Pengertian Brosur, Jenis, Ciri dan Fungsinya

Banyak perusahaan mempublikasikan brosur untuk berbagai tujuan. Bentuk brosur ini sedikit berbeda dari media visual 2 dimensi lain yang juga umum digunakan untuk promosi perusahaan, misalnya spanduk, baliho, poster, dan banner. Dilihat dari bentuknya, pengertian brosur adalah selebaran yang mengandung gambar dan penjelasan tentang produk dan jasa terkait.

Pengertian Brosur

Pengertian Brosur

Secara umum dapat dikatakan bahwa brosur adalah alat yang digunakan untuk menginformasikan produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan atau organisasi.

Menurut KBBI, pengertian brosur adalah suatu media informasi tertulis tentang suatu hal yang disusun secara sistematis atau cetakan yang terdiri dari beberapa halaman yang dilipat tanpa dijilid. Brosur juga berarti cetakan selebaran yang berisi informasi singkat.

Sedangkan Hampton (2013) mendefinisikan brosur sebagai selembar kertas berukuran kecil yang dicetak; lembaran kertas tersebut memiliki lipatan atau tanpa lipatan dan ukurannya beragam, misalnya A3, A4, dan A5.

Jenis Brosur

Brosur dibedakan dalam beberapa jenis. Jenis-jenis brosur tersebut adalah sebagai berikut.

1. Brosur Lipat 3

Brosur Lipat 3

Brosur ini dicetak dalam satu lembar kertas di halaman muka serta belakangnya, setelah itu brosur tersebut dilipat menjadi 3 bagian. Cara melipat ini dapat dilakukan dalam beberapa cara, yaitu lipat pintu, lipat 3 leter C, dan akordion.

2. Brosur Lipat 2

Brosur Lipat 2

Seperti namanya, brosur tersebut memiliki dua lipatan sehingga memiliki 4 halaman. Ukuran brosur lipat 2 ini biasanya lebih kecil dari brosur lipat 3. Dengan demikian, jenis brosur ini cocok untuk mereka yang tidak perlu menyampaikan pesan yang panjang.

3. Brosur Tanpa Lipatan

Brosur Tanpa Lipatan

Sebagian masyarakat menyebut brosur tanpa lipatan ini dengan sebutan flyer. Brosur ini dapat dicetak dengan dua halaman, yaitu halaman muka dan belakang, atau dengan satu halaman saja. Selain itu, ukurannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

4. Brosur 4 Lipatan

Brosur 4 Lipatan

Selain brosur-brosur di atas, ada juga brosur 4 lipatan. Brosur ini dicetak pada selembar kertas di halaman muka dan belakangnya lalu dilipat dalam 4 lipatan. Jadi, jenis brosur tersebut memiliki 8 halaman. Cara melipat brosur ini dapat menggunakan cara lipat rangkap atau lipat Prancis.

Ciri-ciri Brosur

Ciri-Ciri Brosur

Dikutip dari sumber yang sama, brosur memiliki beberapa ciri-ciri:

  1. Bertujuan untuk mempengaruhi, mengajak, atau membujuk para pembacanya untuk membeli produk yang ditawarkan atau melakukan informasi yang disampaikan.
  2. Diterbitkan sekali, namun tak dipungkiri bahwa brosur dapat dicetak ulang.
  3. Brosur didesain semenarik mungkin agar menarik perhatian masyarakat umum.
  4. Pesan atau informasi di dalamnya jelas dan mudah dipahami.
  5. Didistribusikan sendiri oleh pembuat brosur.

Fungsi Brosur

Brosur dibuat untuk berbagai tujuan. Oleh karenanya, brosur memiliki fungsi yang beragam.

1. Media Informasi

Media Informasi

Brosur dapat difungsikan sebagai media informasi. Pihak pembuat brosur dapat menuliskan informasi spesifik pada brosur yang mereka buat.

Sehingga, tak heran jika brosur tidak hanya dibuat oleh perusahaan komersil, namun juga oleh organisasi atau instansi yang ingin menyampaikan informasi layanan masyarakat.

2. Media Promosi

Media Promosi

Fungsi lain dari Brosur adalah sebagai media promosi. Banyak perusahaan menggunakan brosur untuk mempromosikan produk atau jasa yang mereka jual karena harganya terjangkau.

Selain itu, brosur juga efektif dalam meningkatkan pemasaran karena memuat informasi yang detail namun mudah dipahami oleh target market. Pembuat brosur juga dapat mendesainnya sedemikian rupa sehingga ia dapat mempromosikan lebih dari satu produk.

3. Sebagai Identitas Suatu Produk

Sebagai Identitas Suatu Produk

Brosur terkadang tidak dibagikan kepada masyarakat umum, namun brosur ini dimasukkan dalam packaging suatu produk. Tujuan dari pemberian brosur ini adalah untuk memperkuat identitas produk tersebut.

Isi dari brosur ini adalah informasi yang lebih detail tentang produk terkait, misalnya spesifikasi, manfaat, dan cara menggunakan produk.

Brosur adalah media visual 2 dimensi yang sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin menyampaikan informasi kepada targeted audiences atau masyarakat umum. Selain bermanfaat, brosur juga dapat dibuat dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar