Cara Masuk Safe Mode Windows 10 Secara Cepat dan Mudah

Windows 10 merupakan OS terbaru yang diluncurkan oleh Microsoft. Banyak sekali fitur baru dan fitur lama yang dikembangkan menjadi lebih baik. Sebut saja salah satunya fitur safe mode. Cara masuk safe mode Windows 10 pun sudah semakin mudah.

Dibandingkan dengan cara masuk safe mode Windows 7, untuk versi terbaru ini memiliki beberapa trik yang bisa dicoba. Kali ini kami akan coba membahasnya satu per satu caranya kepada Anda. Bagi yang penasaran, silahkan simak artikel ini hingga selesai.  

Fungsi Safe Mode

Secanggih apapun sebuah aplikasi, error maupun bugs merupakan permasalahan yang selalu ada. Kendati demikian, pihak pengembang biasanya sudah menyiapkan solusinya. Salah satunya yaitu safe mode dari Windows.

Fitur ini berfungsi sebagai troubleshooting. Bisa digunakan untuk menghapus virus, menghapus malware, restore system, hingga permasalahan-permasalahan seputar driver.

Safe mode juga dapat memperbaiki layar yang berhenti di startup, tidak bisa mengakses desktop, dan sebagainya.

Cara Membuka Safe Mode

Ada beberapa cara mudah untuk membukanya. Berikut kami kami jelaskan beberapa cara yang sering digunakan.

1. Memanfaatkan Tombol F4

Cara pertama ini adalah yang paling mudah. Namun Anda harus melakukan beberapa optimasi terlebih dahulu agar bisa berfungsi. Cara optimasinya pun bisa diproses dengan cepat.

Untuk membukanya, pertama-tama Anda harus mengakses advance startup terlebih dahulu. Kemudian Anda pilih “Start Setting”. Lalu silahkan masuk ke safe mode. Terakhir Anda restart komputer atau laptop.

Jika berhasil, maka Anda sudah bisa menggunakan tombol F4. Silahkan tekan tombol tersebut pada saat booting sistem. Cara masuk safe mode Windows 10 saat booting ini mudah dan praktis.

2. Melalui System Configuration

Bagi yang kesulitan membuka System Configuration, Anda bisa langsung mencarinya di fitur pencarian Windows. Langsung saja ketikan nama fitur tersebut, maka akan langsung muncul.

Setelah itu, silahkan Anda pilih menu boot. Silahkan perhatikan pada gambar di bawah. Ada beberapa opsi yang ada di bagian bawah. Jika ingin masuk ke opsi safe mode standar, silahkan pilih saja opsi “Minimal”.

Cara Masuk Safe Mode Windows 10 melalui System Configuration

Silahkan pilih salah satunya, lalu klik ”Apply”. Matikan komputer terlebih dahulu, kemudian Anda nyalakan kembali. Setelah itu, safe mode bisa Anda akses dengan mudah. Jangan lupa juga untuk memilih opsi di atas sesuai dengan kebutuhan.

3. Mengaktifkan Tombol F8

Selain F4, tombol F8 pun bisa Anda gunakan untuk membukanya. Bahkan fitur ini juga sudah ada pada versi sebelumnya. Namun, di OS terbaru ini Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

Untuk mengaktifkannya, silahkan buka “Command Prompt”. Ketik bcdedit /set {default} bootmenupolicy legacy, lalu enter.

Silahkan matikan kemudian nyalakan kembali perangkat. Pada saat komputer mulai menyala, langsung tekan F8. Jika berhasil, Anda akan diarahkan langsung pada fitur safe mode. Pastikan Anda menekannya pada saat proses booting.

Namun, cara ini mungkin akan membuat proses startup komputer menjadi sedikit lambat. Pasalnya, fitur F8 pada proses booting ini sengaja dimatikan oleh pihak Microsoft. Tujuannya yaitu untuk mempercepat proses startup komputer.

Jadi, bagi yang ingin mengaktifkan F8, pastikan Anda mengetahui konsekuensinya. Jika tidak ada masalah dengan sistem startup yang sedikit melambat, Anda boleh menggunakan cara ini.

Baca juga:

Kesimpulan

Hadirnya safe mode merupakan solusi beberapa permasalahan error dan bugs. Dengan beberapa cara di atas, pengguna bisa membukanya dengan mudah dan cepat. Dengan fitur ini, pengguna bisa menghemat biaya reparasi saat terjadi beberapa permasalahan.

Cara masuk safe mode Windows 10 di atas sangat mudah diaplikasikan oleh siapa saja. Silahkan Anda pilih sesuai kenyamanan masing-masing. Ikuti juga langkah-langkahnya secara detail. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar