Cara Mengganti Nama Facebook dan Usernamenya

Ingin tahu cara mengganti nama Facebook dengan mudah? Tidak perlu khawatir, mengganti username di media sosial Facebook ternyata semudah membalikkan telapak tangan lho. Jadi,  siapapun bisa melakukannya meski baru pertama kali ingin mengganti nama.

Sebagai media sosial raksasa, mungkin Anda cukup sering memainkan Facebook. Terlebih jika sudah memiliki akun medsos ini sejak awal kepopulerannya. Selama ini, mungkin Anda belum pernah mengganti nama. Padahal jika ingin mengganti nama FB, hal ini tidak sulit dilakukan.

Alasan Mengganti Nama Facebook

Alasan Mengganti Nama Facebook

Pada dasarnya, Facebook merupakan media sosial yang sudah lama eksis di berbagai belahan dunia. Tak terkecuali di Indonesia yang kepopulerannya tidak perlu diragukan. Untuk dapat membuat akun Facebook, pengguna harus memiliki alamat email aktif atau nomo ponsel.

Hampir seluruh bagian profil di Facebook bisa diubah atau diganti. Termasuk nama di bagian profil yang mungkin ingin disesuaikan dengan nama asli Anda. Pengguna Facebook memang memiliki beberapa alasan sehingga ingin mengubah namanya di media sosial ini.

Adapun beberapa alasan yang paling banyak dipilih sehingga pengguna mengubah namanya di Facebook adalah sebagai berikut.

1. Ingin Menggunakan Nama Asli

Tidak seperti saat awal kemunculannya, mungkin dulu pengguna Facebook lebih banyak yang memakai nama samaran. Seiring berjalannya waktu, tren ini semakin berkurang. Semakin sedikit pengguna Facebook yang memakai nama yang terkesan alay saat ini.

2. Nama Akun Mirip dengan Pengguna Lain

Alasan kedua mengapa banyak yang ingin mengubah nama Facebook adalah karena namanya mirip dengan pengguna lain.  Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk mengubah nama Facebook selagi Anda masih memainkan media sosial yang satu ini.

3. Ingin Menggunakan Nama Alias

Mungkin Anda selama ini memang sudah menggunakan nama asli, namun ingin menggantinya dengan nama alias. Misalnya dengan menggunakan nama artis atau panggilan populer lainnya.

Baca Juga: Apa itu Facebook?

Cara Mengganti Nama Facebook

Setelah mengetahui alasan mengapa mengganti nama Facebook, selanjutnya Anda bisa mengikuti langkah-langkah mengganti nama media sosial ini.

  • Langkah pertama, pastikan aplikasi Facebook sudah terinstall di smartphone Android.
  • Buka aplikasi tersebut, lalu login menggunakan akun yang ingin diubah namanya.
  • Klik ikon Hamburger yang berada di bagian pojok kanan atas.
  • Gulir ke bawah lalu klik Settings & Privacy.
  • Selanjutnya, klik
  • Klik pada bagian Personal Information.

Klik pada bagian Personal Information

  • Klik
  • Masukkan nama baru yang diinginkan pada kolom yang disediakan.
  • Pilih Review Change.
  • Masukkan kata sandi akun untuk melakukan verifikasi.
  • Klik Save Changes.

Baca Juga:

Syarat dan Ketentuan Pengubahan Nama Facebook

Syarat dan Ketentuan Pengubahan Nama Facebook

Setelah mengetahui cara mengganti nama FB sesuka hati, selanjutnya Anda bisa memahami syarat dan ketentuan yang berlaku. Dengan demikian, Anda jadi mengetahui nama seperti apa yang bisa dan tidak bisa digunakan.

Di antara yang tidak diperbolehkan adalah:

  • Nama yang mengandung angka, karakter berulang, tanda baca, simbol, dan huruf besar tak biasa.
  • Nama tidak boleh mengandung karakter dari beberapa bahasa sekaligus.
  • Tidak mengandung gelar profesional, agama, dan sebagainya.
  • Tidak berupa frasa yang dijadikan pengganti nama.
  • Nama tidak berupa kata-kata kasar, menyinggung, atau sugestif terhadap suatu hal.

Apakah Username Facebook Juga Bisa Diganti?

Apakah username facebook juga bisa diganti

Facebook juga menerapkan username yang masing-masing bisa dilihat pada setiap akun FB. Saat pertama kali membuat akun, biasanya username yang ditampilkan masih random. Hal ini karena username tersebut dibuat secara otomatis, namun pengguna juga bisa mengubahnya.

