Cara Logout Gmail di HP Android dan iPhone

Jika kita amati secara seksama, cara logout Gmail di HP, baik itu Samsung, Xiaomi, hingga iPhone sekalipun caranya hampir sama. Perbedaannya hanya terletak pada posisi menu dan juga ikon-ikon atau tampilan pengaturannya saja.

Jika Anda sedang bingung mencari cara logout Gmail di HP Oppo dan merk lainnya, silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Cara Logout Gmail di Perangkat Lain Melalui iPhone

Perlu kami jelaskan di awal, trik ini hanya untuk mengeluarkan akun email atau surel Gmail pada perangkat lain melalui iPhone. Berikut cara-caranya.

1. Download Aplikasi

Selain di HP Android, ternyata aplikasi Gmail juga bisa Anda unduh melalui iPhone. Itulah kenapa Anda bisa menggunakan iPhone untuk mengeluarkan akun surel di perangkat lain. Pertama-tama, silahkan Anda download dan pasang terlebih dahulu aplikasinya.

2. Akses Menu Profil

Untuk masuk ke dalam menu profil, silahkan Anda klik ikon foto profil pada aplikasi Gmail. Selanjutnya ketuk pada pilihan “Kelola Akun Google Anda”. Setelah itu maka akan muncul ragam pilihan pengaturan.

Slide layar HP Anda hingga ke bagian bawah untuk mengakses pengaturan perangkat. Kemudian Anda masuk pada pengaturan “Perangkat Anda” lalu pilih lagi “Kelola Perangkat”.

3. Pilih Opsi Logout

Informasi selanjutnya yang akan tampil pada layar yaitu daftar device lain yang sudah Anda gunakan untuk login Gmail. Silahkan Anda pilih jenis perangkat atau device yang ingin Anda keluarkan surelnya.

Ketuk pada device yang Anda inginkan, setelah itu pilih opsi “Logout”. Tunggu beberapa saat hingga surel Anda keluar dari device tersebut.

Cara Mengeluarkan Gmail dari HP Android

Berbeda dari sebelumnya, cara logout email di HP Android tergolong lebih mudah dan tidak ribet. Silahkan Anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka Aplikasi

Khusus untuk handphone Android, biasanya aplikasi Gmail sudah langsung tersedia. Jadi Anda tinggal langsung mengaksesnya saja. Langkah ini juga bisa Anda gunakan sebagai cara logout Gmail di HP Vivo dan merek lainnya.

2. Masuk ke Menu Profil

Sama seperti trik sebelumnya, untuk mengeluarkan surel di Android juga harus melalui foto profil. Silahkan Anda ketuk di bagian foto profil pada aplikasi. Lanjutkan masuk ke opsi “Kelola Akun Google Anda di Perangkat Ini”.

Aplikasi kemudian akan menampilkan sejumlah akun surel yang terkait pada HP milik Anda. Jika lebih dari satu, silahkan Anda pilih salah satu yang ingin Anda keluarkan.

3. Masuk ke Pengaturan

Untuk mengeluarkan akun surel Gmail, Anda harus masuk terlebih dahulu ke menu pengaturan. Setelah itu silahkan Anda pilih opsi “Keamanan”. Selanjutnya silahkan Anda pilih device atau perangkat yang terdapat pada opsi tersebut.

4. Keluarkan Akun

Pada tahap selanjutnya, silahkan Anda tekan ikon titik tiga yang bisa Anda lihat pada masing-masing opsi perangkat. Pilih salah satu perangkat yang ingin Anda logout dengan cara mengetuk atau menekan ikon titik tiga tersebut.

Tekan lagi opsi logout setelah menekan ikon tersebut. Setelah itu tunggu proses mengeluarkan akun hingga selesai. Sesudah berhasil, maka proses logout pun selesai.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas bisa kita simpulkan bahwa mengeluarkan akun Gmail bisa Anda lakukan dengan dua metode. Pertama Anda bisa mengeluarkannya dari perangkat lain dan kedua bisa Anda lakukan pada perangkat dimana akun tersebut terkait.

Silahkan pilih metode mana yang sesuai dengan kenyamanan Anda masing-masing. Tutorial di atas akan membantu Anda untuk mengeluarkannya secara mudah.

Itulah dua cara logout Gmail di HP menggunakan iPhone maupun HP Android. Semoga bermanfaat khususnya untuk Anda yang sedang mencari-cari cara untuk mengeluarkannya.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.