Keyboard Laptop Tidak Berfungsi? Ini Penyebab & Cara Memperbaiknya

Pada laptop dan komputer keyboard merupakan bagian yang sangat penting. Keyboard adalah perangkat keras untuk input yang paling utama. Kalau keyboard laptop tidak berfungsi, Anda tentu masih bisa menggunakan mouse, tapi bagaimana Anda akan mengetikkan sesuatu di sistem komputer?

Keyboard yang tiba-tiba tidak berfungsi harus dicari tahu penyebabnya. Setelah Anda tahu kenapa keyboard berhenti berfungsi, barulah Anda bisa mencari solusi dari permasalahan tersebut. Anda tidak perlu buru-buru memboyong laptop Anda ke tukang service karena masalah ini bisa diatasi di rumah.

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi di Windows 7

Apapun merek laptopnya, solusi untuk keyboard yang tiba-tiba berhenti berfungsi sebenarnya sama saja untuk setiap keyboard. Pertama-tama Anda perlu melihat berbagai kemungkinan penyebab tidak berfungsinya keyboard laptop tersebut.

Tampaknya, ada laptop yang mengalami masalah keyboard laptop tidak berfungsi sebagian dan ada pula masalah lain yaitu seluruh keyboard tidak berfungsi sama sekali. Apa yang membuat keyboard mengalami masalah yang sedemikian serius? Berikut beberapa kemungkinan penyebabnya:

  • Gangguan pada perangkat keras atau hardware yaitu pada bantalan keyboard yang menjadi tidak sensitif atau longgar.
  • Terkena benda cair misalnya air minum yang tumpah di atasnya akan membuat keyboard menjadi konslet.
  • Terpapar benda asing seperti debu atau yang lainnya yang masuk ke dalam celah keyboard, sehingga membuat keyboard laptop tidak berfungsi sama sekali atau hanya sebagian.
  • Error pada software dalam laptop yang membuat laptop tidak match dengan perangkat keras input keyboard.

Apapun penyebab tidak berfungsinya keyboard, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan terlebih dahulu sebelum membayar jasa service untuk memperbaiki laptop tersebut. Tapi pastikan Anda mencoba cara-cara yang akan Anda baca ini dengan sangat hati-hati agar tidak menimbulkan kerusakan lain.

Mengatasi Berbagai Masalah Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Langkah-langkah sederhana di bawah ini bisa Anda gunakan untuk mencoba mengatasi berbagai masalah yang muncul pada keyboard laptop. Lakukan setiap langkah dengan cermat dan penuh kehati-hatian, agar masalah ini bisa segera terselesaikan tanpa memicu masalah lain pada laptop Anda.

1. Memastikan Jenis Kerusakan yang Muncul di Keyboard

Memastikan Jenis Kerusakan yang Muncul di Keyboard

Sebenarnya hanya ada 2 hal utama yang mengakibatkan keyboard laptop tidak berfungsi di Windows 10 maupun di versi Windows yang lain, yaitu masalah pada hardware atau disebabkan oleh software. Anda perlu mencari tahu dan memastikan yang mana penyebab dari kerusakan fungsi keyboard ini.

Setelah mengerti penyebab dari kerusakan ini barulah Anda bisa menentukan penanganan yang paling cocok untuk diberikan ke keyboard laptop Anda. Bagaimana cara melakukan pengecekan kerusakan laptop ini? Mudah saja, Anda tinggal membuka BIOS laptop Anda.

Setelah masuk ke BIOS Anda bisa melakukan pengecekan keyboard. Jika ternyata keyboard Anda berfungsi sewaktu mengakses BIOS berarti kerusakan keyboard laptop tersebut disebabkan oleh software. Jawaban dari masalah ini adalah mencari tahu software mana yang mengakibatkan masalah.

2. Membersihkan Debu dan Kotoran dari Keyboard Laptop

Membersihkan Debu dan Kotoran dari Keyboard Laptop

Ini adalah metode perbaikan keyboard laptop yang paling mudah dan murah, sebenarnya justru tanpa biaya sama sekali. Baik keyboard Anda berhenti berfungsi sebagian maupun total, bisa jadi hal ini disebabkan oleh tumpukan debu yang berkumpul di balik keyboard Anda.

Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk membebaskan keyboard laptop dari tumpukan kotoran atau debu:

  • Nonaktifkan laptop.
  • Letakkan laptop pada posisi miring dengan sudut 90 derajat atau minimal 75 derajat untuk mempermudah proses pembersihan.
  • Dalam posisi tersebut goyangkan laptop Langkah ini akan menyingkirkan kotoran apapun termasuk debu dari bagian dalam laptop.
  • Gunakan selotip untuk membersihkan kembali bagian atas dan bawah keyboard laptop. Selotip akan membuat sisa kotoran menempel dan pergi dari keyboard laptop.
  • Nyalakan lagi laptop Anda dan periksa apakah seluruh tombol keyboard bisa berfungsi dengan baik atau tidak.

Jika cara memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi diatas tampaknya tidak berfungsi dan keyboard laptop Anda masih tidak bisa melakukan tugasnya melakukan input data, Anda perlu mencoba cara berikutnya.

3. Melakukan Restart pada Laptop

Melakukan Restart pada Laptop

Metode perbaikan lain yang sama mudah dan gratisnya adalah melakukan restart pada laptop Anda. Cara ini bisa dilakukan jika masalah kerusakan keyboard ini disebabkan oleh driver maupun software. Seringkali, restart laptop adalah jalan terbaik dari berbagai kerusakan yang terjadi di laptop.

Biasanya, software laptop yang tiba-tiba eror membuat hardware laptop juga tidak berfungsi dengan semestinya. Kalau Anda tidak bisa merestart komputer Anda melalui Start menu, Anda bisa mencoba merestart laptop dengan menekan tombol power selama lima hingga lima belas detik.

4. Restore Sistem Operasi pada Laptop

Restore Sistem Operasi pada Laptop

Kalau laptop Anda tiba-tiba tidak berfungsi setelah Anda memasang software baru di laptop atau setelah Anda mengubah settingan atau pengaturan laptop, melakukan Restore Windows merupakan jalan keluar pertama yang harus Anda coba.

Restore Windows atau System Restore akan bekerja dengan mengembalikan sistem operasi Anda ke kondisi awal sebelum laptop Anda mengalami kerusakan atau error. Apabila masalah yang timbul adalah karena software, Restore Windows akan mengatasi masalah tersebut dengan mudah.

Berikut ini adalah langkah menjalankan Restore Windows:

  • Jalankan Control Panel yang bisa Anda akses dengan memasuki jendela Settings atau Pengaturan.
  • Pilih menu System and Security kemudian klik pilihan Back up your computer.
  • Pada jendela baru yang muncul, Anda perlu memilih Recover system settings or your computer.
  • Lalu klik pada pilihan Open System Restore.

Ikuti langkah yang diharuskan oleh jendela pengaturan tersebut untuk menjalankan Restore Windows. Pada akhir rangkaian proses, laptop Anda akan direboot. Setelah proses ini selesai, seharusnya keyboard pada laptop Anda sudah bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

5.     Memperbaiki Driver Keyboard Laptop

Memperbaiki Driver Keyboard Laptop

Driver keyboard yang belum di update bisa jadi adalah penyebab keyboard laptop tiba-tiba berhenti berfungsi. Anda bisa melakukan pengecekan terhadap driver keyboard dengan cara membuka Device Manager. Berikut langkah-langkahnya:

  • Temukan program Device Manager kemudian jalankan program tersebut.
  • Setelah jendela Device Manager terbuka, pilih menu Keyboards, klik pada menu drop down di sampingnya.
  • Kalau terdapat ikon berwarna kuning dengan simbol tanda seru pada driver keyboard, Anda perlu melakukan update pada driver tersebut. Klik kanan pada driver dengan warning sign tersebut lalu klik Update Driver Software.
  • Ikuti perintah apapun yang muncul di monitor laptop Anda untuk menyelesaikan proses update software.

Kelima cara di atas merupakan solusi paling mudah untuk mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi. Jika semua cara sudah Anda coba dan tidak terjadi perubahan apapun pada keyboard laptop Anda, tiba waktunya Anda membawa laptop tersebut ke tukang service.

Tapi pastikan Anda membawa laptop Anda ke service center yang benar-benar terpercaya ya, yaitu service center yang resmi. Bukannya sembarang tukang service yang bisa jadi akan menggunakan spare part tidak resmi untuk memperbaiki laptop Anda dan menghapus garansi resmi pada laptop.

Tinggalkan komentar