaknya Netflix atau Viu. Server untuk download video YouTube dari Video Buddy juga memiliki speed download yang terhitung cepat.

Kelebihan lain dari Video Buddy yang tidak dimiliki oleh aplikasi lain adalah adanya fitur integrated browser. Melalui fitur ini Anda bisa mencari video secara spesifik layaknya seperti mesin pencari atau search engine Google.

Link Download Video Buddy

7.  Dentex

Dentex

Dentex juga bisa menjadi opsi alternatif yang menarik karena aplikasi ini tampil dengan desain minimalis. Ukuran yang minilasi ini membuat aplikasi menjadi lebih ringan dan tidak terlalu memakan storage yang banyak pada smartphone.

Meskipun demikian, Dentex juga memiliki beberapa kekurangan seperti adanya kewajiban bagi pengguna untuk mendaftar terlebih dahulu sebelum mendownload video dan server download yang kurang bagus.

Link Download Dentex

8. Savefrom.net

Savefrom net

Savefrom.net adalah salah satu situs untuk download video YouTube yang bisa dikatakan sangat legendaris. Ketika aplikasi-aplikasi YouTube Downloader belum bermunculan, Savefrom menjadi situs langganan untuk download video dari YouTube.

Meskipun Savefrom.net merupakan pengunduh YouTube berbasis web akan tetapi situs ini juga bisa dijangkau oleh pengguna smartphone termasuk Android. Resolusi video yang bisa menjadi opsi juga lengkap mulai dari video resolusi rendah 144p hingga HD 1080p.

9.  FvdTube

FvdTube

Terakhir ada aplikasi Fvdtube, kelebihan dari aplikasi ini adalah mampu mendukung secara langsung convert video YouTube ke audio dalam format mp3. Anda bisa memilih download video atau audio terlebih dahulu.

Link Download FvdTube

Aplikasi YouTube Downloader yang telah disebutkan di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, apalagi tersedia fitur untuk mendownload video atau audio.

Tinggalkan komentar