Mudah! Ini 2 Cara Melihat Password WiFi di Windows 10

Untuk Anda pengguna Windows 10, ada cara mudah untuk mengetahui password wifi yang pernah terhubung ke laptop. Kami akan membagikan dua cara melihat password wifi di windows 10. Anda bisa pilih cara mana yang menurutmu paling mudah.

Seperti yang kita ketahui bersama, beda Windows, beda pula tutorialnya. Namun, untuk cara melihat password wifi di PC yang dijelaskan berikut, Anda juga bisa mengaplikasikannya untuk Windows 8 dan Windows 7 juga lho.

Syaratnya hanya satu, yaitu password wifi yang ingin dilihat adalah yang pernah terhubung ke laptop.

Ya, kami tidak membahas bagaimana cara membobol wifi tetangga. Dalam tutorial ini, kami akan membantu Anda yang lupa password. Langsung saja simak pembahasan berikut.

Melalui Pengaturan Network & Internet

Cara pertama bisa dicoba oleh siapa saja karena sangat mudah. Anda bisa memanfaatkan menu Network and Internet untuk melihat password wifi yang terhubung. Caranya adalah sebagai berikut.

1. Masuk ke Pengaturan Network & Internet

Untuk masuk ke pengaturan tersebut, cara paling gampang adalah klik kanan ikon wifi di pojok kanan bawah, lalu klik “Open Network & Internet Setting”.

Open Network & Internet Setting, Cara Melihat Password WiFi di Windows 10

Anda juga bisa masuk ke pengaturan Network & Internet melalui fitur search di Windows 10 atau bisa juga dengan klik ikon Windows à klik ikon pengaturan à pilih Network & Internet Setting.

Halaman yang akan muncul berikutnya adalah sebagai berikut:

Halaman yang akan muncul Untuk mengetahui Cara Melihat Password WiFi di Windows 10

2. Klik Wifi, kemudian pada sisi kanan klik Network and Sharing Center

klik Network and Sharing Center

3. Pada halaman berikutnya, klik nama Wifi yang saat ini sedang Anda gunakan

klik nama Wifi yang saat ini sedang Anda gunakan

4. Setelah itu, klik Wireless Properties

klik Wireless Properties

5. Klik bagian “Security”, lalu centang kotak “Show Character”, password pun akan segera muncul

centang kotak Show Character

Anda akan langsung bisa melihat password WiFi yang saat ini terhubung. Selanjutnya, silakan bagikan password tersebut ke teman-teman Anda.

Ini adalah cara termudah untuk mengetahui kata sandi dari WiFi yang saat ini sedang terhubung.

Jika Anda butuh cara melihat password WiFi di komputer yang pernah terhubung, masih ada cara kedua yang bisa kamu coba, yakni menggunakan CMD.

Cara kedua ini bisa digunakan untuk melihat semua password wifi yang pernah terhubung dengan komputer. Simak tutorial lengkapnya!

Baca juga :

Melalui CMD

CMD atau Command Prompt bisa digunakan untuk mengakses banyak hal di Windows, termasuk mengecek kata sandi wifi yang saat ini sedang terhubung atau yang pernah terhubung.

Bagaimana tutorialnya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

  • Masuk ke menu CMD dengan mencarinya di fitur search

Cara Melihat Password WiFi di Windows 10 melalui menu CMD

  • Setelah masuk ke menu Command Prompt, ketikkan netsh wlan show profiles, kemudian klik Enter

ketikkan netsh wlan show profiles

  • Anda akan melihat daftar Wifi yang pernah terhubung dengan komputer

Anda akan melihat daftar Wifi yang pernah terhubung dengan komputer

  • Anda bisa melihat password dari semua daftar di atas dengan memasukkan perintah netsh wlan show profile name=”nama wifi” key=clear, klik Enter.

netsh wlan show profile name

Jika perintah yang Anda masukkan benar, maka akan muncul detail informasi wifi tersebut. Bagian password bisa dilihat di Key Content.

Bagian password bisa dilihat di Key Content

Keuntungan dari cara melihat password wifi di laptop CMD adalah Anda tidak hanya bisa melihat password wifi yang saat ini terhubung, tetapi juga password wifi yang dulu pernah terhubung.

Dengan begitu, Anda tak perlu pusing ketika ingin terhubung ke wifi tertentu ketika lupa password. Anda hanya perlu menghafalkan perintah-perintah yang dijelaskan di atas.

Cukup mudah bukan cara melihat password wifi di Windows 10? Agar Anda bisa melihat lebih banyak password yang pernah terhubung, kami sarankan untuk memakai cara yang kedua. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar