Microsoft Word Adalah: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Fitur

Microsoft Word adalah salah satu program perangkat lunak pengolah kata yang meliputi proses, membuat, mengedit, dan memformat dokumen. Software word processing paling populer ini sangat umum digunakan untuk keperluan mengolah dokumen dalam bentuk teks, seperti karya tulis, dsb.

Sejarah Singkat Microsoft Word

Sejarah Singkat Microsoft Word

Microsoft Word Office atau Microsoft Word adalah software pengolah kata andalan Microsoft yang dirilis pada tahun 1983 dengan nama Multi-Tool Word. Awalnya, Word dirancang khusus untuk Xenix, dan kemudian versi lain mulai dikembangkan sehingga dapat diaplikasikan berbagai sistem operasi.

Di bawah ini adalah sejarah singkat Ms Word berdasarkan periode waktunya:

1. Periode 1981 s/d 1990

Sebagian ide Word terinspirasi dari Bravos (Pengolah kata berbasis grafik pertama dari Xerox PARC), yang diciptakan Charles Simonyi sebelum akhirnya beralih ke Microsoft pada tahun 1981. Sedangkan pengembangan Multi-Tool Word dimulai pada awal bulan Februari 1983.

Pada 25 Oktober 1983, software ini diterbitkan dengan nama baru Microsoft Word untuk IBM PC, dimana masa tersebut dunia pengolah kata masih dikuasai WordStar dan WordPerfect. Namun, Ms Word hadir dengan program baru berupa huruf cetak tebal dan miring, dsb.

Dua tahun setelahnya, tepatnya 1985 Ms Word merilis program untuk Macintosh dengan mengusung tampilan berbeda dari versi DOS. Sedangkan pada 1987, versi baru for Macintosh kembali mengeluarkan program baru Word 3.0 dengan fitur yang lebih kompleks.

Namun, karena terlalu banyak bug-nya, beberapa bulan kemudian pihak Microsoft memutuskan mengganti versi 3.0 dengan 3.01 yang jauh lebih stabil. Di akhir tahun 1980’an, yaitu 1989, Ms Word meluncurkan versi baru 4.0 dengan performa lebih baik.

2. Periode 1991 s/d 2000

Di era waktu tersebut Word for Windows baru dirilis, dengan versi pertamanya, yaitu Word for Windows 1.0 pada tahun 1989. Hanya saja, versi tersebut dinilai kurang kompatibel jika diaplikasikan pada OS Windows di masa tersebut, sehingga peminatnya juga tidak banyak.

Setahun setelahnya, Microsoft Windows 3.0 dirilis dan sejak saat itu penjualan Word for Windows meningkat pesat. Hal tersebut juga berhasil menjadikan Ms Word sebagai software pemimpin dunia pengolah kata dengan jumlah pengguna terbanyak di seluruh dunia.

3. Microsoft Word 2010

Tahun 2000’an merupakan awal kejayaan Ms Word, dimana versi terbaru Ms Word Office dengan dukungan for Microsoft Windows Vista, Windows XP, Windows 7, dan Windows 8 dirilis ke publik, tepatnya pada tahun 2010.

Di bawah ini adalah keunggulan Ms Word 2010:

  • Grafis 3D lebih baik.
  • Lebih mudah dalam menyimpan format, seperti .xps dan .pdf.
  • Mendukung standard format Open Document Format (.odf).
  • Telah terintegrasi dengan Windows Live sehingga bisa menyimpan dokumen di Cloud.
  • Lebih ringan karena beberapa fitur tidak penting dihilangkan.
  • Ribbon lebih sederhana sehingga mudah digunakan.
  • Tersedia dalam dua versi, yakni 32 bit & 64 bit.

4. Microsoft Word 2013

Versi Microsoft untuk Office di Windows yang dirilis pada 29 Januari 2013 ini mendukung Windows 7, Windows 8, dan juga Windows Server 2008 R2. Beberapa keunggulannya antara lain adalah berikut:

  • Mengusung Interface dengan tema Metro.
  • Mendukung penyuntingan file .pdf.
  • Slide gambar lebih baik.
  • Tersedia dalam dua versi, 32 bit – 64 bit.
  • Telah terintegrasi dengan Skydrive.
  • Ribbon sama seperti Ms Office 2010 dengan tema berbeda.

Fungsi Microsoft Word

Fungsi Microsoft Word

Microsoft Word memiliki 3 fungsi utama, yakni:

1. Membuat Dokumen

Ms Word berfungsi sebagai pembuat dokumen yang bisa dicetak di berbagai ukuran kertas.

2. Mengedit Dokumen

Dapat difungsikan untuk mengedit dokumen, baik dari aplikasi Ms Word atau aplikasi lain.

3. Memformat Dokumen

Dokumen tampak lebih profesional dengan berbagai pilihan format yang tersedia di aplikasi.

Contoh: Ukuran kertas, ukuran huruf, jenis dan warna huruf, penomoran, catatan kaki, dsb.

Fitur Fitur Unggulan Microsoft Word

Fitur Fitur Unggulan Microsoft Word

Aplikasi kata paling populer ini mengusung beberapa fitur handal, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. WYSIWYG (What You See Is What You Get)

Ms Word memiliki slogan “WYSIWYG” sejak pertama kali dirilis pada tahun 1981 silam. Hal tersebut dimaksudkan untuk meyakinkan pengguna jika apa yang dilihat pada monitor akan sama persis dengan tampilan pada versi real, saat dokumen dicetak nantinya.

2. Tingkat Teks

Meliputi hal-hal yang berkaitan dengan teks, termasuk jenis huruf, ukuran huruf, format, dsb.

3. Tingkat Halaman

Fitur ini melingkupi bagian penomoran, paragraf, indent, dan lainnya.

4. Spell Check

Berfungsi memeriksa ejaan pengetikan pada dokumen sehingga dapat membantu menghindari typo (typographical error), atau salah ketik saat dalam proses menulis teks.

5. Add-ins (Dukungan Aplikasi Lain)

Di era digital ini, semakin banyak aplikasi lain yang mensupport kinerja Microsoft Office, seperti Grammarly, PDF reader, dan masih banyak lainnya.

Manfaat Microsoft Word

Manfaat Microsoft Word

Ms Word memiliki begitu banyak manfaat bagi penggunanya, diantaranya adalah di bawah ini:

1. Memudahkan Proses Mengolah Data Kata

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa Ms Word merupakan salah satu program pengolah data terpopuler dan paling banyak digunakan oleh pengguna perangkat seluler maupun desktop. Kemudahan akses ini tentu menjadi nilai plus tersendiri bagi penggunanya.

2. Meminimalisir Kesalahan dalam Penulisan

Sebelum menggunakan aplikasi pengolah data digital, manusia membuat dokumen secara manual menggunakan tulisan tangan atau mesin tik. Hal paling sulit adalah ketika terjadi typo atau salah ketik sehingga mau tidak mau harus menulis ulang atau dihapus.

Berbeda dengan menggunakan aplikasi piranti lunak, seperti Ms Word. Jadi, ketika ada kesalahan dalam pengetikan, maka bisa langsung diperbaiki tanpa harus meninggalkan cacat pada dokumen. Dengan catatan, perbaikan dilakukan sebelum dokumen dicetak.

3. Terdapat Panel Navigasi untuk Memudahkan Penggunaan

Pengguna bisa melihat representasi setiap fungsi pada Ms Word secara mudah, yakni cukup dengan memilih ikon sesuai perintah yang diinginkan. Kalau bingung, arahkan saja kursor pada bagian ikon yang ingin dipilih, dan ikon tersebut akan langsung muncul otomatis.

4. Cara Penggunaan Flexible

Dengan Ms Word, pengguna lebih mudah dalam mengolah kata menjadi data dengan format berbeda. Hal ini tentu akan memudahkan proses pekerjaan, sekaligus dapat menghemat waktu. Apalagi, di samping praktis, Ms Word juga dinilai lebih efisien dalam penggunaan.

Di sisi lain, Ms Word juga akan membantu mengoreksi setiap kata dan grammar dari kalimat yang diketik dengan cara menggarisbawahi kata yang salah dengan garis merah. Dengan begitu, tidak perlu lagi menggunakan aplikasi atau situs pengecek grammar.

Cara Mengoperasikan Microsoft Word

Cara Mengoperasikan Microsoft Word

Langkah-langkah menggunakan Ms Word sebenarnya sangat mudah. Namun, bagi yang masih sangat awam dengan perangkat desktop pasti merasa bingung harus memulai darimana. Di bawah ini adalah panduan singkat dan praktis untuk membuka jendela kerja di Ms Word.

  • Klik menu “Start”
  • Pilih “All Program”
  • Klik “Microsoft Office”
  • Pilih “Microsoft Word 2007 / 2010 / dsb)”
  • Tunggu beberapa saat hingga tampilan kerja Ms Word muncul pada layar

Microsoft Word adalah piranti pengolah kata terbaik yang tersedia pada berbagai jenis sistem operasi, mulai Microsoft Windows, Mac OS, Android. dan IOS. Oleh karena itu, tidak mengherankan kalau Word tetap diminati meskipun ada banyak software pengolah kata baru bermunculan.

Tinggalkan komentar