Tidak perlu khawatir, cara mengubah username Facebook bisa dilakukan sesuai dengan keinginan. Anda bisa memanfaatkan smartphone Android maupun laptop yang dimiliki.

Tujuan Facebook memberikan username adalah sebagai bentuk identifikasi akun yang sudah didaftarkan. Tidak hanya itu, keberadaan username ini juga akan memudahkan akses yag cepat menuju profil akun Anda.

Misalnya akun Facebook dari pendiri Facebook, Mark Zuckerberg yang menggunakan username “zuck”. Oleh karena itu, Anda tinggal menambahkan username di alamat Facebook yang bisa dilihat dari profil. Misalnya: https://www.facebook.com/zuck yang merupakan username CEO Facebook tersebut.

Menggunakan username FB yang tepat merupakan hal penting. Hal ini  dapat mempengaruhi ketika seseorang hendak mencari profil Anda. Bagi yang ingin mengganti username Facebook, silahkan ikuti beberapa metode yang bisa dilakukan berikut ini.

Cara Mengganti Username Facebook

1. Menggunakan Laptop

Apabila Anda lebih sering bekerja dengan komputer atau laptop, cara ini bisa dipilih. Metode ini hanya terdiri dari beberapa langkah saja dan bisa dilakukan dengan mudah.

  • Buka browser yang biasa dipakai di laptop.
  • Setelah itu, kunjungi halaman https://www.facebook.com.
  • Pada tampilan utama, silahkan gunakan email dan password untuk login.
  • Klik menu
  • Pilih Umum lalu pada bagian Nama Pengguna klik
  • Masukkan username sesuai dengan yang diinginkan.

Masukkan username sesuai dengan yang diinginkan.

  • Pastikan username yang dimasukkan tersedia.
  • Klik Simpan Perubahan.

Apabila ketika memasukkan username di kolom muncul tampilan “Nama pengguna tidak tersedia”, artinya Anda harus memilih nama lain. Hal ini karena username tersebut sudah terpakai oleh pengguna sebelumnya.

Oleh karena itu, silahkan cari username yang belum pernah dipakai pengguna lainnya. Jangan lupa pula untuk menyertakan nama dari akun FB yang dimiliki. Perlu diketahui pula, username Facebook setidaknya mengandung lima karakter.

2. Menggunakan Smartphone Android

Menggunakan Smartphone Android

Metode kedua yang bisa dilakukan adalah dengan smarphone Android. Jadi, Anda bisa mengakses Facebook melalui browser saja. Nantinya, Anda tidak perlu menginstall aplikasi Facebook dari Google Playstore.

Agar bisa mengganti username di smartphone Android, langkah-langkahnya memang tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya. Pengguna tinggal membuka browser lalu kunjungi situs resmi Facebook.

Login dengan akun FB yang ingin diubah usernamenya lalu klik Pengaturan. Pada menu ini, silahkan klik Informasi Pribadi. Untuk mulai mengubah username, klik Edit dan masukkan username sesuai keinginan.

Apabila sudah menentukan username, klik Tinjau Perubahan. Nantinya, username akan berubah dan Anda bisa melihatnya di bagian profil.

3. Menggunakan Aplikasi Facebook

Menggunakan Aplikasi Facebook

Metode ketiga yang bisa dilakukan adalah dengan aplikasi Facebook yang terinstall di smartphone Anda. Jika sebelumnya kita memanfaatkan browser, kali ini menggunakan aplikasi yang tentunya lebih mudah.

Pada dasarnya, aplikasi Facebook memang tersedia untuk perangkat Android maupun iOS. Metode ini bisa dilakukan untuk berbagai tipe smartphone. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis melalui Google PlayStore maupun AppStore.

Jika aplikasi sudah terinstall dengan baik, silahkan login menggunakan akun yang dimiliki. Setelah itu, klik ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas beranda FB. Setelah itu, scroll ke bawah dan klik menu Pengaturan dan Privasi.

Selanjutnya, klik opsi Pengaturan. Klik Informasi Pribadi dan klik nama lalu ketikkan nama Facebook yang ingin digunakan sebagai username. Jika langkah-langkah ini dilakukan dengan baik, maka username akan berganti secara otomatis.

Cara mengganti nama Facebook memang mudah dilakukan bahkan bagi pemula yang baru pertama kali. Tidak hanya dapat mengubah nama, Anda juga bisa mengganti username sesuai dengan kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.