Cara Menghapus Akun Gmail Secara Permanen

Sudah melakukan berbagai cara menghapus akun Gmail tapi masih belum berhasil juga? Tidak perlu khawatir. Karena kami di sini akan coba membantu Anda agar bisa menghapusnya secara mudah.

Pada dasarnya ada dua cara yang bisa Anda pilih. Pertama cara menghapus akun email Gmail di HP dan kedua di laptop atau PC (Personal Computer). Silahkan Anda pilih sesuai dengan kenyamanan masing-masing.

Cara Menghapus Akun Gmail di Handphone

Cara Menghapus Akun Gmail di Handphone

Cara yang paling mudah sekali untuk menghapusnya yaitu melalui HP. Pasalnya Anda bisa melakukannya di mana saja. 

Namun perlu Anda ketahui, ada dua metode untuk menghapusnya. metode pertama yaitu menghapusnya dari perangkat dan metode kedua yaitu menghapusnya secara permanen. Pertama-tama kami jelaskan dulu metode yang pertama. 

1. Buka Pengaturan

Masuk terlebih dahulu pada menu setting atau pengaturan. Letak menu tersebut biasanya berbeda-beda tergantung dari jenis HP yang Anda gunakan. Setelah itu, silahkan Anda ketuk “Accounts

2. Memilih Opsi Google

Cari opsi “Google” di dalam menu setting kemudian pilih. Setelah itu akan tampil akun email atau surel (surat elektronik) yang Anda kaitkan. Pilih salah satu yang ingin Anda hilangkan.

3. Remove Account

Untuk menghilangkan akun surel Anda, silahkan ketuk “Remove Account”. Tunggu hingga prosesnya selesai. Jika sudah berhasil, maka akun tersebut sudah tidak ada lagi pada perangkat Anda.

Cara Menghapus Akun Gmail di Laptop

Menghapus Akun Gmail di Laptop

Tidak ada perbedaan antara cara menghapus akun Gmail di HP Xiaomi maupun laptop. Yang berbeda hanya pada tampilan dan letak menunya saja.

Berikut sudah kami rangkum cara menghapus akun Google di laptop maupun personal computer (PC).

1. Buka Browser  

Pilih browser yang di dalamnya tertaut akun surel milik Anda. Kemudian akses situs Gmail yang Anda inginkan.

2. Proses Menghilangkan Akun  

Pada halaman utama email dari Gmail, silahkan pergi ke menu “Data & Privasi”. Kemudian Anda gulir mouse ke bagian bawah kemudian pilih lagi “Opsi data & Privasi”.

3. Tahap Akhir

Proses selanjutnya Anda tinggal memilih opsi “Hapus” saja. Setelah itu, biarkan platform memandu Anda hingga ke tahap akhir. Jika sudah berhasil, maka proses menghapus surel Anda pun sudah selesai.

Cara Mudah Menghapus Gmail Secara Permanen

Cara Mudah Menghapus Gmail Secara Permanen

Bagi yang tidak berniat menggunakan layanannya lagi, Anda bisa menghilangkannya secara permanen. Prosesnya pun sama mudahnya. Akan tetapi, proses ini hanya bisa Anda lakukan melalui komputer atau laptop saja. Berikut cara-caranya.  

1. Cek Data Terlebih Dahulu  

Jangan terburu-buru menghilangkan akun surel milik Anda. Silahkan Anda cek secara seksama apakah ada data penting yang harus Anda selamatkan atau tidak? Jika ada, kami menyarankan untuk melakukan backup.

2. Gunakan Google Chrome  

Agar prosesnya lebih nyaman dan mudah, gunakanlah browser Google Chrome saja. Kemudian Anda pilih mana yang ingin dihapus. Selanjutnya klik pada foto profil lalu lanjutkan dengan mengklik “Kelola Akun Google”.

3. Hapus Selamanya

Akses menu “Data & Personalisasi”. Setelah itu akan ada sejumlah opsi yang bisa Anda pilih di sana. Salah satunya yaitu opsi untuk menghapus surel.

Silahkan Anda pilih “Hapus Akun” yang diinginkan. Selanjutnya Anda tinggal mengikuti arahan dari platform terkait. Jika sudah selesai, maka surel Anda akan hilang secara permanen.

Demikian informasi seputar penjelasan cara menghapus akun Gmail. Silahkan Anda ikuti langkah-langkah yang sudah kami paparkan di atas dan pilih opsi yang menurut Anda cocok.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.