Pengertian dan Fungsi ISP yang Perlu Kamu Ketahui

ISP merupakan singkatan dari Internet Service Provider. Artinya ISP memiliki peran penting agar semua pengguna bisa mendapatkan akses internet dengan lebih mudah. Terlebih lagi di era saat ini internet telah menjelma menjadi kebutuhan pokok untuk berbagai bidang kehidupan. Lalu, apa pengertian dan fungsi ISP?

Tak bisa dipungkiri bahwa kehadiran internet semakin mempermudah berbagai bidang kehidupan mulai dari pendidikan, kesehatan, hiburan, bisnis, dan lainnya. Hal-hal yang tadinya tidak mungkin dan sulit karena kendali jarak kini semakin mudah dan praktis.

ISP memiliki banyak peran untuk memastikan agar internet dapat terkoneksi dengan baik dan lancar.

Pengertian ISP

Pengertian ISP

Istilah ISP atau Internet Service Provider biasa dikenal juga dengan PIJI atau Penyelenggara Jasa Internet. Perusahaan ini menyediakan layanan internet kepada klien yang membutuhkan. Mulai dari internet transit, koneksi internet, dan lainnya.

Jadi, bisa diambil kesimpulan bahwa ISP adalah perusahaan kabel yang menawarkan layanan internet subscription, TV kabel, dan telepon seluler. Layanan jaringan yang ditawarkan pun tidak hanya mencakup wilayah domestik saja, namun sudah merambah ke kancah internasional.

Itulah sebabnya pengguna ISP bisa mudah menjangkau dan terhubung dengan jaringan global. Untuk bisa menggunakan layanan yang ditawarkan, pengguna harus berlangganan dengan membayar setiap bulan alias tidak gratis.

Sehingga klien atau pelanggan bisa menikmati koneksi internet dengan lebih leluasa sesuai dengan kuota yang ditentukan.

Peran ISP bisa dibilang sangat krusial karena tanpa adanya perusahaan ini maka tentu saja kamu akan kesulitan untuk mengakses internet baik melalui komputer, laptop, maupun smartphone.

Hingga saat ini sudah ada lebih dari 100 ISP resmi yang terdaftar di KOMINFO Indonesia dan telah tergabung dengan organisasi APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia).

Fungsi ISP

Fungsi ISP

Seperti telah disinggung sebelumnya bahwa ISP memiliki peran penting untuk memastikan koneksi internet. Fungsi utamanya adalah mendistribusikan jaringan koneksi agar klien atau pengguna dapat mengakses segala informasi dengan lebih  mudah melalui koneksi internet. Di samping itu, ISP juga memiliki fungsi lainnya, yakni sebagai berikut:

  • Menyambungkan pengguna layanan internet ke gateway terdekat
  • Menyediakan perangkat antena dan modem untuk internet dengan jenis dial-up connection
  • Membatasi akses dan kuota internet untuk beberapa user
  • Memudahkan akses internet di seluruh wilayah Indonesia
  • Memajukan teknologi dan internet untuk daerah-daerah terpencil
  • Memudahkan klien melakukan komunikasi secara online baik berupa surat elektronik maupun suara

Jenis-jenis Layanan ISP

Jenis-jenis Layanan ISP

Perusahaan ISP menyediakan berbagai layanan yang bisa dinikmati oleh klien atau penggunanya. Berikut ini beberapa di antara layanan ISP yang perlu Anda ketahui, yaitu:

Internet Mobile Access

Smartphone zaman sekarang semakin canggih dan internet menjadi salah satu kebutuhan utama agar ponsel bisa digunakan untuk melakukan berbagai fungsi.

ISP menyediakan layanan internet mobile access untuk pengguna ponsel agar dapat mengakses internet dengan mudah. jenis layanan yang digunakan adalah SIM Card yang mendukung CDMA maupun GSM.

Wireless Connection

Jenis layanan satu ini lebih praktis dan efisien karena tidak membutuhkan  kabel untuk melakukan sebuah koneksi jaringan internet. Pengguna akan dikenakan biaya pemakaian internet setiap bulan sesuai dengan jumlah penggunaan.

Dial-Up Connection

Pengguna akan dikenakan biaya sesuai dengan waktu terhubung dengan koneksi internet. Pada umumnya jenis layanan ini akan menggunakan kabel telepon dan modem agar perangkat bisa terhubung dengan jaringan internet.

Dedicated Connection

Bagi kamu yang menginginkan koneksi internet selama 24 jam penuh, maka jenis layanan ini adalah yang paling cocok. Pada umumnya dedicated connection digunakan oleh perusahaan yang membutuhkan koneksi internet lancar dan kuat agar bisa beroperasi.

Internet Hotspot

Jenis layanan ini tidak membutuhkan kabel dial up agar bisa melakukan koneksi. Internet Hotspot biasanya digunakan untuk tempat-tempat umum seperti bandara, kafe, restoran, perpustakaan, dan lain sebagainya.

Sehingga sangat cocok bagi kamu yang ingin memulai bisnis dengan memberikan layanan tambahan untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Dengan mengetahui pengertian dan fungsi ISP di atas, maka pengguna internet bisa tahu bagaimana koneksi internet bisa tersambung ke berbagai perangkat yang digunakan. Anda bisa memilih provider yang paling dekat dengan tempat tinggal dan menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.