2 Cara Reset Printer Canon MP237 dan Penyebabnya

Cara reset printer Canon MP237 tentu harus membuat printer masuk ke service mode terlebih dahulu. Cara meresetnya sendiri bisa menggunakan aplikasi maupun manual. Jika memilih untuk manual, akan sedikit rumit karena harus menekan dan menahan beberapa tombol bersamaan.

Canon MP237 adalah salah satu printer multifungsi yang juga bisa digunakan untuk scan dan fotocopy dokumen. MP237 adalah tipe penerus dari MP series namun memiliki model yang lebih ramping dan  ringan.

Penyebab Printer Canon MP237 Error

Penyebab Printer Canon MP237 Error

Terkadang MP237 juga mengalami error yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Namun yang paling sering terjadi adalah error dengan kode P07 dan E08 yang juga disertai dengan notifikasi seperti A Printer Error Has Occurred atau Ink Absorber Full.

Canon MP237 memiliki sebuah bantalan kecil dalam bentuk spons yang berfungsi untuk menyerap tinta pembuangan ketika mencetak dan membersihkan bagian kepala cartridge. Ketika bantalan tersebut penuh maka Canon akan memberikan respon kode error dengan kode P07 atau E08.

Hal ini umumnya terjadi pada pengguna Canon MP237 dengan intensitas tinggi. Sehingga semakin banyak tinta digunakan maka akan semakin menyebabkan tumpukan tinta yang cukup tebal pada cartridge. Terlebih ketika sering menggunakan printer berwarna.

Ketika hal ini terjadi beberapa pengguna yang baru pertama kali menggunakan Canon MP237 akan mengira jika perlu untuk mengganti cartridge. Padahal solusinya adalah dengan membersihkan cartridge lalu  mereset Canon MP237 menggunakan aplikasi khusus resetter printer.

Cara Reset Printer Canon MP 237 Manual

Tidak hanya MP237 saja namun semua jenis printer akan sedikit rumit untuk membuatnya masuk dalam service mode. Kombinasi menekan dan menahan tombol harus tepat serta dilakukan ketika printer terhubung dengan komputer atau laptop.  Berikut cara lengkapnya :

1. Langkah 1 : Reset Mode Printer Canon MP237

  • Jika kondisi printer masih dalam keadaan menyala atau On matikan terlebih dahulu dengan menekan Tombol Power.
  • Tekan Tombol Reset dan Power Secara Bersamaan ketika printer dalam keadaan mati.

Tekan Tombol Reset dan Power Secara Bersamaan ketika printer dalam keadaan mati.

  • Lepas Tombol Reset tetapi Jangan Melepas Tombol Power terlebih dahulu tetap tekan dan tahan.
  • Tekan Tombol Power kembali Sebanyak 6 kali dalam kondisi masih menekan Tombol Reset.
  • Jika semua proses sudah dilalui maka komputer atau laptop akan mendeteksi adanya device baru.
  • Apabila komputer belum mendeteksi ulangi dari langkah pertama.

Baca juga :

2. Langkah 2 : Cara Reset Printer Canon MP237

  • Pastikan terlebih dahulu ketersediaan kertas yang sudah terpasang dengan benar pada printer.
  • Download link Resetter Canon MP237 melalui link berikut ini.
  • Pada menu Absorber Clear Ink Counter Pilih Opsi Main setelah itu Klik Set.
  • Kemudian pada menu Ink Absorber Counter pilih Opsi Main lalu Klik Set.

Kemudian pada menu Ink Absorber Counter pilih Opsi Main lalu Klik Set.

  • Terakhir Klik Menu EEPROM maka akan tercetak satu halaman.

Cara Mengatasi Canon MP237 Blink 5 Kali

Cara Mengatasi Canon MP237 Blink 5 Kali

Canon MP237 memiliki beberapa notifikasi atau pertanda apabila terjadi sesuatu yang tidak beres terhadap printer. Biasanya ditandai dengan sebuah lampu yang berkedip beberapa kali atau blink 5 kali.

Ketika printer Canon MP237 berkedip sebanyak 5 kali berarti itu sebuah pertanda ada masalah pada cartridge. Biasanya posisi cartridge menjadi tergeser dan tidak sesuai dengan posisi yang seharusnya. Apabila posisinya masih normal besar kemungkinan error disebabkan oleh kerusakan perangkat keras.

Cara reset printer Canon MP237 harus melalui dua tahapan yang berbeda. Tahap pertama meskipun sangat rumit akan tetapi tidak bisa dilewati karena berfungsi untuk masuk ke service mode. Sementara tahap kedua lebih mudah karena menggunakan aplikasi resetter dari Canon.

Tinggalkan komentar