Cara Membuat Grafik Di Excel dengan Banyak Data (Sumbu X dan Y)

Pengolahan data di dalam Excel memang bisa dilakukan lebih mudah dan cepat. Bahkan ternyata bisa juga membuat laporan data dalam bentuk grafik yang jadi lebih mudah dipahami. Apalagi cara membuat grafik di Excel itu bisa dilakukan dengan mudah kalau sudah memahaminya.

Grafik memang akan membantu proses penyampaian data jadi lebih nyaman dan gampang dimengerti. Berbeda jika masih dalam bentuk sel-sel di dalam Excel, dimana orang-orang tentu tidak akan bisa langsung paham maksud dan tujuan isi dari sel tersebut.

Tahapan Cara Membuat Grafik Di Excel

Grafik merupakan salah satu bentuk penyampaian data dengan memberikan gambaran dalam wujud yang lebih mudah dipahami. Di dalam grafik itu isinya bisa gabungan atas beberapa data campuran sepeti angka, lambang, huruf, gambar dan lain-lain.

Sehingga semuanya menjadi lebih ringkas dan simpel ketika sudah dimasukkan atau dijadikan grafik. Fungsinya sendiri adalah memberikan penggambaran data dalam tampilan yang jauh lebih sederhana tapi tetap sangat detail sekali.

Umumnya di dalam aplikasi Microsoft Excel ada beberapa grafik yang tersedia dan bisa dipakai. Nama-nama grafik itu adalah Column Chart, Line Chart, Pie Chart, Bar Chart, Area Chart dan masih banyak lagi. Setiap jenis grafik itu memiliki penampilan yang berbeda-beda.

Dengan menggunakan grafik, memang data bisa ditampilkan jadi lebih simpel dan juga jelas tanpa mengurangi esensi data. Oleh karena itu, proses pembuatannya juga harus dilakukan dengan sangat baik dan teliti.

Agar tampilan grafik yang diberikan bisa nyaman dipandang, rapi dan mampu memuat semua informasi penting. Berikut ini beberapa tahapan cara membuat grafik di dalam Excel:

1. Menyiapkan Tabel Data

Menyiapkan Tabel Data

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan semua data yang sudah ada di dalam tabel. Usahakan juga data-data itu sudah dikelompokkan dengan sangat rapi sesuai kriterianya. Biasanya kelompok di dalam tabel akan ditampilkan pada axis horizontal.

Lalu data yang isinya nilai akan masuk ke axis vertikal.

2. Memblok Semua Data

Tahapan berikutnya untuk cara membuat grafik di Excel adalah melakukan blok pada semua data. Pastikan semua sel yang ingin dibuat grafik sudah diblok. Karena jika sampai ada yang terlewat, tentu bisa menyebabkan grafik tidak akurat.

3. Masuk Menu Insert

Masuk Menu Insert

Lalu jika sudah memblok semua data, klik saja pada menu “Insert” yang ada pada sisi atas layar. Setelah itu baru akan terlihat banyak sekali menu grafik yang bisa digunakan. Tinggal pilih saja jenis grafik yang akan digunakan, bisa Column atau Pie dan lain-lain.

Bisa juga menggunakan rekomendasi model grafik yang diberikan oleh Excel. Sampai tahapan ini, proses pembuatan grafik sebenarnya sudah selesai. Tapi kalau ingin membuat tampilan yang lebih maksimal, bisa mengikuti proses selanjutnya.

4. Ubah Judul Axis

Judul axis memiliki fungsi untuk bisa membuat informasi yang ada di dalam grafik jadi lebih jelas. sehingga tidak menimbulkan salah tafsir. Caranya:

  • Klik pada bagian sembarang dari grafik yang sudah muncul. Pastikan ketika diklik akan muncul menu “Chart Tools”.
  • Setelah itu pada Chart Tools itu, pilih dan klik pada opsi “Design”.
  • Kemudian klik juga pilihan “Select Data”.

Kemudian klik juga pilihan Select Data

  • Klik pada tulisan “Edit” yang lokasinya ada pada bagian horizontal axis label.
  • Geser saja pada semua kategori data untuk masuk ke axis horizontal dan terakhir klik “OK”.

5. Judul Grafik

Proses pemberian nama judul pada grafik bisa dilakukan dengan mengeklik pada tulisan “Chart Title” jika memang sudah tersedia. Ada juga grafik yang tidak ada Chart Title. Sehingga harus menambahkan judul secara manual.

  • Pertama klik grafik sampai ada “Chart Tools”.
  • Lalu klik pada tulisan menu “Design”.
  • Langkah setelah itu klik “Add Chart Element” yang ada di bagian menu layout.

Langkah setelah itu klik Add Chart Element yang ada di bagian menu layout.

  • Kemudian bisa klik “Chart Title”.
  • Untuk menambahkan judul di bagian atas bisa memilih “Above Chart”. Kemudian pilih “Centered Overlay” jika ingin di tengah.
  • Klik Chart Title yang muncul dan lakukan perubahan pada nama judulnya.

6. Judul Axis Vertikal dan Horizontal Grafik Batang

  • Pertama munculkan “Chart Tools” seperti cara sebelumnya.
  • Setelah itu klik pada opsi “Layout”.
  • Kemudian klik menu yang ada tulisannya “Axis Title”.

Kemudian klik menu yang ada tulisannya Axis Title

  • Berikutnya klik “Primary Horizontal” untuk menambah judul axis horizontal, dan “Primary Vertikal” untuk axis yang vertikal.
  • Lalu muncul “Axis Title” dan ubah saja judulnya sesuai selera.

7. Judul Kategori Grafik Pie (Lingkaran)

  • Klik pada grafik agar muncul menu “Chart Tools”.
  • Berikutnya pilih “Layout”.
  • Langkah setelah itu klik “Data Labels”.

Langkah setelah itu klik Data Labels

  • Setelah itu cari dan pilih saja judul kelompok sesuai selera.
  • Lalu Excel akan menampilkan judul pada grafik Pie dan ubah sesuka hati.

Keberadaan grafik dalam penyajian data jadi sesuatu yang sangat bermanfaat sekali. Dengan beberapa cara membuat grafik di Excel di atas, sekarang jadi bisa menyajikan data dengan maksimal dan mudah dipahami.

Tinggalkan komentar