5 Film Desain Grafis yang Wajib Ditonton Mahasiswa DKV

Dunia desain grafis memang tidak semudah yang dibayangkan, ada banyak perjuangan dibalik indahnya desain poster, animasi, iklan, dan media lainnya. Agar bisa dijadikan pembelajaran, kamu yang berminat dengan industri ini, terutama mahasiswa DKV, wajib menonton lima film tentang desain grafis di bawah ini.

1. Abstract: The Art Of Design

Film Desain Grafis Abstract: The Art Of Design

Rekomendasi film pertama yang wajib ditonton oleh mahasiswa DKV adalah film yang berjudul Abstract : The Art of Design. Film ini merupakan film serial dokumenter yang tayang di Netflix dan terdiri dari dua season. Melalui film ini, kamu bisa mengetahui proses pembuatan desain grafis serta pengaruh desain terhadap aspek kehidupan.

Season pertama film ini terdiri dari delapan episode yang akan menceritakan kisah dari delapan tokoh desainer grafis mendunia. Dari delapan episode tersebut, kamu akan mempelajari tentang ilustrasi, proses desain sepatu, tahapan desain, arsitektur, automotive design, graphic design, fotografi, dan desain interior. 

Sama seperti season sebelumnya, season dua akan menceritakan kisah dari enam tokoh desainer grafis mendunia. Beberapa bidang yang diceritakan di season dua ini adalah tentang design of art, bio-arsitektur, desain kostum, design for play, desain produk digital, dan typeface design.  

Intinya, melalui film serial Abstract: The Art of Design, kamu bisa lebih mendalami lagi berbagai bidang dari desain grafis. Film ini juga bisa membantu kamu menentukan bidang apa yang ingin kamu tekuni dan jalani nantinya. Ditambah lagi, film ini dibawakan langsung oleh tokoh dunia yang bisa memotivasi kamu agar lebih tekun mempelajari dunia graphic design.

2. Drew: The Man Behind The Poster

Drew: The Man Behind The Poster

Membuat poster menjadi materi belajar dalam kelas graphic design. Sebab itu, kamu wajib tonton film Drew: The Man Behind The Poster ini. Film ini menceritakan tentang perjalanan karier seorang pembuat poster terkenal yaitu Drew Sturan. 

Melalui film ini, para penonton bisa melihat bagaimana perjuangan Drew saat proses pembuatan poster film. Jadi, kamu bisa mempelajari hal apa yang harus ada pada sebuah poster. Salah satu pesan dari film ini menyatakan bahwa terkadang poster sebuah film tidak dinilai dari kualitas karyanya, melainkan dari foto aktor film yang ada di poster film tersebut. 

3. The Pixar Story

Film Desain Grafis The Pixar Story

Jika kamu suka film animasi dan tertarik dengan dunia graphic design bidang animasi, kamu wajib melihat film The Pixar Story. Film ini menceritakan kisah dibalik pembuatan film dari rumah produksi Pixar Animation Studio. Beberapa film animasi terkenal dari Pixar Animation Studio adalah Toy Story, Up, Coco dan lainnya.

Melalui film ini, kamu bisa belajar tentang proses pembuatan animasi, mulai dari gambar gerak pertama hingga gambar animasi saat ini. Film ini juga menyajikan video wawancara beberapa tokoh pembuat animasi terkenal seperti John Lasseter, James Ford Murphy, dan lainnya.  

4. Helvetica

Helvetica

Jika kamu seorang mahasiswa DKV dan bergelut di bidang graphic design, jenis font Helvetica mungkin sudah biasa didengar.

Ya, jenis font ini menjadi salah satu pilihan populer, bahkan dijadikan sebuah judul film dokumenter. Film Helvetica menceritakan tentang ilmu tipografi dalam dunia desain grafis.

Selain membahas tentang proses pembuatan font Helvetica dan kepopulerannya, film juga membahas pendapat tentang modernist dan postmodernist design. Selain itu, beberapa tokoh desainer grafis ternama dan juga desainer font turut diwawancarai pada film ini untuk memberikan pendapat mengenai tipografi dalam dunia graphic design.

5. Art and Copy

Film Desain Grafis Art and Copy

Rekomendasi film yang terakhir ini cocok untuk kamu yang mendalami dunia periklanan. Film dokumenter Art and Copymenceritakan tentang latar belakang pembuatan iklan dari brand yang telah mendunia saat ini. 

Film ini akan mengulas cara sebuah perusahaan membangun branding mereka melalui media periklanan, mulai dari cara membuat campaign yang mudah diingat, cara memilih aktor yang membintang iklan, dan lainnya. Jadi, jika kamu ingin mengetahui dunia periklanan lebih lanjut, jangan lewatkan film Art and Copy ini. 

Itulah rekomendasi lima film desain grafis yang wajib ditonton oleh mahasiswa DKV. Semua film di atas merupakan film dokumenter yang menceritakan kisah nyata di balik dunia kerja graphic design. Jadi, kamu bisa mendapatkan gambaran tentang pekerjaan seorang desainer grafis dengan menonton salah satu film di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.