Cara Update Windows 10 Termudah

Update atau pembaruan merupakan fitur yang penting dalam sebuah sistem operasi. Salah satunya untuk Windows versi terbaru. Cara update Windows 10 tergolong mudah. Bahkan bisa Anda setting otomatis dalam pengaturan.

Bagi yang belum tahu caranya, di sini akan kami coba jelaskan cara update Windows 10 dengan cepat. Silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Alasan Kenapa Harus Update Windows

Sebagian pengguna sistem operasi ini mungkin merasa tidak nyaman dengan fitur pembaruan. Pasalnya, untuk sekali update saja memerlukan kuota internet yang cukup besar. Kendati demikian, fitur ini memiliki banyak manfaatnya.

Ada beberapa alasan kenapa user harus melakukan pembaruan. Berikut manfaat yang menjadi dasar alasan kenapa harus melakukannya:

1. Meningkatkan Sistem Keamanan

Varian virus dan malware komputer terus mengalami perkembangan. Bahkan, beberapa di antaranya dapat mengancam keamanan data pengguna. Hal ini menjadi salah satu alasan kenapa harus melakukan pembaruan secara berkala.

Windows akan mengoptimalkan sistem keamanan di komputer atau laptop Anda. Semakin mutakhir OS yang digunakan, maka akan semakin kebal dari gangguan virus maupun malware.

2. Mengoptimalkan Kinerja Sistem

Semakin sering melakukan pembaruan, ternyata semakin bagus untuk performa OS. Pembaruan juga dapat mengatasi sistem rusak yang mengakibatkan lag, maupun hang. Update terbaru akan mengatasi semua permasalahan tersebut.

3. Perbaikan Bug Pada OS

User OS Windows mungkin sering mengalami permasalahan aplikasi yang berhenti sendiri. Hal tersebut bisa saja terjadi karena banyaknya bug pada OS tersebut.

Terkait gangguan tersebut, selain dengan menggunakan safe mode windows 10. Microsoft akan mengatasinya melalui sebuah pembaruan.

4. Dukungan Interface Terbaru

Cara update Windows 10 dari Windows 7 juga akan meningkatkan kualitas interface pada OS. Pengguna bisa menggunakan OS dengan tampilan baru, fungsi baru, dan lain-lain. Terutama jika Anda memilih pembaruan jenis update service pack.

Cara Melakukan Pembaruan Secara Manual

Update secara manual melalui Windows 10 bisa diproses dengan mudah dan cepat. Menu pembaruan bisa Anda akses melalui menu atau tombol “Start”. Tempat menu tersebut berada di bagian bawah kiri layar Anda.

Setelah masuk di menu “Start”, silahkan Anda buka menu “Settings”. Menu ini biasanya ditandai dengan sebuah ikon roda bergigi. Kemudian Anda pilih opsi “Update & Security”, lalu langsung saja pilih “Check for Updates”.

Tunggu proses pembaruan hingga selesai. Jika sudah selesai, matikan kemudian hidupkan kembali komputer/laptop Anda. Setelah komputer menyala kembali, semua proses update yang Anda lakukan sudah selesai terpasang.

Sebagai informasi tambahan, proses di atas mungkin akan memakan waktu yang lama. Terutama saat proses download pembaruan yang kecepatannya tergantung dari internet yang digunakan. Jadi bersabar, ya.

Cara Melakukan Pembaruan Secara Otomatis

Cara ini cocok untuk Anda yang tidak ingin ribet. Pembaruan akan diproses secara otomatis oleh sistem. Anda hanya cukup melakukan satu kali pengaturan saja untuk melakukannya. Berikut cara-caranya:

  • Pilih opsi “Schedule the Restart” pada halaman “Windows Updates”.
  • Pilih jadwal sesuai keinginan pada opsi “schedule a time”. Pilihan yang tersedia pun lengkap, mulai dari menit, jam, hingga hari.
  • Sistem pembaruan otomatis sudah berhasil diproses.

Cara Update Via Microsoft Update Catalog

Sistem pembaruan ini termasuk cara yang legal. Microsoft telah menyediakan sebuah website khusus bagi para pengguna OS Windows yang ingin mengunduh pembaruan. Silahkan masuk ke web berikut:

  • https://www.catalog.update.microsoft.com/Home.aspx.

Setelah masuk ke website tersebut, silahkan Anda cari pembaruan terbaru. Masukkan kata kunci “Windows 10 update” seperti pada gambar di bawah.

Windows 10 update

Anda bisa melihat ada banyak sekali file pembaruan terkini. Biasanya file yang berada paling atas adalah file terbaru. Atau bisa juga dengan mengecek tanggal pembaruan yang dirilis.

Sebelum Anda mengunduhnya, pastikan pembaruannya sesuai dengan jenis OS yang digunakan. Karena biasanya ada dua versi, yaitu untuk X86 bit dan X64 bit. Silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan.

Pembaruan Melalui Aplikasi Media Creation Tool

Proses update dengan menggunakan Media Creation Tool (MCT) juga sangat mudah. Pertama silahkan Anda download lalu install aplikasinya terlebih dahulu. Pastikan aplikasi MCT yang digunakan khusus untuk Windows 10.

Buka aplikasi, kemudian pilih opsi “Upgrade this PC now”. Lalu lanjutkan dengan mengklik tombol “Next” di bagian bawah. Selanjutnya Anda akan diarahkan pada halaman ketentuan lisensi. Untuk menyelesaikannya, silahkan klik ”Accept”.

Jika ada ketersediaan pembaruan, maka aplikasi ini akan secara otomatis melakukannya. Untuk memasang pembaruan, Anda hanya tinggal memilih opsi “Ready to install”, kemudian pasang update yang sudah diunduh.

Anda tidak perlu khawatir data, files, maupun apps di komputer/laptop hilang. Karena, ada opsi yang dapat melindunginya.

Silahkan pilih opsi “keep personal files and apps” untuk melindungi data pribadi Anda. Setelah itu, silahkan tunggu prosesnya hingga selesai.

Itulah cara update Windows 10 yang paling mudah. Silahkan pilih salah satu cara di atas untuk memprosesnya. Jangan lupa juga untuk menunggu pembaruan hingga selesai sebelum mematikan komputer/laptop. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar