Mengenal Microsoft Excel dan Manfaatnya

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi Microsoft Excel. Sejauh ini para pengguna hanya memanfaatkannya tapi tidak begitu berminat dengan sejarah Excel. Padahal Microsoft Excel adalah program yang memiliki sejarah sangat panjang sekali.

Orang-orang mungkin saja juga tahu pengertian Excel secara umum dan gampang. Agar bisa menambah wawasan, simak penjelasan pengertian, sejarah dan lain-lain mengenai Excel di bawah ini!

Pengertian Microsoft Excel

Pengertian Microsoft Excel

Sebelum mulai menggunakan dan mengoperasikan Microsoft Excel, tidak ada salahnya untuk memahami pengertian dari program yang banyak digunakan oleh orang-orang ini. Microsoft Excel adalah suatu program dalam bentuk aplikasi lembar kerja spreadsheet.

Kemudian lembar kerja berbentuk spreadsheet ini didistribusikan oleh pihak Microsoft Corporation untuk digunakan pada perangkat dengan sistem operasi Mac OS maupun Windows. Tanpa menggunakan kedua OS itu, maka program aplikasi ini tidak bisa dijalankan.

Umumnya program aplikasi yang dinilai sangat powerfull ini sangat mudah ditemukan di perkantoran. Karena memang Microsoft Excel memiliki fungsi sangat sangat penting dalam pengelolaan data secara sederhana maupun yang paling rumit, terutama terkait angka.

Aplikasi ini sebenarnya juga sudah terpasang secara otomatis ketika menginstal aplikasi perkantoran Microsoft Office pada laptop maupun PC. Dalam setiap paket pembelian sudah tersedia beberapa aplikasi seperti Word, Powerpoint, Excel dan lain-lain.

Sejarah Microsoft Excel

Sejarah Microsoft Excel

Sejarah perjalanan program Microsoft Excel ini sebenarnya juga cukup panjang yaitu mulai tahun 1985 dimana program ini pertama kali rilis. Pada awalnya hanya tersedia bagi sistem operasi Mac saja.

Pada saat itu juga belum tersedia paket instalasi. Sehingga hanya tersedia satu aplikasi Excel saja. Ketika di kisaran tahun tersebut, banyak sekali perusahaan keuangan yang tidak terima dengan kehadiran Excel.

Karena program aplikasi ini dinilai memiliki nama yang sama dengan produk mereka. Sehingga dalam sebuah gugatan akhirnya Excel kalah dan sepenuhnya berubah jadi Microsoft Excel.

Tapi pihak Microsoft sendiri pada akhirnya tidak mau mengambil risiko dan ingin mengamankan posisinya, yaitu dengan jalan membeli nama software dari perusahaan yang menggugat. Sehingga dengan cara ini diharapkan tidak akan ada masalah penuntutan kembali di kemudian hari.

1. Awal Tersedia Bagi Windows

Setelah itu pada tahun 1987, aplikasi Excel dari Microsoft ini mulai tersedia untuk sistem operasi Windows. Untuk aplikasi versi khusus sistem operasi Windows ini dinamakan dengan Excel 2.0.

Seiring berjalannya waktu, kepopuleran aplikasi Excel ini meningkat sangat pesat sekali. Bahkan setelah tersedia bagi OS Windows, aplikasi Excel mampu mengalahkan pesaing utamanya untuk aplikasi yang sama yaitu bernama Lotus.

Kekalahan Lotus itu diduga akibat lambatnya proses pengembangan untuk Windows yang pada saat itu penggunanya membutuhkan aplikasi Excel.

Berjalannya waktu, pada 1988, Microsoft Excel berhasil mengambil alih secara total dominasi kepopuleran software spreadsheet yang mudah digunakan.

2. Mulai Tersedia Paket Instalasi Microsoft Office

Ketika mulai tersedia bagi OS Windows, kepopuleran Microsoft Excel melejit sangat tinggi. Kemudian baru pada tahun 1993 baru tersedia paket instalasi Microsoft Office yang terintegrasi dengan sangat baik.

Untuk Word dan Power Point sendiri pada akhirnya menyesuaikan tampilannya dengan Excel. Ketika mulai tersedia dalam paket instalasi Microsoft Office inilah, pengguna Excel dari waktu ke waktu semakin meningkat.

Pihak pengembang sendiri juga terus mengeluarkan aplikasi-aplikasi Excel yang versi paling baru dengan penambahan fitur yang beragam.

Pada tahun 1993 itu juga Excel mulai mengalami pengembangan penting seperti memiliki bahasa pemrograman VBA atau Visual Basic for Applications. Pada versi berikutnya juga ada penambahan integrated development environment atau IDE pada bahasa VBA Excel.

Tujuan utamanya adalah untuk bisa memudahkan para programer agar bisa membuat program buatan mereka sendiri.

Selain itu juga akan memungkinkan perekaman semua aktivitas pengguna jadi makro dan bisa menjalankan fungsi automatisasi untuk beberapa tugas.

3. Perkembangan Versi Windows dan Mac

Versi Windows

  • Microsoft Excel 2 (Versi 2.0 rilis tahun 1987)
  • Microsoft Excel 3 (Versi 3.0 rilis tahun 1990)
  • Microsoft Excel 4 (Versi 4.0 rilis tahun 1992)
  • Microsoft Excel 5 (Versi 5.0 rilis tahun 1993)
  • Microsoft Excel 95 (Versi 7.0 rilis tahun 1995)
  • Microsoft Excel 97 (Versi 8.0 rilis tahun 1997)
  • Microsoft Excel 2000 (Versi 9.0 rilis tahun 2000)
  • Microsoft Excel 2002 (Versi 10.0 rilis tahun 2002)
  • Microsoft Excel 2003 (Versi 11.0 rilis tahun 2003)
  • Microsoft Excel 2007 (Versi 12.0 rilis tahun 2007)
  • Microsoft Excel 2010 (Versi 14.0 rilis tahun 2010)
  • Microsoft Excel 2013 (Versi 15.0 rilis tahun 2013)
  • Microsoft Excel 2016 (Versi 16.0 rilis tahun 2016)

Versi Mac

  • Microsoft Excel 1 (Versi 1.0 rilis tahun 1985)
  • Microsoft Excel 1.5 (Versi 1.5 rilis tahun 1988)
  • Microsoft Excel 2 (Versi 2.2 rilis tahun 1989)
  • Microsoft Excel 3 (Versi 3.0 rilis tahun 1990)
  • Microsoft Excel 4 (Versi 4.0 rilis tahun 1992)
  • Microsoft Excel 5 (Versi 5.0 rilis tahun 1993)
  • Microsoft Excel 98 (Versi 8.0 rilis tahun 1998)
  • Microsoft Excel 2000 (Versi 9.0 rilis tahun 2000)
  • Microsoft Excel 2001 (Versi 10.0 rilis tahun 2001)
  • Microsoft Excel 2004 (Versi 11.0 rilis tahun 2004)
  • Microsoft Excel 2008 (Versi 12.0 rilis tahun 2008)
  • Microsoft Excel 2011 (Versi 14.0 rilis tahun 2011)
  • Microsoft Excel 2016 (Versi 16.0 rilis tahun 2016)

Microsoft excel versi terakhir bisa Anda dapatkan di https://www.microsoft.com/id-id/microsoft-365/excel

Manfaat Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah program yang mampu menawarkan banyak kemudahan untuk berbagai jenis pekerjaan yang terkait dengan pengolahan data dan angka. Tidak heran jika dari waktu ke waktu, aplikasi Excel ini semakin banyak digunakan untuk berbagai jenis aktivitas perkantoran.

Secara umum berikut beberapa manfaat dari aplikasi Excel:

1. Grafik Statistika

Grafik Statistika

Manfaat yang cukup besar dan bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi Excel ini adalah mampu menunjukkan sebuah grafik dengan sangat baik sekali. Para pengguna harus memasukkan data terlebih dahulu ke dalam beberapa tabel yang ada.

Biasanya kemampuan menampilkan grafik ini lebih difungsikan untuk grafik statistika. Dengan menggunakan aplikasi Excel ini juga tidak perlu melakukan penghitungan secara manual. Semua bisa dilakukan dengan mudah menggunakan berbagai rumus Excel.

2. Menghasilkan Manajemen Data yang Lebih Rapi

Menghasilkan Manajemen Data yang Lebih Rapi

Salah satu permasalahan data perkantoran yang sering terjadi adalah ditampilkan dalam bentuk yang tidak rapi sama sekali. Sehingga ini akan berdampak sulitnya proses pembacaan data perkantoran tersebut.

Namun jika menggunakan aplikasi Excel, maka semua data bisa dimanajemen dengan baik dan sangat rapi sekali. Terutama terkait dengan masalah angka yang biasanya jika tidak ditata dengan rapi bisa menyebabkan kesalahan penghitungan.

3. Memudahkan Proses Programming

Memudahkan Proses Programming

Selain lebih sering digunakan untuk aktivitas pengelolaan data perkantoran, aplikasi Excel ini ternyata juga sering dimanfaatkan oleh para programmer. Karena programmer biasanya selalu berkaitan dengan proses input rumus dan data yang cukup rumit.

Dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel ini, maka proses pengelolaan setiap rumus dan data yang rumit bisa dilakukan lebih mudah lagi. Ini akan meningkatkan keefisienan dan juga keefektifan proses.

Dampaknya bisa membuat program maupun aplikasi yang lebih baik dan minim kesalahan.

Aplikasi Microsoft Excel adalah program yang bermanfaat sekali untuk berbagai macam aktivitas. Di zaman sekarang bahkan kemampuan Microsoft Excel menjadi bahan pertimbangan penting ketika sedang melamar pekerjaan.

Tinggalkan komentar