Contoh Iklan Komersial, Baris, Kolom dan Iklan Display di Internet

Di zaman yang modern ini, eksistensi iklan tak lekang oleh waktu dan justru terus berkembang dengan aneka model, baca pengertian iklan. Contoh iklan banyak bertebaran di berbagai tempat, seperti televisi, radio, media cetak berupa brosur, iklan koran, iklan majalah, dan lain sebagainya.

Untuk memudahkan dalam menentukan kalimat apa yang sesuai dengan tujuan promosi produk agar dikenal masyarakat luas, sebuah iklan harus memuat kata kunci atau bisa juga menggunakan jargon andalan. Berikut contoh beberapa iklan sesuai jenis dan berbagai macam kata kuncinya yang unik.

Contoh Iklan Komersial

Contoh yang pertama adalah iklan komersial yang banyak dijumpai di media yang lebih besar, tepatnya selain media cetak. Iklan ini tentu memiliki jangkauan pemirsa yang lebih luas bahkan hingga ke luar negeri.

Untuk membuat iklan ini memakan biaya yang cukup besar karena menyangkut tahap shooting dan biasanya harus mengontrak selebriti atau talent iklan. Berikut beberapa contoh pariwara komersial yang bisa dijumpai di TV maupun baliho.

1. Iklan Tokopedia

Iklan Tokopedia

Salah satu platform belanja online Tokopedia mengeluarkan iklan yang sangat menarik seperti contoh di atas. Dalam iklan ini Tokopedia menggandeng artis kenamaan BTS dari Korea Selatan yang sedang naik daun akhir-akhir ini.

Dengar jargon-jargon andalan Tokopedia, iklan menjadi semakin menarik dan mampu diingat masyarakat, seperti salah satunya jargon “Tokopedia, selalu ada selalu bisa”.

2. Iklan Wardah

Iklan Wardah

Wardah merupakan salah satu brand kosmetik ternama Indonesia yang terkenal dengan keanggunan dan kecantikan alami wanita. Wardah memiliki jargon atau kata kunci andalannya yaitu “Cantik dari hati” yang mewakili wanita-wanita muslimah.

Dalam iklan-iklannya, Wardah selalu menampilkan konsistensinya dalam melayani masyarakat, seperti menyajikan produk kosmetik yang halal dan dapat mendukung penampilan muslimah meski berhijab.

3. Iklan Ruangguru

Iklan Ruangguru

Dari iklan jasa, Ruangguru menjadi salah satu bimbingan belajar online yang sangat populer di Indonesia. Kepopulerannya telah dibuktikan dengan bersliwerannya iklan Ruangguru di TV maupun di media yang lainnya.

Di atas adalah contoh pariwara komersial Ruangguru dengan jargon andalannya, “Bimbel? Ingat Ruangguru!” dengan brand ambassador-nya Iqbaal Ramadhan.

Contoh Iklan Baris

Iklan baris merupakan salah satu jenis iklan yang ada di media cetak, biasanya ada di koran. Dinamakan iklan baris karena iklan ini bentuknya hanya berupa tulisan dalam baris. Jumlah kata yang terbatas menjadikan iklan-iklan baris sengaja disingkat.

Keterbatasan itu ada kaitannya dengan banyaknya biaya yang harus dikeluarkan untuk setiap tempat yang diisi. Semakin singkat maka akan semakin hemat tempat dan biayanya menjadi lebih murah. Namun, meskipun singkat kalimat iklan baris harus bisa dipahami.

Dalam iklan baris selalu menyertakan nomor telepon yang bisa dihubungi jika pembaca berniat dengan penawaran maupun merespons iklan tersebut.

Berikut beberapa iklan baris yang biasanya berupa penjualan barang bekas, penjualan rumah, dan bisa juga berupa berita kehilangan dan pengumuman.

1. Penjualan Barang

Iklan Penjualan Barang

Penjualan barang dalam iklan baris biasanya adalah barang bekas pakai atau barang baru yang dijual secara cepat karena membutuhkan uang. Detail barang atau jasa yang ditawarkan dijelaskan dengan kata-kata singkat dan terbatas.

Bagian yang dijelaskan di antaranya:

  • Nama barang atau jasa yang ditawarkan.
  • Tipe barang dan warnanya.
  • Kondisi barang.
  • Harga barang, biasanya ditambah dengan keterangan nego jika barang bisa ditawar.
  • Nomor yang bisa dihubungi untuk memperoleh informasi penawaran lebih lanjut.

Contoh kalimat dalam iklan baris penjualan di antaranya:

Djl mtr Ymh kndsi bks mls & grnsi, 10 jt nego. Hub 081234900989.

2. Lowongan Pekerjaan

Iklan Lowongan Pekerjaan

Selain penawaran atau penjualan barang maupun jasa, iklan baris juga bisa digunakan sebagai media untuk menawarkan lowongan pekerjaan. Biasanya kalimatnya lebih panjang jika dibandingkan dengan iklan penawaran barang atau jasa karena membutuhkan beberapa persyaratan yang dijelaskan.

3. Berita Kehilangan

Berita Kehilangan

Iklan baris seakan memiliki kesan keterburu-buruan karena kalimat yang pendek-pendek dan disingkat. Oleh sebab itu, iklan baris juga bisa digunakan sebagai media pengumuman berita kehilangan dalam kondisi genting.

Berita kehilangan yang dipublikasikan melalui iklan baris akan menjangkau lebih banyak orang karena pembaca korang berasal dari banyak daerah.

Contoh Iklan Kolom

Selain iklan baris, di dalam koran juga terdapat iklan kolom untuk mengisi halaman-halaman koran yang kosong. Iklan kolom merupakan iklan koran yang lebih panjang dibandingkan dengan iklan baris.

Iklan kolom biasanya juga tidak disingkat, karena space-nya lebih lebar dan bisa memuat gambar kecil berwarna hitam putih. Harga iklan kolom tentu lebih mahal jika dibandingkan dengan iklan baris. Iklan kolom juga tidak terkesan buru-buru karena biasanya barang yang ditawarkan masih baru.

Di bawah ini adalah beberapa contoh iklan berbentuk kolom yang ada di koran.

1. Mobil

Iklan Kolom Mobil

Dari contoh untuk iklan kolom penjualan di atas bisa dilihat bahwa mobil yang ditawarkan sepertinya masih baru karena ada promo. Dengan begitu, iklan mobil seperti itu memang lebih tepat menggunakan iklan kolom dibandingkan iklan baris.

2. Rumah

Iklan Kolom Rumah

Dibandingkan dengan iklan baris mengenai penyewaan atau penjualan rumah, iklan kolom yang memuat penjualan rumah biasanya tidak terlalu urgent dan bisa ditambahkan detail gambar rumah agar pembaca lebih yakin.

Ragam Iklan Display di Internet

Ragam Iklan Display di Internet

Jika ada iklan kolom di koran, maka di internet ada iklan display. Iklan display yaitu iklan yang menyerupai poster promosi atau iklan berformat visual yang sering dijumpai di internet. Media-media sosial seperti Facebook dan Twitter juga sering menjadi tempat munculnya iklan display.

Iklan ini dapat menjadi alternatif untuk para marketer yang hendak meluaskan pasarnya melalui media modern, yakni media sosial. Jangkauan iklan lebih luas karena tidak terbatas oleh wilayah, berbeda dengan iklan kolom dan baris di koran yang terbatas pada koran mana yang terbit.

Di atas adalah contoh untuk iklan display Gebyar Honda yang ada di Twitter. Beberapa contoh iklan di atas dapat menjadi gambaran untuk para marketer yang hendak membuat iklan berdasarkan suatu jenis. Tentukan berdasarkan keperluan dan target pasar agar pemilihan jenis iklan lebih tepat.

Tinggalkan komentar