Begini Cara Mengaktifkan ShopeePay Sampai Bisa Digunakan

Jika kamu punya akun Shopee, pasti kamu sudah tahu betapa praktisnya layanan platform belanja satu ini. Apalagi fitur ShopeePay-nya yang membuat transaksi kamu jadi semakin cepat. Jadi, sayang sekali kalau fitur ini tidak kamu aktifkan. Nah, ini cara mengaktifkan ShopeePay dengan mudah untuk kamu.

Cara Menggunakan ShopeePay Dari Awal Sampai Berhasil

Punya fitur SHopeePay bisa sangat memudahkan kamu dalam berbelanja. Artikel ini memiliki keterangan lengkap tentang cara mengaktifkan dan memverifikasi ShopeePay. Ikuti langkah-langkah ini:

Aktifkan Fitur ShopeePay

  1. Sebelum mulai menggunakan ShopeePay, kamu perlu tahu kalau kamu cuma perlu mengaktifkan satu kali saja. Jadi, selama tidak ganti akun, fitur ini akan selalu ada. Langkah pertama, tentu saja adalah dengan membuka aplikasi Shopee.
  2. Lalu, kamu pasti akan langsung melihat menu ShopeePay. Kalau tidak, klik tulisan Saya atau logo manusia di sebelah kanan bawah layar.
  3. Sistem akan mengarahkan kamu ke halaman persetujuan. Baca perjanjian tersebut lalu setujui. Sehabis itu, klik pilihan Atur ShopeePay.
  4. Selanjutnya, sistem akan mengirim kode verifikasi ke nomor ponsel yang kamu pakai saat pendaftaran. Masukkan kode tersebut ke kolom khusus yang sudah disediakan.
  5. Setelah klik opsi Lanjut, sistem akan meminta kamu mengatur PIN ShopeePay. Tentukan enam digit PIN yang mudah kamu ingat tapi juga tidak mudah terbobol.
  6. Agar transaksi kamu lebih aman, kamu perlu klik pilihan Autentikasi Identitas. Kemudian sistem akan meminta pemindaian sidik jari, Face ID / Touch ID. Metodenya bisa berbeda, tergantung jenis ponsel yang kamu gunakan. Tapi, langkah ini bisa kamu skip.
  7. Dengan ini, ShopeePay kamu sudah aktif. Namun, proses ini masih bisa gagal. Jika sudah begitu, satu-satunya cara mengaktifkan ShopeePay yang gagal adalah dengan menghubungi CS ShopeePay Indonesiadi kontak 1500702. Untungnya hal ini jarang terjadi.

Verifikasi Data Diri

  1. Proses verifikasi ini perlu kamu tempuh untuk mengakses layanan ShopeePay yang lebih banyak lagi. Selain itu, proses ini juga membantu menghindarkan kamu dari pencurian data atau penipuan.
  2. Yang pertama, kamu perlu menyiapkan dokumen KTP/KITAS. Pilih salah satu saja.
  3. Kemudian, untuk memulai proses, buka aplikasi Shopee lalu pilih ShopeePay atau klik menu Saya yang berlogo manusia.
  4. Lalu, ambil foto KTP/KITAS serta foto selfie kamu yang sedang memegang dokumen tersebut. Pastikan kamu ambil foto di tempat yang memiliki penerangan baik serta tidak blur untuk menghindari gagal verifikasi.
  5. Unggah kedua foto tersebut, lalu tunggu hingga kamu mendapat notifikasi selesainya proses verifikasi. Setelah itu, kamu sudah bisa top up saldo ShopeePay dan menggunakannya untuk belanja atau jajan.

Pertanyaan yang Sering Muncul Saat Aktifkan ShopeePay

Pertanyaan yang Sering Muncul Saat Aktifkan ShopeePay
  1. Apakah ada cara mengaktifkan ShopeePay yang dinonaktifkan?

Ada. Jika ada kejadian ini, kamu perlu hubungi CS Shopee via hotline 1500702 atau menghubungi lewat email.

Kemudian, kamu perlu menyiapkan beberapa data seperti nama ibu, nomor RT sesuai KTP, username akun kamu, alasan mengaktifkan ShopeePay kembali, serta screenshot jika Shopee bermasalah. Proses ini memakan waktu tiga hari.

  1. Apakah ada cara mengaktifkan ShopeePay di Web?

Tidak ada. Proses ini hanya bisa kamu lakukan di aplikasi Shopee.

  1. Apakah ada cara mengaktifkan ShopeePay tanpa KTP?

Tidak ada, kamu memerlukan KTP/KITAS.

  1. Apakah ada cara mengaktifkan ShopeePay tanpa verifikasi?

Bisa, tapi kamu tidak bisa menikmati fitur ShopeePay dengan leluasa.

  1. Apakah ada cara mengaktifkan ShopeePay yang nomornya sudah tidak aktif?

Ada tiga cara mengatasinya. Yang pertama ganti nomor ponsel kamu di Pengaturan. Yang kedua, jika lupa PIN ShopeePay, ubah PIN dengan kirim kode verifikasi ke Whatsapp. Ketiga, hubungi CS jika PIN dan nomor ponsel tak bisa diakses.

Demikian penjelasan mendetail tentang cara mengaktifkan ShopeePay dari awal hingga akhir. Semoga membantu.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.