2 Cara Mudah Cek Saldo e Money di HP

Di zaman yang serba digital ini, kini segala pembayaran juga didominasi menggunakan digital atau cashless. Salah satu alat yang bisa digunakan untuk pembayaran secara digital adalah kartu e-money. Adanya kartu kecil ini memang memudahkan kita karena hanya membutuhkan sekali tap saja dan pembayaran langsung selesai.

Namun, beberapa dari kamu mungkin masih belum paham betul kalau sebenarnya e-money ini bisa digunakan untuk keperluan apa saja. Di artikel kali ini, kita akan membahas kegunaan dari e-money dan bagaimana cara cek saldo e money. Yuk, simak baik-baik ya!

Kegunaan E Money

E-Money

1. Mempercepat transaksi pembelian

Menggunakan e-money tentu saja akan terlihat lebih cepat dan praktis karena kamu tidak perlu lagi membawa uang banyak-banyak atau mungkin takut kekurangan uang. Yang terpenting, pastikan saja saldo di e-money kamu cukup ya.

Cara pembayarannya cukup simple, hanya sekali tap saja, maka pembayaran kamu selesai. Apabila saldo habis, kamu juga bisa melakukan top-up dengan mudah di gerai-gerai, melalui ATM, atau bahkan e-banking.

2. Tidak perlu repot-repot mencatat pengeluaran

Terkadang sehabis belanja kita harus mencatat pengeluaran secara mendetail, tetapi kamu tidak perlu melakukan hal itu lagi apabila kamu menggunakan e-money. Kenapa bisa begitu? Sebab sistem e-money akan mencatat setiap transaksi yang kamu lakukan secara akurat, mulai dari pengeluaran hingga pengisian saldo.

Nah, sebenarnya menggunakan e-money ini sangat bermanfaat, bukan? Namun sayangnya, terkadang kita lupa untuk melakukan cek saldo e money secara berkala. Ditambah, terkadang ketika sedang butuh untuk cek saldo, kita sulit untuk menemukan ATM.

Namun, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi karena cek saldo e money tidak harus selalu di ATM, lho! Kamu bisa melakukan cek saldo e money di hp kapan pun dan di mana pun. Penasaran bagaimana caranya? Ikuti cara berikut ya!

Baca Juga:

Cara Cek Saldo E Money di HP

cek saldo e money di hp

1. Menggunakan NFC

NFC atau Near Field Communication merupakan konektivitas yang dapat menyambungkan dua perangkat dengan cara mendekatkan kedua perangkat tersebut, atau gampangnya bisa disebut juga komunikasi medan dekat. Nah, fitur inilah yang memungkinkan kamu untuk cek saldo e money di hp.

Cara mengaktifkan NFC di hp juga mudah. Kamu hanya perlu pergi ke setting. Kemudian, pilih more setting. Setelah itu, kamu akan menemukan menu NFC. Lalu, aktifkan. Setelah memastikan NFC di hp aktif, kamu langsung bisa melakukan cek saldo. Berikut tutorial yang dapat kamu ikuti.

  1. Login pada aplikasi Mandiri Online yang ada di hp kamu
  2. Pilih menu e-money
  3. Pilih Lihat/Perbarui Saldo
  4. Kemudian tempelkan kartu e-money di belakang hp kamu
  5. Tunggu prosesnya, setelah itu akan muncul jumlah saldo e-money kamu. 

Mudah bukan? Tetapi sayangnya, beberapa hp belum memiliki fitur NFC ini. Biasanya hanya HP kelas mid-range dan flagship yang sudah menyediakan fitur NFC. HP yang menyediakan fitur NFC umumnya dapat dilihat di bagian belakangnya.

Jika belakang HP kamu terdapat huruf “N”, itu artinya HP kamu menyediakan fitur NFC. Pada beberapa seri HP, tulisan NFC juga akan muncul pada bagian tempat menyimpan baterai.

Bagi kamu yang HP-nya belum mendukung fitur NFC, kamu tidak perlu sedih karena selanjutnya kita akan bahas tutorial cek saldo e money tanpa menggunakan NFC.

2. Tanpa menggunakan NFC

Bagi kamu yang HP-nya belum mendukung fitur NFC, tenang saja, kamu masih bisa melakukan cek saldo e money di HP melalui internet banking, lho! Cara ceknya juga tidak kalah mudah meskipun tanpa NFC.

  1. Buka internet banking dengan akses halaman ibank.bankmandiri.co.id
  2. Login ke akun kamu. Lalu, pilih menu e-money atau uang elektronik
  3. Pilih Mandiri e-moneyKemudian, pilih informasi saldo
  4. Masukkan 16 digit nomor yang tertera di belakang kartu e-money kamu
  5. Informasi saldo kamu akan segera muncul di layar.

Nah, mudah bukan? Kamu tidak perlu repot-repot lagi ke ATM hanya untuk cek saldo. Hanya perlu beberapa klik melalui HP saja, kamu sudah bisa mendapatkan informasi tentang jumlah saldo kamu. Selamat mencoba!

Check Also

Cara bayar Shopee Paylater

Cara Bayar Shopee Paylater Terbaru 2022

Cara bayar Shopee Paylater sebenarnya sangat mudah. Karena kamu bisa membayarnya lewat media apapun, seperti ATM, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *