8 Mouse Gaming Terbaik di Dunia dan Daftar Harganya

Bermain game tidak hanya membutuhkan skill, namun membutuhkan perangkat yang mendukung. Jika bermain game menggunakan komputer atau PC, mouse menjadi senjata utama. Sedang mencari mouse untuk bermain game? Simak rekomendasi mouse gaming terbaik di bawah ini.

Umumnya, kualitas mouse dipengaruhi oleh harga. Namun tak menutup kemungkinan bahwa mouse yang murah juga memiliki kualitas yang baik. Rekomendasi mouse gaming yang akan disampaikan di bawah ini cukup variatif jika dilihat dari segi harga. Sehingga bisa disesuaikan dengan budget.

8 Rekomendasi Mouse Gaming Terbaik 2021

1. Razer Naga Pro

Razer Naga Pro

Rekomendasi yang pertama datang dari brand Rexus, yaitu tipe Naga Pro. Perangkat yang satu ini merupakan pengembangan dari versi Razer Naga Trinity yang diubah konektivitasnya menjadi wireless. Selain itu juga ada beberapa perubahan desain sehingga tampilannya lebih menarik.

Bentuk Razer Naga Pro sudah ergonomis dan disesuaikan dengan posisi tangan pengguna ketika bermain. Jadi, pengguna akan tetap merasa nyaman meskipun bermain game dalam waktu lama. Sayangnya, bobot mouse ini cukup berat dan ukurannya cukup tebal.

Mouse gaming ini tak hanya memiliki tombol utama layaknya mouse biasa. Di sisi kanan terdapat beberapa tombol tambahan yang bisa diprogram sesuai kebutuhan pengguna. Fitur ini memungkinkan pengguna menyesuaikan fungsi mouse sesuai dengan game yang dimainkan.

Harga mouse yang sudah dilengkapi dengan LED light ini sekitar 2,9 hingga 3 juta.

2. Razer Basilisk Ultimate

Razer Basilisk Ultimate

Punya budget lebih untuk membeli mouse gaming? Anda bisa mencoba varian Razer Basilisk Ultimate yang memiliki harga jual sekitar 4,5 juta. Kualitas yang dimiliki oleh produk ini sesuai dengan harganya.

Sensornya memiliki performa yang sangat baik dan responsif, sangat cocok untuk dipakai bermain game yang mengandalkan kecepatan gerakan mouse. Pengguna juga bisa menyesuaikan tingkat DPI-nya.

Keunggulan lain dari Razer Basilisk adalah dapat dihubungkan menggunakan kabel maupun nirkabel. Sayangnya, mouse semahal ini masih belum memiliki opsi konektivitas bluetooth.

3. SteelSeries Rival 600

SteelSeries Rival 600

SteelSeries Rival 600 punya tampilan yang gamers banget dengan beberapa sudut yang tampak sangar. Body mouse yang satu ini terbuat dari bahan plastik berkualitas dan dilengkapi dengan strip lampu LED di beberapa bagian.

Berbeda dengan body utama, panel samping SteelSeries Rival 600 terbuat dari bahan silikon. Uniknya, bagian ini bisa dilepas dan dipasang untuk menyesuaikan bobotnya. Di sisi kiri mouse terdapat 3 buah tombol yang dapat disesuaikan fungsinya.

Kinerja Rival 600 ini sebenarnya sangat bagus dan mendukung berbagai macam jenis game. Sayangnya, mouse ini kurang disarankan untuk gamers yang punya tangan kecil karena tidak terlalu nyaman. Kabel mouse 1 jutaan ini juga penghubungnya juga sangat kaku.

4. Corsair Ironclaw RGB

Corsair Ironclaw RGB

Penggemar mouse gaming ukuran besar pasti akan sangat menyukai desain Corsair Ironclaw RGB. Apalagi ditambah dengan body utama yang bertekstur. Hal ini akan membuat grip semakin erat ketika tengah bermain game.

Seperti namanya, mouse gaming merk Corsair ini memiliki warna RGB yang membuat tampilannya semakin keren. Performa Corsair Ironclaw RGB ini tidak perlu diragukan lagi, sensor optik yang disematkan pada perangkat ini memiliki sensitivitas hingga 18.000 DPI dan bisa disesuaikan.

Seperti mouse gaming pada umumnya, Corsair Ironclaw RGB memiliki tombol tambahan di sisi kiri yang fungsinya dapat diatur sesuai kebutuhan. Kekurangan mouse gaming 700-an ini hanya satu yaitu memiliki kabel yang berat dan cenderung kaku.

5. Corsair Nightsword RGB

Corsair Nightsword RGB

Satu lagi rekomendasi mouse gaming dari Corsair, yaitu varian Nightsword RGB. Tetikus satu ini lebih mantap ketika digenggam karena terbuat dari bahan karet berkualitas. Desainnya juga dibuat seergonomis mungkin agar pengguna merasa nyaman ketika memakainya.

Mouse ini sangat cocok digunakan untuk memainkan game MMO karena menawarkan tombol berjumlah 10. Masing-masing tombol bisa diatur fungsinya sesuai dengan kebutuhan pengguna ketika bermain game.

Mouse gaming 1 jutaan ini memiliki dua kekurangan yang paling mencolok yaitu kabel yang kaku dan sensor yang terkadang tidak konsisten. Jika tidak bisa menoleransi kedua hal tersebut, sebaiknya pilih mouse lain saja.

6. Logitech G903 LIGHTSPEED Wireless Gaming Mouse With Hero Sensor

Logitech G903 LIGHTSPEED Wireless Gaming Mouse With Hero Sensor

Salah satu brand mouse yang sudah sangat terkenal adalah Logitech. Salah satu produknya adalah Logitech G903 Lightspeed yang ramah untuk pengguna tangan kanan dan kiri karena bentuknya simetris.

Logitech G903 Lightspeed dibekali dengan 7 hingga 11 tombol yang dapat dilepas atau dipasang sesuai kebutuhan. Semua tombol tersebut juga dapat diatur fungsinya.

Mouse ini menggunakan konektivitas wireless dan telah menggunakan baterai LiPo yang rechargable. Dalam satu kali pengisian daya sampai penuh, Logitech G903 Lightspeed bisa bertahan sampai 180 dalam kondisi lampu mati. Jika lampunya diaktifkan, daya tahannya mencapai 140 jam.

Kekurangan dari Logitech G903 Lightspeed adalah jumlah fitur yang lebih sedikit dibandingkan mouse gaming pada umumnya.

Baca juga : Mouse Wireless Terbaik

7. Logitech G600 MMO Gaming Mouse

Logitech G600 MMO Gaming Mouse

Rekomendasi mouse gaming berikutnya masih dari brand Logitech. Berbeda dengan seri sebelumnya, Logitech G600 MMO punya desain yang lebih simpel. Ukurannya juga lebih besar dibandingkan G930 sehingga kurang cocok dipakai oleh si tangan kecil.

Meskipun tampak sederhana, di sisi kiri Logitech G600 MMO sudah dilengkapi dengan tombol tambahan yang jumlahnya 12 buah. Anda dapat menyesuaikan fungsi dari setiap tombol. Hal ini tentu saja memudahkan gamers dalam memainkan game kesayangan.

Sayangnya, mouse seharga 1 jutaan ini masih menggunakan kabel untuk bisa terhubung dengan komputer. Kualitas kabelnya juga kurang nyaman ketika dipakai karena kaku.

8. Razer DeathAdder V2

Razer DeathAdder V2

Gemar bermain game First Person Shootter (FPS) seperti PUBG, Point Blank, atau Counter Strike? Razer DeathAdder V2 adalah mouse yang paling cocok untuk memainkan game-game tersebut. Pasalnya, mouse ini memiliki latensi klik yang sangat rendah.

Di samping itu, sensornya juga bisa mencapai 20.000 sehingga gamers bisa membidik musuh dengan lebih akurat dengan mouse ini. Meskipun masih menggunakan konektivitas yang sama dengan versi sebelumnya, kabel yang dimiliki Razer DeathAdder V2 ini sudah jauh lebih baik.

Ukuran Razer DeathAdder V2 cukup besar sehingga kurang cocok untuk gamers yang punya mobilitas tinggi dan sering bepergian. Meskipun begitu, genggaman mouse ini masih cocok untuk berbagai ukuran tangan.

Daftar Harga Mouse Gaming

Daftar Harga Mouse Gaming

Setelah mengetahui rekomendasi mouse gaming dari penjelasan di atas, Anda bisa melihat harganya pada tabel di bawah ini.

Nama Produk Harga
Razer Naga Pro  Rp  2.987.708
Razer Basilisk Ultimate  Rp  4.575.000
SteelSeries Rival 600  Rp  1.150.000
CORSAIR IRONCLAW RGB  Rp     799.000
ORSAIR NIGHTSWORD RGB  Rp  1.199.000
Logitech G903 LIGHTSPEED Wireless Gaming Mouse With Hero Sensor  Rp  1.520.000
Logitech G600 MMO Gaming Mouse  Rp  1.192.000
Razer DeathAdder V2  Rp     596.000

Anda bisa mendapatkan mouse gaming terbaik dari berbagai merek di atas di toko-toko aksesoris komputer terdekat. Jika tidak sempat atau malas mengunjungi toko, Anda juga bisa membelinya melalui online shop atau marketplace.

Tinggalkan komentar