3 Cara Sharing Printer di PC Windows 7, 8 dan 10

Bagaimana cara sharing printer dengan benar ?  Sharing printer merupakan sebuah metode atau cara untuk menghubungkan beberapa komputer pada satu buah printer dalam satu jaringan yang sama. Cara ini akan banyak Anda temukan dalam rental printer atau sebuah perkantoran.

Teknik ini diterapkan dengan tujuan untuk menghemat pengeluaran serta menjamin efisiensi pada saat menggunakan printer. Bisa dibayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan apabila setiap komputer diwajibkan memiliki printer masing-masing.

3 Langkah Cara Sharing Printer Pada Semua Windows 7, 8 dan 10

Sebelum melakukan berbagi printer ke pengguna komputer lain, Anda harus terlebih dahulu mengatur beberapa hal seperti mengaktifkan mode sharing printer hingga memberikan akses dalam sebuah jaringan yang sama. Agar cara ini bisa berhasil

1. Langkah Pertama Cara Mengaktifkan Printer Sharing 

Langkah pertama ini fungsinya untuk mengaktifkan mode sharing printer serta mengatur beberapa konfigurasi seperti proteksi password atau kata sandi. Pada langkah pertama ini komputer lain belum bisa terhubung pada sebuah printer sehingga dibutuhkan langkah yang kedua.

  • Buka Menu Control Panel terlebih dahulu caranya adalah dengan menekan tombol Windows + R lalu ketikan kata “Control Panel” lalu Klik Enter.
  • Pada menu Control Panel pilih Menu Network and Internet lalu Pilih Menu Network and Sharing Center.
  • Pada bagian kanan akan terlihat beberapa daftar menu kemudian Klik Menu Change Advance Sharing Settings.

Pada bagian kanan akan terlihat beberapa daftar menu kemudian Klik Menu Change Advance Sharing Settings.

  • Perhatikan pada menu File and sharing printer, pastikan Anda memilih Opsi Turn On File and Printer Sharing.
  • Scroll hingga bagian bawah pada menu Password Protected Sharing lalu pilih Menu Turn Off Password Protected Sharing. Ini adalah langkah opsional sehingga jika Anda memilih untuk memproteksi sharing printer dengan password klik Turn On Password Protected Sharing.

Scroll hingga bagian bawah pada menu Password Protected Sharing lalu pilih Menu Turn Off Password Protected Sharing

  • Terakhir, Klik Save Changes agar pengaturan yang baru ini disimpan.

2. Langkah Kedua Cara Menghubungkan Komputer ke Sharing Printer

Setelah mode ini aktif maka langkah selanjutnya adalah mengatur agar komputer lain dapat terhubung dengan printer yang sebelumnya sudah diatur dalam mode sharing printer. Berikut langkah-langkahnya :

  • Klik Menu Start kemudian pada list menu yang ada di sebelah kanan Pilih Device and Printer.
  • Setelah mengklik menu tersebut akan muncul printer yang sebelumnya telah diaktifkan mode sharing printer. Klik Kanan pada logo printer tersebut lalu klik Printer Properties.
  • Akan muncul beberapa tab dari menu printer properties. Kemudian Pilih Menu Sharing letaknya tepat di sebelah Menu General.
  • Beri tanda ceklis pada menu Share This Printer. Lalu Klik Menu Apply dan OK agar pengaturan tersimpan

Beri tanda ceklis pada menu Share This Printer. Lalu Klik Menu Apply dan OK agar pengaturan tersimpan

Note :  Komputer yang ingin terhubung ke printer yang sebelumnya telah disharing harus berada dalam satu jaringan yang sama. Sebagai contoh menggunakan jaringan WiFi yang sama. 

3. Cara Mengakses Printer yang Sudah Mengaktifkan Sharing Mode

Setelah print mode telah aktif maka selanjutnya tinggal membuat komputer terhubung dengan printer yang sudah mengaktifkan sharing mode. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya jika mode sharing hanya bisa diakses oleh perangkat dengan jaringan yang sama.

  • Buka Menu Windows Explorer terlebih dahulu lalu ketik alamat IP Address jaringan komputer yang telah mengaktifkan mode berbagi printer.
  • Misalkan alamat IP Address nya adalah 192.168.1.254. Lalu Tekan Enter.

Misalkan alamat IP Address nya adalah 192 168 1 254. Lalu Tekan Enter.

  • Setelah menekan Enter maka akan muncul daftar printer yang sudah mengaktifkan sharing mode. Klik Kanan pada printer yang ingin dikoneksikan lalu Klik Connect.
  • Printer akan meminta Anda untuk memasukan password apabila sharing mode dilindungi oleh password atau kata sandi.

Cara berbagi printer di Windows 7, 8 dan 10 sangat mudah untuk dilakukan. Namun hal yang perlu diingat disini adalah saat berbagi printer antar komputer wajib terhubung dengan sebuah jaringan internet yang sama.

Tinggalkan komentar