3 Contoh Slip Gaji Excel Sederhana & Simpel

Slip gaji merupakan dokumen yang memang dibuat khusus dengan menampilkan rincian perolehan gaji seseorang. Kalau bekerja di bagian sumber daya manusia, memang sangat penting memahami contoh slip gaji Excel.

Jika tidak, dokumen slip gaji yang dibuat bisa kurang jelas dan menimbulkan permasalahan dengan pegawai lainnya. Karena di dalam slip gaji ada bagian-bagian yang harus dituliskan dengan detail untuk memberikan kepastian dan kejelasan.

Slip Gaji Excel dan Contoh Formatnya

Slip Gaji Excel dan Contoh Formatnya

Slip gaji memiliki fungsi untuk memberikan informasi yang mendetail mengenai besaran gaji yang diberikan perusahaan kepada pegawainya. Ini juga bisa jadi tanda terima atas gaji yang sudah diberikan perusahaan selama sebulan atau periode tertentu.

Slip gaji sangat penting sekali terutama kalau perusahaan memberikan bayaran gaji dalam bentuk uang tunai, bukan transfer. Walaupun untuk model pembayaran upah secara transfer juga membutuhkan slip gaji untuk kejelasan laporan.

Selain untuk kepastian dan kejelasan, slip gaji juga berguna untuk mengajukan beberapa urusan yang terkait masalah keuangan. Contohnya untuk syarat beasiswa anak atau bantuan-bantuan tertentu. Format slip gaji di Microsoft Excel juga tidak boleh sembarangan.

Umumnya ada dua model format slip gaji di Excel yaitu pertama berisi tabel detail gaji. Lalu kedua slip gaji satu persatu yang terpisahkan dengan data upah para pegawai. Berikut ini beberapa contohnya yang bisa digunakan sebagai acuan:

1. Gaji Karyawan

Kop Surat
Judul Gaji dan Periode Penggajian
NIK1234
NamaJatmiko
JabatanMarketing
StatusKaryawan Tetap
PenghasilanPotongan
Gaji PokokRp. 1.800.000PPh 21Rp. 180.000
Tunjangan JabatanRp. 900.000Asuransi
Tunjangan KonsumsiRp. 455.000Total (B)Rp. 180.000
Tunjangan HarianRp. 520.000
Bonus PencapaianRp. 752.000
Total (A)Rp. 4.427.000
Penerimaan BersihTotal A – Total BRp. 4.247.000

Contoh format di atas adalah penggajian yang diberikan kepada karyawan. Isinya data lengkap karyawan tersebut mulai dari NIK, KTP, Nama, Jabatan dan juga status kerja. Kemudian di dalam detail gajinya meliputi semua pendapatan yang diterima oleh Jatmiko.

Semua harus dituliskan agar memberikan kepastian dan kejelasan bagi karyawan mulai dari gaji pokok, semua tunjangan dan juga potongan. Sehingga didapatkan penerimaan gaji secara bersih.

Jangan lupa di bagian akhir slip gaji diberikan tanggal, tempat, dan tanda tangan yang berwenang.

2. Slip Gaji Sederhana

Kop Surat Gaji
Periode GajiApril 2021
NamaMaya
JabatanPenjaga Toko
Gaji PokokRp. 3.500.000
Tunjangan JabatanRp. 50.000
Tunjangan TransportasiRp. 50.000
Upah Lembur
Potongan– Rp. 180.000
Jumlah TotalRp. 3.420.000
Penutup Slip Gaji

Ada juga contoh format yang cukup sederhana tapi juga tetap menampilkan informasi yang jelas mengenai sumber pendapatannya. Pastikan bagian atas slip gaji selalu ada kop suratnya yang berisi identitas perusahaan.

Bagian akhir juga berisi penutup dan nama HRD atau yang berwenang.

3. Gaji Guru

Nama Sekolah
Nama GuruArman
NIP654321
Periode GajiMaret 2021
Gaji KotorRp. 2.145.500
Potongan Sosial
Potongan PGRIRp. 7.000
Potongan BAISRp. 2.000
Potongan Kematian
Potongan DankarRp. 20.650
Potongan DanpenRp. 5.000
Potongan Bank
Potongan KoperasiRp. 877.000
Potongan PMI
Potongan Dharma Wanita
Potongan phb/phbi-k3sRp. 2.500
Potongan BerasRp. 51.500
Lain-lain
Jumlah PotonganRp. 965.650
Jumlah Gaji Bersih yang DiterimaRp. 1.179.850

Model slip gaji yang diterima oleh guru sebenarnya tidak jauh berbeda dengan format gaji lainnya. Hanya saja memang ada bagian kolom potongan yang lebih banyak. Bisa juga menambahkan sumber pendapatan lainnya misalnya seperti tunjangan dan lain-lain.

Umumnya tidak ada perbedaan yang begitu besar dari tiga contoh slip gaji Excel di atas. Hanya saja ada yang mencantumkan penghasilan dan potongan pada kolom yang berbeda.

Ini bisa digunakan ketika jumlah sumber penghasilannya ada banyak dan potongannya juga banyak. Agar bisa terlihat lebih rapi dan jelas. Sehingga mudah dipahami oleh karyawan yang menerima gaji.

Contoh slip gaji Excel rata-rata hampir sama. Bisa menggunakan format yang sederhana jika skala usahanya kecil seperti toko. Tapi jika sudah skala besar, upayakan menuliskan semuanya secara jelas dan detail.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.