Cara Melihat Sandi Email atau Password yang Lupa

Ingin login email atau surel (surat elektronik) di perangkat lain atau di perangkat yang sama tapi lupa password? Sudah mencoba berbagai cara melihat sandi email tapi belum juga berhasil? Jangan khawatir, kami akan coba membantu Anda.

Pada dasarnya, cara melihat sandi Gmail tergolong mudah. Anda juga bisa melihatnya dari beberapa jenis perangkat baik itu HP maupun laptop. Berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Melihat Password Gmail di Komputer

Cara Melihat Password Gmail di Komputer

Trik pertama ini merupakan tutorial yang tergolong mudah. Karena melalui komputer, Anda bisa mengeceknya secara cepat terutama jika jaringan internet sedang bagus. Berikut penjelasannya.

  • Buka aplikasi browser Google Chrome di laptop maupun PC (Personal Computer).
  • Pastikan surel Anda sudah terkait pada aplikasi browser tersebut atau sedang dalam keadaan login.
  • Arahkan kursor mouse pada ikon titik tiga yang letaknya ada di pojok kanan atas aplikasi browser.
  • Klik menu “Pengaturan” atau “Setting
  • Tahap selanjutnya, pilih opsi “Autofill” yang letaknya berada di pojok kiri atas.
  • Setelah itu akan muncul sejumlah akun platform lengkap dengan kata sandinya. Silahkan Anda cari platform Gmail.
  • Silahkan Anda pilih salah satu. Kemudian tekan ikon mata yang ada pada sisi kanannya maka password tersebutakan muncul.

Sebagai catatan tambahan, cara ini hanya akan berhasil jika sebelumnya Anda menyimpan password pada browser. Jika Anda tidak menyimpannya, kemungkinan password tidak akan muncul.

Maka dari itu, selalu save kata sandi agar tersimpan di browser dan suatu waktu bisa Anda lihat kembali jika lupa. Jika sudah Anda save, Anda tinggal mengikuti cara melihat sandi yang tersimpan yang sudah kami jelaskan di atas.

Cara Melihat Password Gmail di HP

Cara Melihat Password Gmail di HP

Berbeda dengan tutorial sebelumnya, cara melihat sandi akun Google melalui HP tergolong lebih mudah. Pasalnya Anda bisa melakukan trik ini di mana saja. Akan tetapi prosesnya masih tetap sama yaitu melalui Google Chrome.

Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda simak penjelasan berikut ini.

  • Buka aplikasi Google Chrome di smartphone Android Anda. Umumnya pabrikan handphone sudah menyediakan aplikasi ini di HP Android.
  • Cari ikon titik tiga pada aplikasi lalu pilih menu tersebut dengan cara mengetuknya untuk masuk ke pengaturan.
  • Arahkan ke bagian bawah untuk memilih opsi “Sandi”.
  • Pilih surel yang Anda inginkan .
  • Setelah muncul menu edit password, kemudian ketuk lagi pada ikon mata untuk melihat password yang sudah tersimpan.
  • Untuk melihat kata kunci, biasanya Anda juga harus menggunakan sidik jari atau PIN.

Melihat Password  Gmail Melalui Verifikasi Nomor Handphone

Jika trik sebelumnya masih belum manjur, kami sarankan untuk melakukan verifikasi melalui nomor handphone. Karena biasanya, pembuatan Gmail saat ini harus menyertakan nomor ponsel yang aktif.

Sedangkan untuk cara-caranya sendiri sangatlah mudah. Pertama-tama silahkan Anda masuk ke halaman atau aplikasi Gmail baik melalui HP maupun laptop. Isi form surel dengan akun yang ingin Anda ketahui kata sandinya.

Pada halaman selanjutnya akan tampil form untuk mengisi password. Namun jangan Anda isi dulu. Silahkan pilih saja opsi “Lupa Kata Sandi” yang ada pada bagian bawah kolom pengisian password  kemudian pilih opsi pertanyaan lain.

Selanjutnya silahkan Anda masukkan nomor ponsel yang terkait pada akun surel. Setelah itu, platform akan mengirim Anda kode verifikasi melalui SMS. Silahkan Anda masukkan kode yang Anda terima dari Google.

Masuk akun surel Anda menggunakan kode tadi. Setelah itu Anda bisa mengubah password  lama dengan yang baru. Informasi cara melihat sandi email di atas sedikit banyaknya akan membantu Anda yang lupa mengingatnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.