Cara Mengaktifkan Shopee PayLater Terbaru Pembeli dan Seller

Shopee PayLater atau SPayLater merupakan fitur dari Shopee yang membuat pembeli bisa kredit atau bayar nanti. Untuk mereka yang masih menunggu gajian tapi sudah butuh banget barangnya, fitur ini amat membantu. Sayangnya, kamu nggak bisa langsung pakai, harus tahu cara mengaktifkan Shopee PayLater dulu. 

Apabila SPayLater sudah aktif baru bisa memanfaatkan fitur ini sesuai aturan yang berlaku. Sekarang, bagaimana cara mengaktifkannya dan apa syarat Shopee PayLater?

Langkah-langkah Mengaktifkan SPayLater untuk Pembeli

Mengaktifkan SPayLater untuk Pembeli

Mengaktifkan SPayLater cepat dan enggak ribet, sekitar 5 menit mungkin kamu sudah selesai mengajukan pengajuan. Hanya saja, sebelum mengaktifkan Shopee Paylayer bayar nanti, ada syarat yang harus kamu penuhi, yaitu :

  • Syarat SPayLater
  • Kartu Tanda Penduduk
  • Usia akun telah lebih dari 3 bulan
  • Akun telah berhasil terverifikasi
  • Aktif bertransaksi

Kalau syarat di atas sudah kamu penuhi, berarti bisa mengaktifkan SPayLater, caranya :

  1. Buka Shopee Apps di ponsel -> Pencet SPayLater
  2. Tekan “Aktifkan Sekarang” dan tunggu kode OTP yang akan dikirim ke nomor yang terdaftar di Shopee
  3. Ketik kode OTP kalau nggak terdeteksi otomatis
  4. Selanjutnya, upload foto E-KTP (pastikan cahaya bagus biar foto jelas)
  5. Ketik Nama dan NIK -> “Konfirmasi” -> Lengkapi data -> “Konfirmasi”
  6. Verifikasi wajah dengan mengepaskan muka ke frame yang tersedia di Shopee (pastikan muka nggak tertutup apapun dan terlihat jelas)
  7. Selesai

Apabila kamu berhasil, maka akan muncul jumlah berapa limit Shopee PayLater yang bisa kamu pakai. Limit tersebut murni kebijakan Shopee dan kamu enggak bisa meminta berapa limit yang diinginkan. Meskipun begitu, limit akan bertambah seiring pemakaian, jadi tidak selamanya limit kamu kecil. 

Sesaat setelah pengajuan pengaktifan, SPayLater ini nggak bisa langsung kamu pakai. Tunggu proses verifikasi selesai dulu yang biasanya maksimal 2 X 24 Jam, baru bisa kamu pakai untuk pembelian.

Shopee PayLater Tidak Muncul?

Shopee PayLater yang Tidak Muncul

SPayLater adalah murni kebijakan Shopee, jadi sewaktu-waktu mereka bisa menonaktifkannya. Apabila hal ini terjadi jangan panik, atau jika opsi SPayLater nggak muncul juga jangan ambil pusing. Cara mengaktifkan Shopee Paylater yang tidak muncul atau dinonaktifkan gampang.

Untuk memunculkan SPayLater yang tidak muncul kamu bisa hapus dan unduh ulang Shopee versi terbaru. Jika cara ini gagal, kamu bisa minta bantuan customer service Shopee, caranya :

  1. Buka Shopee -> Pencet “Saya”
  2. Langsung lihat bagian bawah pilih “Chat with Live Agent”
  3. Setelah itu kamu katakan masalah SPayLater milikmu dan minta bantuan memunculkannya. 

Sedangkan untuk masalah SPayLater yang dinonaktifkan, kamu bisa mengaktifkannya lagi dengan daftar ulang.

Mengaktifkan SPayLater untuk Penjual

Mengaktifkan SPayLater untuk Penjual

Cara mengaktifkan Shopee PayLater untuk seller atau penjual berbeda dengan pembeli. Khusus seller kamu nggak perlu melakukan setting atau pendaftaran apapun, semuanya otomatis dari Shopee langsung aktif. Hanya saja, enggak semua penjual bisa langsung punya fitur satu ini.

Shopee sendiri sementara merahasiakan detail seller yang bisa mengaktifkan SPayLater. Mereka hanya mengatakan penjual perlu meningkatkan performa supaya Shopee PayLater bisa aktif otomatis.

Oleh karena itu, kalau belum aktif sebaiknya tingkatkan penjualan, penilaian, dan persentase balas pesan. Cara mengaktifkan Shopee PayLater di atas adalah update terbaru dan resmi dari Shopee.

Silahkan dicoba step by stepsupaya kamu bisa merasakan fitur SPayLater dan mendapatkan barang incaran tanpa langsung membayar. Oh ya, kalau gagal pastikan foto E-KTP jelas, karena biasanya kegagalan karena masalah E-KTP ini.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.