3 Cara Membuat Tabel di Excel Bagi Pemula dengan Rumus

Penyajian data yang sudah diolah memang lebih mudah dalam bentuk tabel. Karena semua data bisa ditampilkan lebih rapi dan juga jelas. Cara membuat tabel di Excel juga cukup mudah sekali dan tidak memerlukan keahlian dan proses belajar yang lama.

Setiap orang tentu bisa membuat tabel dengan cepat walaupun masih pemula dalam pengoperasian Microsoft Excel. Jadi jangan ragu untuk belajar membuat tabel sebab memang mudah sekali.

Pengertian Tabel Di Excel

Pengertian Tabel Di Excel

Tabel merupakan daftar yang sengaja dibuat dengan tujuan untuk menampilkan data secara ringkas. Di dalam tabel itu ada berbagai jenis informasi seperti dalam bentuk teks maupun angka. Semuanya akan disusun dalam baris dan kolom tertentu sehingga jadi lebih rapi dan mudah dipahami.

Apalagi ketika sedang mengelola data di dalam Microsoft Excel, keberadaan menu tabel ini sangat penting sekali. Jumlah data di Excel yang dikelola memang sangat banyak sekali. Jadi tabel akan mempermudah proses review data yang sudah dikelola tersebut.

Bagi orang yang belum begitu paham dengan Microsoft Excel, mungkin sudah menganggap bahwa data di dalam sel Excel itu termasuk tabel. Sehingga tinggal ditambahkan border dan tabel sudah berhasil dibuat.

Padahal di dalam Excel ada format tabel khusus yang akan membantu memudahkan proses review hasil pengolahan data. Proses pembuatan tabel di dalam aplikasi Microsoft Excel sebenarnya cukup mudah sekali.

Hampir setiap versi Microsoft Excel mulai dari 2003 sampai yang terbaru, memiliki cara yang sama. Sehingga cara membuat tabel di Excel di bawah ini bisa diterapkan pada semua versi Excel.

Cara Membuat Tabel Di Excel

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menambahkan tabel di dalam Excel. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan menu “Table Tools” dan kedua menggunakan “Format as Table”. Berikut cara lebih jelasnya:

1. Table Tools atau Insert Table

  • Langkah pertama siapkan dulu semua data yang ingin dimasukkan ke dalam tabel.
  • Setelah itu, lakukan penyeleksian pada rentang data yang akan dimasukkan ke dalam tabel.
  • Kemudian bisa mengeklik tombol yang ada tulisannya “Insert” di sisi atas halaman.
  • Lalu klik pada menu yang bertuliskan “Table” dan klik juga setelahnya yaitu “Group Tables”.

Lalu klik pada menu yang bertuliskan Table dan klik juga setelahnya yaitu Group Tables

  • Bisa juga dengan menggunakan alternatif atau shortcut yaitu “CTRL” + “T” dan bisa juga “CTRL” + “L”.
  • Ketika sudah berada di halaman pembuatan tabel, pilih saja opsi yang bertuliskan “Create Table”.
  • Berikutnya maka akan muncul gambaran tabel beserta dengan data yang sudah diseleksi tadi. Cek kembali apakah isian data di dalam tabel itu sudah benar atau belum.
  • Kemudian saat range data itu ingin ditambahkan judul, bisa memberikan tanda centang pada tulisan “My Table Has Headers”. Jika tidak diatur seperti ini, maka tulisannya otomatis Coloumn1, Coloumn2, Coloumn3, dst.

Kemudian saat range data itu ingin ditambahkan judul, bisa memberikan tanda centang pada tulisan My Table Has Headers

  • Ketika semuanya sudah selesai, bisa menekan tombol “OK” lalu “Selesai”. Proses pembuatan tabel selesai dan sudah dimunculkan pada halaman Excel.

2. Format as Table

  • Cara pertama bisa mulai melakukan pemilihan pada data yang akan ditambahkan ke dalam tabel.
  • Setelah semua data sudah dipilih, bisa menekan tombol tab “Home” yang ada di sisi atas.
  • Kemudian pada kelompok “Group Style”, carilah menu yang ada tulisannya “Format as Table”.

Kemudian pada kelompok Group Style carilah menu yang ada tulisannya Format as Table

  • Berikutnya pilih saja beberapa desain tabel yang tersedia sesuai dengan selera.
  • Lalu akan muncul kotak baru bernama Create as Table. Lakukan beberapa penyesuaian seperti mengecek lagi data yang akan dimasukkan.
  • Selanjutnya kalau ingin memberikan judul pada tabel,, bisa memberikan centang pada “My Table Has Headers”.
  • Langkah terakhir bisa menekan tombol “OK” lalu “Selesai”.

3. Hapus Tabel

Hapus Tabel

Pada keadaan tertentu, biasanya ingin menghapus tabel yang sudah dibuat tersebut karena alasan khusus. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan kalau ingin menghapus tabel.

Jika ingin menghapus bersama dengan isinya, bisa dengan memblok semua tabel dan tekan tombol “Delete”. Kemudian kalau ingin menghapus isi tabel saja, tapi bentuk tabelnya tetap bisa dengan menyeleksi baris atau row kecuali untuk header dan tekan juga “Delete”.

Tabel akan membuat penyajian data di dalam Excel jadi lebih rapi dan tidak membuat bingung. Apalagi cara membuat tabel di Excelternyata juga sangat mudah sekali. Sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa harus kebingungan.

Tinggalkan komentar