Contoh Spanduk untuk Warung Makan, Siswa Baru, Event dan HUT

Hampir semua tepi jalan besar di Indonesia terdapat setidaknya satu spanduk. Contoh spanduk yang sering terpampang tersebut adalah spanduk toko, perayaan kemerdekaan RI, dan spanduk kampanye. Apakah spanduk itu? Dan mengapa spanduk banyak ditemui di tepi jalan?

Pengertian dan Fungsi Spanduk

Pengertian dan Fungsi Spanduk

Spanduk merupakan kain rentang yang berisi informasi, slogan, atau pesan lainnya yang perlu diketahui oleh masyarakat. Permukaan spanduk memiliki gambar dan rangkaian kata yang berisi pesan yang ingin disampaikan. Selain itu, spanduk biasanya juga berukuran besar dan berwarna mencolok.

Pemasangan spanduk berbeda dari pemasangan media visual 2 dimensi lainnya, misalnya poster, banner, dan baliho. Spanduk biasanya digantungkan di tepi jalan, pada bagian depan toko, bagian dalam suatu gedung, depan sekolah, dan tempat umum lainnya.

Fungsi dari spanduk adalah:

  1. Sebagai media promosi produk, jasa, dan bahkan sekolah.
  2. Media penyampaian pesan layanan masyarakat.
  3. Meningkatkan kepercayaan masyarakat akan suatu produk, jasa, dan bahkan tokoh masyarakat.

Contoh Spanduk

Spanduk dapat didesain dengan menggunakan berbagai aplikasi desain grafis, misalnya Photoshop, Canva, dan Corel Draw. Hasil dari proses desain ini dapat dilihat dalam beberapa contoh spanduk di bawah ini.

1. Spanduk Penerimaan Siswa Baru

Spanduk Penerimaan Siswa Baru

Spanduk penerimaan siswa baru, seperti yang tertera pada contoh di atas, biasanya muncul menjelang dan selama masa penerimaan siswa baru. Tujuan dari dipasangnya spanduk ini adalah untuk mengajak masyarakat mendaftarkan putra dan putri mereka ke sekolah tersebut.

Oleh karena itu, spanduk tersebut memuat berbagai informasi penting, misalnya nama dan alamat sekolah, syarat pendaftaran, kontak person, dan akreditasi sekolah.

2. Spanduk Warung Makan

Spanduk Warung Makan

Spanduk ini menggambarkan warung makan yang biasa digantungkan di depan warung makan itu sendiri. Untuk menarik perhatian masyarakat, spanduk ini dibuat dalam warna yang cerah. Selain itu, spanduk tersebut juga menampilkan menu yang ditawarkan dan harganya.

3. Spanduk HUT RI

Spanduk HUT RI

Perayaan HUT kemerdekaan RI selalu dilakukan dengan meriah. Jalan-jalan dihiasi dengan umbul-umbul dan bendera. Selain itu, spanduk peringatan HUT RI, seperti pada contoh di atas, juga banyak ditemukan di pinggir jalan atau jalan masuk menuju pemukiman.

Selain dipasang di area outdoor, spanduk tersebut juga dapat dipasang di area indoor atau sebagai background panggung perayaan HUT RI.

4. Spanduk Event

Spanduk Event

Di atas merupakan sebuah spanduk untuk event. Spanduk ini menjelaskan event yang diselenggarakan, misalnya judul event, nama penyelenggara, dan waktu penyelenggaraan event tersebut.

Spanduk event dapat dipasang di luar ruangan, sebelum acara dilangsungkan, sebagai ajang promosi atau pemberitahuan agar masyarakat menghadiri event yang dilaksanakan. Selain itu, spanduk ini juga dapat dipasang pada venue acara.

5. Spanduk Selamat Hari Besar Keagamaan

Spanduk Selamat Hari Besar Keagamaan

Berbagai instansi pemerintah, organisasi, dan tokoh masyarakat biasanya menggunakan momen hari besar keagamaan untuk meningkatkan eksistensinya dengan cara membuat spanduk ucapan selamat hari raya.

Spanduk tersebut biasanya dipasang di area-area strategis, misalnya tepi jalan dekat perempatan atau lampu lalu lintas.

6. Spanduk Layanan Masyarakat

Spanduk Layanan Masyarakat

Spanduk ini biasanya berisi ajakan atau himbauan, misalnya himbauan cara berkendara. Dengan dibuatnya spanduk seperti contoh di atas, masyarakat tak hanya akan mematuhi himbauan yang disampaikan, namun juga terhibur.

7. Contoh Spanduk Covid-19

Contoh Spanduk Covid-19

Mengingat bahwa virus Covid-19 sedang melanda negeri ini, maka tak heran jika banyak spanduk bertemakan Covid-19 dibuat. Seperti contoh di atas, misalnya, spanduk tersebut mengingatkan masyarakat tentang cara mencegah penularan Covid-19.

Contoh di atas hanyalah sebagian kecil dari ragam spanduk yang dapat ditemukan di lingkungan sekitar kita. Dari contoh tersebut, dapat disimpulkan bahwa desain spanduk terbuat dari berbagai elemen, contohnya gambar, warna, dan tulisan.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar