Cara Freeze Excel 1-2 Kolom dan Baris (Row) dengan Mudah

Freeze Excel sebenarnya jadi salah satu fitur yang jarang digunakan dalam pengolahan data sehari-hari. Tapi ternyata fitur ini memiliki banyak sekali manfaat. Cara freeze Excel juga cukup mudah sekali dilakukan. Bagi pemula bisa mencoba mempraktikkannya saat belajar menggunakan Excel.

Fitur freeze ini bisa digunakan pada semua versi aplikasi Microsoft Excel mulai dari tahun 2007 sampai aplikasi Excel yang versi online.

Cara Freeze Excel

Fitur freeze sendiri umumnya terlihat ketika ada kolom atau baris yang bisa dilihat tapi tidak bergerak ketika discroll. Freeze merupakan fitur untuk membekukan baris atau kolom sehingga tidak ikut bergerak dan tetap bisa digunakan sebagai acuan.

Dalam penggunaan Excel yang masih sederhana, fitur freeze ini memang cukup jarang digunakan. Tapi ketika sudah menghadapi data Excel yang sangat banyak, maka fitur freeze ini  akan sangat bermanfaat sekali. Sehingga tidak perlu lagi scroll data dari atas ke bawah untuk melihatnya lagi.

Karena kalau terus menggeser atau scroll, tentu bisa membuat semakin bingung atau efek yang lebih parah adalah menyebabkan pusing kepala. Untuk itu gunakan saja cara freeze Excel ini untuk memudahkan pengolahan data dalam jumlah besar.

Dalam penggunaan umum, fitur freeze ini bisa dilakukan dengan masuk ke menu “View” kemudian ke “Window” dan pilih “Freeze Panes”. Tapi ada beberapa cara yang lebih mendetail lagi. Berikut ini beberapa caranya:

1. Freeze Baris Pertama

  • Cara pertama untuk freeze baris pertama adalah pastikan dulu posisi dari baris pertama itu sudah tampak pada worksheet Excel.
  • Kemudian masuklah ke dalam menu “View”.
  • Lalu cari dan klik pada tulisan “Window” dan bisa pilih “Freeze Panes”.

Lalu cari dan klik pada tulisan Window dan bisa pilih Freeze Panes

  • Untuk memberikan baris pertama, pilih opsi “Freeze Top Row”.
  • Setelah itu cobalah untuk menggeser halaman Excel dan baris pertama tidak akan bergerak.

2. Freeze Kolom Pertama

Berbeda posisi data, maka cara freezenya juga tidak bisa disamakan. Contohnya seperti cara freeze Excel untuk kolom pertama ini. Berikut caranya:

  • Langkah pertama bisa pilih dulu kolom pertama yang akan dibuat membeku ketika discroll dan pastikan sudah ditampilkan di halaman worksheet.
  • Berikutnya masuklah ke dalam menu “Window”.
  • Carilah dan pilih pada tulisan “Freeze Panes”.
  • Proses pembekuan bisa dimulai dengan mengeklik “Freeze First Column”.

Proses pembekuan bisa dimulai dengan mengeklik Freeze First Column

Maksud kolom pertama dalam cara pembekuan ini adalah kolom yang posisinya ada di paling kiri dari halaman Excel. Jadi yang dimaksud kolom pertama bukan kolom A, tapi yang paling kiri. Jika posisi paling kiri adalah kolom D, maka kolom itu yang akan membeku.

3. Freeze Lebih Dari Satu Baris

Freeze lebih dari satu baris artinya pembekuan berlaku untuk beberapa baris Excel. Ini adalah cara lain dari freeze baris pertama tadi. Untuk lebih jelasnya, ini caranya:

  • Pertama bisa memilih baris yang lokasinya di bawah baris yang akan dibekukan. Misalkan akan membekukan baris dari 1 sampai 4. Maka bisa memilih atau tandai saja pada baris yang ke 5.
  • Setelah selesai, bisa mulai mengeklik menu dengan tulisan “View”.
  • Berikutnya masuklah ke dalam opsi “Freeze Panes” dan kemudian pilih “Freeze Panes”.

Berikutnya masuklah ke dalam opsi Freeze Panes dan kemudian pilih Freeze Panes

  • Kalau sudah, kembali ke halaman utama dan cobalah scroll halaman Excel.

4. Freeze Lebih Dari Satu Kolom

Ini juga jadi cara pembekuan kolom tingkat lanjut dari cara sebelumnya. Dengan menggunakan freeze lebih dari satu kolom, maka bisa menahan atau membekukan beberapa kolom sekaligus. Sehingga memudahkan pengolahan data. Ini cara menggunakannya:

  • Lakukan dulu penyeleksian pada kolom yang ada di sebelah kanan kolom target pembekuan. Contohnya kalau mau freeze kolom A sampai C, bisa menandai kolom D.
  • Jika penyeleksian sudah dilakukan, klik saja pada menu “View” lalu menuju ke bagian “Window”.
  • Pilih opsi bertuliskan “Freeze Panes” untuk memulai pembekuan kolom dan klik lagi tulisan “Freeze Panes” yang muncul berikutnya.

Pilih opsi bertuliskan Freeze Panes untuk memulai pembekuan

  • Setelah itu maka kolom A sampai C tidak akan bergerak.

5. Freeze Kolom dan Baris Bersamaan

  • Lakukan seleksi pada sel yang ada di bawah baris target dan di sebelah kanan kolom target pembekuan. Misalnya akan melakukan freeze pada baris 3 kolom C, maka seleksi bisa dilakukan pada D5.
  • Berikutnya cari dan klik pada menu dengan tulisan “View”.
  • Setelah itu cari lagi di dalamnya tulisan “Window” dan klik “Freeze Panes”.

Setelah itu cari lagi di dalamnya tulisan Window dan klik Freeze Panes

  • Kemudian pembekuan bisa dilakukan dengan klik tulisan “Freeze Panes”.

6. Membatalkan Freeze

Membatalkan Freeze

Ketika proses pengolahan data selesai, tentu ingin membatalkan freeze yang sudah dilakukan tadi atau unfreeze. Caranya juga cukup mudah sekali yaitu masuklah ke dalam menu “View” seperti sebelumnya. Lalu cari dan klik “Window” dan pilih “Freeze Panes”.

Pembatalan freeze bisa dimulai dengan mengeklik “Unfreeze Panes”. Menu ini hanya akan muncul ketika ada kolom atau baris yang difreeze. Sehingga kalau tidak ada, maka tidak bisa menemukan tulisan Unfreeze.

Kalau sebelumnya belum tahu cara freeze Excel ini, sekarang cobalah menggunakannya. Tentu fitur ini akan sangat memudahkan sekali pengolahan data yang jumlahnya banyak. Selain itu juga untuk menghindari kebingungan karena terlalu sering scroll worksheet.

 

Tinggalkan komentar