2 Cara Convert YouTube to MP3 Durasi Panjang Lewat Android

Meskipun sudah secara resmi menjadi situs penyedia streaming audio dan video di dunia. YouTube masih belum menyediakan fitur untuk download audio dengan format mp3. Tidak heran jika banyak orang yang mencari cara convert YouTube to MP3.

Ditengah belum adanya fitur dari YouTube untuk mengconvert audio berbentuk MP3 secara langsung namun mulai banyak bermunculan situs penyedia download mp3 dari file YouTube. Cara ini bisa bekerja untuk pengguna smartphone maupun perangkat desktop.

Cara Convert YouTube to MP3 Lewat Android

Pengakses internet saat ini sudah didominasi oleh para pengguna smartphone terutama untuk sistem operasi Android. Begitu juga dengan aplikasi converter YouTube ke MP3 yang bisa dengan mudah ditemukan melalui Play Store. Berikut beberapa aplikasi untuk mengkonversi YouTube ke MP3

1. Gunakan Aplikasi SnapTube

SnapTube pada dasarnya adalah sebuah aplikasi untuk download video dari YouTube. Namun ternyata aplikasi ini juga memiliki fitur menarik lain yaitu kemampuannya untuk mengkonversi video YouTube menjadi format MP3. Berikut tutorialnya :

  • Pastikan terlebih dahulu Anda sudah menginstall atau memiliki Aplikasi SnapTube. Jika belum download aplikasinya melalui link berikut ini.
  • Jika aplikasi sudah berhasil terinstall pada smartphone Anda, Klik Kolom Pencarian yang berada di atas. Ketikan udul lagu, video atau nama file dari YouTube yang hendak Anda download dan convert.
  • Setelah video atau audio sudah terbuka, perhatikan pada pojok kanan ada opsi untuk download lalu klik menu tersebut.

Setelah video atau audio sudah terbuka, perhatikan pada pojok kanan ada opsi untuk download lalu klik menu tersebut.

  • Snaptube akan memberikan list opsi bagi Anda mengenai format video atau audio yang akan di download. Pilih file MP3 atau MP4 untuk download file audio.

Snaptube akan memberikan list opsi bagi Anda mengenai format video

  • Kemudian pilih lokasi direktori penyimpanan pada memori smartphone Anda. Kemudian Klik Menu Download File.
  • File hasil download otomatis akan berada pada direktori yang sebelumnya telah Anda tetapkan sebelum mendownload.

2. Convert Tanpa Aplikasi

Cara yang kedua adalah tanpa menggunakan aplikasi namun harus menginput sebuah link video ke dalam sebuah website khusus untuk YouTube downloader. Website tersebut adalah FLVTO yang mampu mengkonversi sebuah tautan YouTube untuk dijadikan audio format mp3.

  • Buka terlebih dahulu file audio atau video yang akan Anda download.
  • Copy link url dari video tersebut. Kemudian buka situs https://www.flvto.biz pada browser pada smartphone atau perangkat desktop.
  • Paste link video YouTube yang telah Anda copy sebelumnya, kemudian Klik Opsi Convert untuk mulai mengubah file menjadi MP3.

Paste link video YouTube yang telah Anda copy sebelumnya, kemudian Klik Opsi Convert untuk mulai mengubah file menjadi MP3.

  • Anda kemudian akan diarahkan pada sebuah halaman converting ketika proses mengubah video YouTube Anda menjadi file MP3.
  • Langkah terakhir, Klik Tombol Download maka lagu yang sudah di convert tadi akan otomatis terunduh ke folder Anda.

Note : Situs ini bisa juga digunakan untuk mengkonversi file YouTube ke format .mp3 pada iPhone atau perangkat iOS yang lain.

Cara Convert YouTube ke Mp3 Durasi Panjang

YouTube saat ini tidak hanya menjadi platform streaming audio dan video saja akan tetapi juga kerap digunakan untuk podcast. Podcast tentu memiliki durasi yang panjang dan akan lebih praktis jika di convert ke format mp3 lalu didengarkan secara offline.

  • Salin atau Copy terlebih dahulu url link YouTube yang ingin di convert.
  • Buka browser Anda lalu ketikan alamat onlinevideoconverter.pro pada address bar.
  • Pastekan link pada sebuah kolom tepat di bawah tulisan Online Video Converter.

Pastekan link pada sebuah kolom tepat di bawah tulisan Online Video Converter.

  • Pilih format file pada kolom yang tepat berada di bawah. Anda bisa memilih untuk mengkonversi Link YouTube ke file .mp4 atau mp3.
  • Terakhir Klik Opsi Convert.

Cara convert YouTube to mp3 menjadi semakin mudah dan praktis karena hadirnya beberapa aplikasi beserta web khusus pengkonversi file. Beberapa situs bahkan mampu mengkonversi beberapa video YouTube durasi panjang ke file .mp3.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar