3 Cara Menghapus Akun Instagram Sementara & Permanen

Terpikir untuk mengurangi intensitas penggunaan sosial media? Instagram menjadi salah satu media sosial yang ramai digunakan. Mungkin Anda juga berniat mengurangi atau bahkan menghapus media sosial milik Facebook ini. Tak heran jika banyak yang ingin tahu cara menghapus akun Instagram.

Di tengah ramainya penggunaan internet, tidak sedikit yang mulai berfikir bahwa media sosial itu menyebabkan candu. Terlebih jika Anda mulai menyadari bahwa scrolling di media sosial mulai mengganggu pekerjaan yang dilakukan.

Alasan Menghapus Akun IG

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab keinginan seseorang untuk menghapus akun IG yang dimilikinya, yaitu:

1. Lebih Fokus Menyelesaikan Pekerjaan

Lebih Fokus Menyelesaikan Pekerjaan

Disadari atau tidak, scrolling IG memang kerap kali memakan banyak waktu. Terlebih jika Anda sudah menemukan berbagai postingan menarik di Instagram. Apalagi akun gosip yang akhir-akhir ini menebarkan berita yang sebenarnya tidak terlalu penting diketahui.

Jika sudah kecanduan, pengguna bisa mengesampingkan pekerjaan yang seharusnya ia lakukan. Hal ini ditandai dengan terlalu seringnya menunda-nunda pekerjaan. Oleh karena itu, menutup akun IG yang dimiliki akan membuat Anda lebih fokus menyelesaikan pekerjaan.

2. Lebih Pandai Bersyukur

Lebih Pandai Bersyukur

Pada dasarnya, alasan yang satu ini memang bersifat subjektif. Bisa jadi setiap orang merasakan hal yang berbeda ketika mendapati postingan tertentu di IG. Seperti yang telah diketahui, media sosial IG layaknya sebuah etalase dimana penggunanya sering menampilkan sesuatu yang jadi kebanggaannya.

Jika tidak disikapi dengan bijak, hal ini bisa menimbulkan sikap iri hati. Misalnya terhadap prestasi, barang, hubungan pribadi, dan hal lainnya yang diposting orang lain.

Alhasil, Anda jadi sering membandingkan diri dengan orang lain. Padahal sudah seharusnya kita bersyukur atas apa yang sudah dimiliki saat ini.

3. Kondisi Emosional Lebih Sehat

Kondisi Emosional Lebih Sehat

Mungkin Anda merasa kegiatan scrolling di media sosial memang menyenangkan. Namun, tidak sedikit yang tidak menggunakan media sosial sebagaimana mestinya. Misalnya ketika melontarkan komentar jahat dan kotor kepada orang lain.

Hal tersebut memang berpotensi besar mempengaruhi kondisi emosional. Anda bisa berada dalam pusaran penuh pemikiran negatif dan berujung stress. Oleh karena itu, mengurangi atau menutup total akses terhadap akun IG bisa membuat kondisi emosional lebih sehat.

5. Fisik Lebih Sehat

Fisik Lebih Sehat

Kecanduan media sosial tidak hanya buruk bagi kesehatan mental, namun juga bagi kesehatan fisik. Ada beberapa hal yang bisa tejadi apabila menggunakan media sosial secara berlebihan. Misalnya menyebabkan kelelahan, mata rusak, dan penyakit lainnya karena jarang menggerakkan badan.

Saat ini, banyak yang terdistraksi saat melakukan hal penting tapi malah sambil membuka media sosial. Misalnya ketika sedang berkendara, justru dilakukan sambil scrolling media sosial. Tentu saja hal ini bisa berakibat fatal karena berpotensi  menimbulkan kecelakaan.

3 Cara Menghapus Akun Instagram

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membulatkan tekad untuk menghapus akun IG yang dimiliki. Misalnya password yang digunakan, pastikan Anda mengingatnya dengan baik agar proses penghapusan IG berlangsung lancar.

Jika sampai lupa password, pihak IG bisa menganggap bahwa akun tersebut bukan milik Anda. Tidak hanya itu, sebaiknya backup terlebih dahulu foto yang sekiranya sudah diunggah dan masih dibutuhkan.

Terlebih jika foto tersebut adalah kenangan atau momen tertentu yang sudah pernah dilakukan. Jika hal-hal ini sudah diperhatikan, Anda bisa menyimak dua cara menghapus akun IG yang mudah dilakukan yaitu:

1. Menghapus Akun IG Sementara

Nah, opsi yang satu ini bisa dipilih jika Anda mulai merasa jenuh dengan kegiatan scrolling di IG. Selain itu, menonaktifkan akun IG sementara ini bisa dilakukan di momen-momen tertentu.  Misalnya saat mengikuti perlombaan, ingin fokus belajar, atau hendak fokus berlatih untuk suatu pertandingan.

Menonaktifkan akun IG secara sementara ini tidak akan menghilangkan semua konten dan komentar yang ada di akun Anda. Tak terkecuali like yang sudah diberikan pada postingan pengguna lain.

  • Buka browser yang ada di perangkat lalu kunjungi halaman berikut ini: https://www.instagram.com/accounts/remove/request/temporary/
  • Pada halaman tersebut, pengguna akan diminta untuk melakukan login akun IG terlebih dahulu.
  • Setelah itu, pengguna akan diarahkan ke tab untuk menonaktifkan akun.
  • Akan muncul semacam pesan pendek atau peringatan mengenai apa saja yang akan dinonaktifkan di akun Anda.
  • Akan muncul alasan-alasan yang bisa dipilih pada bagian “Why are disabling your account?”
  • Silahkan pilih alasan dari 10 alasan yang disediakan, misalnya karena keamanan data atau hanya ingin istirahat dari IG untuk sementara.
  • Jika sudah selesai menentukan alasan, ketikkan ulang kata sandi akun IG tersebut.
  • Selanjutnya, klik Temporarily Disabled Account.

Selanjutnya, klik Temporarily Disabled Account.

  • Pengguna akan diarahkan kembali ke halaman untuk login IG.
  • Tunggu beberapa jam sampai pihak Instagram benar-benar menonaktifkan sementara akun IG Anda.

2. Menghapus Akun IG Permanen

Metode yang satu ini bisa dipilih apabila Anda sudah 100% yakin ingin menghapus akun IG secara permanen. Seperti yang telah disebutkan di atas, pastikan untuk membackup data yang sekiranya masih dibutuhkan.

Terlebih jika Anda cukup sering membuat postingan foto dan video. Jika dirasa postingan tersebut masih diperlukan, sebaiknya simpan terlebih dahulu.

  • Langkah pertama, silahkan kunjungi halaman Delete Instagram Account
  • Setelah itu, silahkan login menggunakan akun IG yang ingin dihapus secara permanen.
  • Akan muncul beberapa alasan yang bisa dipilih pada kolom “Why are you deleting your account?”

Akan muncul beberapa alasan yang bisa dipilih pada kolom Why are you deleting your accountAkan muncul beberapa alasan yang bisa dipilih pada kolom Why are you deleting your account

  • Silahkan masukkan alasan yang membuat Anda ingin menghapus akun IG. Misalnya karena kecemasan terhadap privasi atau mengkhawatirkan keamanan data yang dimiliki.
  • Akan muncul peringatan mengenai konsekuensi apabila ingin menghapus akun.
  • Jika sudah menemukan alasan yang tepat, masukkan password IG.
  • Langkah berikutnya, pilih Permanently Delete My Account.

Langkah berikutnya, pilih Permanently Delete My Account.

  • Anda akan kembali ke halaman untuk login akun IG.

3. Menghapus Akun IG via Aplikasi

Kedua metode di atas dilakukan via browser di perangkat laptop atau smartphone. Lalu, adakah cara menghapus akun IG dengan aplikasi Instagram itu sendiri? Tentu saja hal ini bisa dilakukan dan tidak kalah mudah.

Metode dengan browser di atas pada dasarnya merupakan bentuk kemudahan dari IG jika ingin langsung menghapus akun. Namun jika ingin menghapus akun IG melalui aplikasi, berikut langkah-langkah mudah yang bisa dilakukan.

  • Langkah pertama, silahkan login menggunakan akun IG yang dimiliki.
  • Klik bagian gambar profil akun
  • Klik ikon garis tiga yang berada di sebelah kanan atas.
  • Setelah itu, klik Settings.
  • Pilih menu Help atau Bantuan, lalu Help Center.
  • Pengguna akan diarahkan menuju ke tab com.
  • Setelah itu, klik Mengelola Akun Anda.
  • Klik Hapus Akun

Klik Hapus Akun

  • Pilih alasan yang tepat mengapa ingin menghapus akun.
  • Masukkan password lalu konfimasi password.
  • Klik Delete My Account.
  • Selesai.

Beberapa cara menghapus akun Instagram di atas bisa dilakukan jika sekiranya Anda sudah tidak memerlukan akun IG lagi. Selain itu, menghapus akun IG ini bisa dipilih jika sekiranya media sosial tersebut memberikan dampak buruk.

Meski demikian, hal ini harus dipikirkan secara matang terlebih dahulu. Jika Anda belum yakin sepenuhnya untuk menghapus akun IG, sebaiknya pilih penghapusan akun secara temporer saja.

Tinggalkan komentar