Contoh Banner untuk Makanan, Bisnis, Toko dan Layanan Masyarakat

Ketika memasuki toko, kantor, sekolah, gedung pameran, dan tempat umum lainnya, Anda biasanya akan menemukan banner. Mengingat tempat diletakkannya banner ini berbeda-beda, maka contoh banner di setiap tempat juga berbeda.

Banyak orang terkadang bingung untuk membedakan antara banner dan spanduk. Keduanya memang tak jauh berbeda karena sama-sama memiliki elemen tulisan, gambar, dan warna, serta dicetak pada bahan yang sama. Banner merupakan media informasi 2 dimensi yang isinya berupa pesan.

Pesan ini dapat berupa informasi promosi, jualan, perkenalan hal baru, ataupun layanan masyarakat. Jika spanduk berbentuk persegi panjang dengan landscape orientation, banner bentuknya persegi panjang namun dengan portrait orientation.

Jenis Banner

Di samping itu, pemasangan banner juga memerlukan penyangga. Berdasarkan bentuknya, banner dibedakan menjadi beberapa jenis.

1. X-Banner

X - Banner

X-banner merupakan penyangga banner yang terbuat dari bahan alumunium yang ringan dan mudah dipindahkan. Selain itu, X-banner dapat digunakan berulang-ulang. Bentuk banner ini seperti huruf X sehingga tak heran jika namanya adalah X-banner.

2. Mini X-Banner

Mini X-Banner

Dari segi bentuk dan material, mini X-banner sama seperti X-banner. Satu hal yang membedakannya adalah penempatannya. Jika X-banner biasa diletakkan di dekat pintu masuk, tidak demikian dengan mini X-banner yang diletakkan di atas meja.

3. Roll Up Banner

Roll Up Banner

Roll up banner biasanya terbuat dari alumunium atau stainless steel dan terdiri dari roll, tiang, header, dan kaki-kaki. Penggunaan banner ini sangat mudah. Cukup dengan menarik banner ke atas pada headernya, maka banner sudah dapat langsung digunakan.

Selain dalam bentuk cetak, banner juga ada dalam bentuk digital. Banner tersebut biasanya dipasang pada situs website dan menjadi ajang promosi ataupun penyampaian informasi.

6 Contoh Banner yang Bisa Jadi Referensi

Untuk lebih memahami tentang banner, berikut beberapa contoh banner yang sering dijumpai di tempat umum.

1. Banner Makanan

Banner Makanan

Contoh banner makanan ini sangat umum ditemui di restoran, cafe, kantin, dan kedai makanan. Banner jenis ini umumnya menampilkan nama restauran, gambar menu makanan, nama menu makanan, dan harganya.

Tujuan pembuatan banner makanan adalah untuk menginformasikan menu yang ditawarkan oleh sebuah kedai makanan. Dengan dipasangnya banner ini di dekat pintu masuk kedai, diharapkan orang akan lebih tertarik untuk mencoba menu tersebut.

2. Banner Business Conference

Banner Business Conference

Ketika suatu organisasi atau perusahaan, mengadakan business conference, pameran, dan acara korporat lainnya, mereka akan membutuhkan banner seperti contoh tersebut. Banner ini biasa diletakkan di pintu masuk venue atau di area panggung sebagai tambahan dekorasi venue.

Berbagai informasi yang tertera pada banner ini adalah judul event, nama pembicara, tanggal, dan venue acara.

3. Banner Kampus

Banner Kampus

Ketika masa pendaftaran masuk kampus sedang berlangsung, pihak kampus biasanya memasang banner di dekat area pendaftaran. Banner ini berfungsi untuk menginformasikan berbagai hal, misalnya pilihan jurusan, jadwal pendaftaran, dan alur pendaftaran.

4. Banner Toko

Banner Toko

Contoh di atas menunjukkan sebuah banner toko. Pada umumnya, banner ini diletakkan di bagian depan toko, dekat pintu masuk. Berbagai informasi dapat dimuat pada banner ini, misalnya jenis produk yang dijual atau promosi yang ditawarkan.

5. Banner Alur Petunjuk

Banner Alur Petunjuk

Banner alur petunjuk seperti pada contoh di atas sangat umum ditemui di kantor-kantor pelayanan publik. Dengan adanya banner ini diharapkan bahwa masyarakat mengetahui alur yang harus diikuti ketika mengurus keperluan mereka di kantor tersebut

6. Banner Layanan Masyarakat

Banner Layanan Masyarakat

Banner terkadang juga digunakan untuk menginformasikan pesan layanan masyarakat, seperti yang bisa dilihat pada contoh di atas. Jenis banner ini dapat ditemui di dukcapil, rumah sakit, puskesmas, dan fasilitas umum lainnya.

Dari berbagai contoh banner tersebut dapat diketahui bahwa banner memiliki lebih banyak tulisan daripada spanduk. Selain itu, banner juga memiliki banyak fungsi dan manfaat bagi pemiliknya ataupun orang yang membaca informasi di dalamnya.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar