2 Cara Cek IMEI untuk Tahu Smartphone Resmi atau Ilegal

Agar tahu apakah smartphone resmi atau tidak, ikuti cara cek IMEI berikut. Tidak hanya praktis, tetapi juga mudah dilakukan.


Tidak jarang kita mendengar kasus jual beli smartphone yang dibanderol dengan harga lebih murah dari pada yang di pasaran. Jika kamu bertemu dengan oknum yang seperti itu atau mungkin kamu sudah telanjur membelinya, kamu harus berhati-hati.

Barangkali smartphone yang kamu beli adalah smartphone ilegal dan tidak terdaftar secara resmi. Lalu, bagaimana cara memastikan smartphone kita resmi atau ilegal?

Tenang saja, untungnya setiap smartphone dan iPhone memiliki nomor identitas yang bernama IMEI. Nomor penting inilah yang bisa membantu kamu untuk memastikan apakah smartphone kamu resmi atau tidak.

Untuk tahu lebih lanjut tentang bagaimana langkah cek IMEI ponsel, kamu bisa baca ulasan berikut ini.

Apa itu IMEI?

IMEI

IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor identitas khusus yang dimiliki setiap smartphone. Nomor IMEI biasanya terdiri dari 14 digit dengan tambahan 1 digit terakhir yang digunakan untuk verifikasi seluruh digit sebelumnya.

Namun, ada juga nomor IMEI yang terdiri dari 16 digit. Ini bertujuan untuk memberikan informasi lengkap mengenai versi software atau biasa disebut dengan IMEISV (International Mobile Station Equipment Identity Software).

Sederhananya, nomor IMEI ini mirip dengan nomor KTP. Melalui nomor tersebut, nantinya kita dapat mengetahui informasi detail mengenai smartphone kita. Selain itu, terdapat beberapa kegunaan yang dapat kita manfaatkan dengan mengetahui nomor IMEI smartphone kita, antara lain:

1. Untuk mengecek garansi

Melalui nomor IMEI, kita dapat mengetahui masa garansi yang dimiliki oleh smartphone kita. Hal ini tentu saja penting karena akan berpengaruh pada pembelian HP secara online atau offline.

Dengan begitu, kita bisa mengetahui apakah smartphone yang kita beli dalam kondisi baru atau tidak. Pastinya, kamu tidak mau sudah bayar mahal-mahal dan ternyata smartphone yang dijual bukan barang baru.

2. Untuk mengidentifikasi dan sebagai pengaman smartphone

Seperti yang sudah disebutkan tadi, dengan nomor IMEI, kita dapat mengetahui informasi detail tentang smartphone kita. Namun, tidak sampai di situ saja. Nomor IMEI juga dapat menjadi sistem keamanan ketika kita kehilangan smartphone kita.

Nomor IMEI juga digunakan oleh jaringan GSM untuk mengidentifikasi smartphone yang mencoba tersambung dengan jaringan tersebut. Dengan begitu, ketika kita kehilangan smartphone, kita dapat memblokir smartphone tersebut agar tidak bisa tersambung dengan jaringan GSM mana pun.

Ini bisa menghindari agar smartphone kita tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

3. Untuk mengetahui apakah smartphone terdaftar secara resmi atau ilegal

Adanya nomor IMEI juga bisa digunakan untuk mencegah masyarakat menggunakan smartphone black market yang biasanya diimpor secara ilegal. Per tahun 2020, semua smartphone dengan nomor IMEI yang tidak terdaftar, tidak akan mendapatkan sinyal dari semua provider di Indonesia.

Nah, untuk kamu yang masih belum tahu bagaimana cara cek IMEI yang mudah dan praktis, yuk ikuti cara-cara berikut. Jangan sampai smartphone yang kamu beli adalah smartphone ilegal dan tidak bisa mendapatkan sinyal provider yang ada di Indonesia ya!

Baca Juga:

Cara Cek IMEI dengan Mudah dan Praktis

Cek IMEI

1. Melalui phone dialer

Cara cek IMEI yang pertama ini merupakan salah satu cara yang paling simpel dan mudah. Kamu hanya perlu memasukkan kode *#06# pada menu phone dialer. Kemudian tekan tombol dial, setelah itu nomor IMEI kamu akan otomatis muncul dalam proses beberapa detik.

2. Melalui menu setting

Tidak hanya melalui phone dialer, kamu juga bisa pergi ke menu setting. Lalu cari menu about phone, biasanya menu ini terletak di bagian paling bawah halaman. Setelah itu, pilih Status dan cari bagian IMEI Information, kamu akan segera menemukan nomor IMEI smartphone kamu.

Selanjutnya, ketika kamu sudah berhasil menemukan nomor IMEI, kamu bisa segera membuka situs Kementrian Perindustrian (Kemenperin) untuk memastikan apakah nomor IMEI kamu terdaftar atau tidak.

Jika nomor IMEI mu terdaftar, kamu akan menemukan tulisan “IMEI terdaftar di database Kemenperin”. Nah, itu dia beberapa cara untuk  cek IMEI yang simpel dan mudah. Kamu bisa praktikkan secara mandiri. Pastikan nomor IMEI kamu terdaftar ya!

Check Also

Cara Menghapus Halaman Facebook

3 Cara Menghapus Halaman Facebook di PC dan HP

Facebook masih menjadi salah satu media sosial yang populer digunakan di seluruh dunia. Salah satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *