3 Cara Menginstal Printer ke Laptop (Canon, Epson, dll)

Printer yang terintegrasi langsung ke PC/laptop akan lebih mempermudah pengguna jika ingin mencetak dokumen. Namun, belum semua orang memahami cara menginstal printer yang mudah dilakukan. Padahal, hal ini akan mempermudah pengguna dalam menyelesaikan pekerjaan.

Tidak sedikit yang masih bingung ketika harus menghubungkan printer ke laptop. Bahkan masih ada yang rela bolak-balik ke warnet hanya untuk mencetak sebuah dokumen. Jika printer tersedia, Anda tinggal menginstalnya saja di PC/laptop. Lalu bagaimana caranya?

3 Cara Menginstal Printer

Menginstal printer di komputer/laptop akan mempermudah pekerjaan sehingga lebih menghemat waktu. Pengguna akan lebh mudah melakukan kontrol fungsi printer itu sendiri. Cara instalasi printer ini wajib diketahui bagi Anda yang sering berurusan dengan pencetakan dokumen.

Ada beberapa cara yang bisa diikuti untuk menginstall printer di laptop, pilihlah cara yang sekiranya paling mudah, yaitu sebagai berikut.

1. Menginstal Printer Menggunakan Kabel USB

Bisa dibilang metode ini adalah yang paling umum digunakan banyak orang. Terlebih kabel USB memang menjadi benda yang mudah ditemukan. Pada dasarnya, OS Windows akan mendeteksi secara otomatis apabila terdapat hardware baru yang disambungkan.

Setelah itu, instalasi akan segera dimulai setelah kabel USB dicolokkan ke port yang sesuai. Untuk lebih jelasnya, simak cara menginstal printer dengan kabel USB berikut ini.

  • Hubungkan printer ke PC/laptop menggunakan kabel USB.
  • Klik menu Start lalu Control Panel.
  • Pilih Hardware and Sound lalu Printers, untuk menambahkan printer baru klik Add a printer.
  • Klik Use an existing port pada halaman Choose a printer port.

Klik Use an existing port pada halaman Choose a printer port.

  • Setelah itu, pilih port printer yang sesuai dengan yang dihubungkan ke komputer.
  • Klik
  • Pilih model printer yang digunakan pada halaman Install the printer driver.

Pilih model printer yang digunakan pada halaman Install the printer driver.

  • Klik
  • Ikuti instruksi yang ada selanjutnya lalu klik

Lalu, bagaimana jika printer sudah dilengkapi teknologi nirkabel atau WiFi, cara menginstalnya ke laptop tidak kalah mudah. Tinggal klik Start lalu Control Panel. Setelah itu, pilih Hardware and Sound lalu Add a device.

Pada langkah ini, pastikan printer dan WiFi-nya sudah menyala dengan baik. Nantinya printer yang hendak digunakan akan muncul secara otomatis. Pengguna pun tinggal mengikuti instruksi yang ada dan tidak jauh berbeda dengan langkah di atas.

Printer yang sudah mendukung teknologi nirkabel atau Wifi bisa digunakan secara bersamaan atau yang biasa disebut sharing printer.

1. Menggunakan CD Drive

Salah satu metode yang mudah dilakukan adalah dengan meletakkan printer terlebih dahulu dekat laptop. Gunakanlah kabel USB yang kompatibel untuk memastikan jaraknya sudah cukup dekat dengan perangkat yang digunaka.

Selain itu, jangan lupa untuk menginstall CD Drive yang bisa ditemukan pada menu control panel di bagian printer box. Pastikan Anda sudah memiliki CD Driver yang sesuai dengan merek printer yang digunakan.

Jika dirasa sudah tepat, silahkan masukkan ke dalam ROM Driver jika tersedia. Apabila tidak memilikinya, silahkan memasang ROM Driver eksternal yang cukup mudah digunakan. Jika sudah CD Driver sudah masuk, maka tinggal mengikuti instruksi yang ada di dalamnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut akan dicontohkan cara menginstal printer Canon dengan CD Driver.

  • Masukkan CD Driver pada ROM Driver komputer/laptop.
  • Biasanya Windows akan langsung mendeteksi file Autorun pada CD yang dimasukkan, kemudian klik exe.
  • Jika file tersebut tidak muncul, silahkan masuk ke file master installer, lalu klik file setup.exe dua kali.
  • Akan muncul tampilan program installer driver printer, pada tahap ini pengguna diminta memilih tempat tinggal. Jika sudah menginput informasi yang dibutuhkan klik
  • Pilih metode penginstalan sesuai kebutuhan misalnya Easy Installation atau bisa juga memilih Custom jika ingin menyeleksi program.

Pilih metode penginstalan sesuai kebutuhan misalnya Easy Installation atau bisa juga memilih Custom jika ingin menyeleksi program.

  • Lanjutkan dengan klik
  • Akan ditampilkan jendela baru berupa Licence Agreement dari produk printer yang hendak diinstall. Lanjutkan dengan klik

Akan ditampilkan jendela baru berupa Licence Agreement dari produk printer yang hendak diinstall

  • Proses instalasi akan segera dimulai, tunggu sampai selesai 100%.
  • Setelah itu, Anda bisa menghubungkan printer dengan laptop menggunakan kabel USB.
  • Nyalakan printer dengan menekan tombol
  • Selanjutnya, ikuti instruksi sisa yang biasanya berupa persetujuan mendapatkan informasi terkait produk printer yang digunakan.
  • Silahkan menekan Next saja.

Metode bisa dilakukan apabila pada produk printer yang dibeli menyediakan CD driver yang sesuai. Tidak perlu khawatir, hampir semua produk printer menyediakan komponen tersebut. Mengingat fungsinya yang cukup penting untuk menginstal printer di laptop.

3. Menggunakan Driver Printer

Driver printer merupakan sebuah software yang dirancang untuk komputer/laptop agar bisa mengoperasikan printer. Jadi, ketika perintah mencetak dokumen diberikan ke printer, software ini berfungsi sebagai perantaranya.

Hampir semua merek printer menyediakan printer driver ini untuk mempermudah penggunanya. Di antaranya adalah Canon, Brother, HP, Xerox, Epson, dan lain sebagainya. Masing-masing driver printer ini juga terpasang berdasarkan sistem operasi yang digunakan.

Saat ini, sudah banyak tersedia printer driver yang kompatibel dengan Windows 7, Windows 8, Windows 10, Mac OS, Linux, dan lain sebagainya. Penggunaan driver printer sendiri memang perlu disesuaikan dengan komputer/laptop yang digunakan.

Tidak hanya mempermudah mencetak dokumen, driver printer juga akan mempermudah penggunanya melakuka fungsi kontrol. Misalnya mengontrol cetak halaman, margin halaman,dan tugas-tugas lainnya terkait pencetakan dokumen.

Selain itu, software ini juga akan mengirim sinyal atau peringatan tertentu. Misalnya level tinta yang sudah hampir habis, paper jam, pesan error, dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Adapun langkah-langkah menginstal printer dengan driver printer ini adalah sebagai berikut.

  • Buka website resmi dari merek printer yang digunakan. Pada dasarnya, masing-masing merek sudah menyediakan situs resmi yang menyediakan software driver sesuai tipe yang digunakan. Pastikan Anda memilih file yang tepat agar proses penginstalan bisa berlangsung lancar.

Untuk mempermudah pengguna menemukan driver printer yang dibutuhkan, silahkan manfaatkan menu search bar yang biasanya tersedia di website resmi printer. Scrolling dari hasil pencarian sampai menemukan driver printer yang sesuai dengan tipe yang digunakan.

  • Biasanya file yang selesai diunduh masih dalam format winrar. Oleh sebab itu, pastikan Anda memiliki software winrar untuk mengekstrak file di dalamnya. Klik kanan pada file driver yang diunduh, kemudian pilih Extract Here.

Biasanya file yang selesai diunduh masih dalam format winrar. Oleh

  • Langkah selanjutnya adalah menemukan file exe.
  • Jika sudah menemukannya, double klik pada file tersebut untuk memulai proses instalasi driver printer.
  • Ikuti setiap instruksi yang muncul pada layar komputer seperti melakukan instalasi software pada umumnya.
  • Jika proses instalasi sudah selesai, sambungkan printer dengan laptop menggunakan kabel USB atau kabel bawaan yang biasanya sudah tersedia.
  • Pastikan agar printer sudah terdeteksi pada laptop yang digunakan.

Langkah-langkah menginstal printer di atas juga bisa menjadi pilihan. Namun, tetap pastikan printer driver yang digunakan benar-benar sesuai dengan tipe yang digunakan ya. Jika salah menggunakan versi software ini, nantinya printer bisa mengalami error.

Beberapa cara menginstal printer di atas bisa dipilih sesuai kebutuhan. Pada dasarnya, menginstal menggunakan software driver printer memang menjadi pilihan saat ini. Mengingat software tersebut juga bisa memudahkan Anda melakukan pengaturan pencetakan dokumen.

Namun jika dirasa sulit dan belum menemukan softwarenya, sebaiknya pilih metode lainnya seperti menggunakan CD Driver.

Tinggalkan komentar