Pengertian DOS, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya

DOS merupakan pendahulu dari sistem operasi pada perangkat komputer yang ada saat ini. Bagi Anda yang kurang familiar, pasti memiliki banyak pertanyaan mengenai DOS seperti apa pengertian DOS, apa fungsinya dan pertanyaan lain. 

Berikut ini akan dijelaskan dengan lebih lengkap dan detail mengenai DOS, sistem operasi pertama yang digunakan pada perangkat komputer. 

Apa Itu DOS?

Apa Itu DOS

Pengertian DOS secara sederhana merupakan singkatan dari Disk Operating System yang menjadi cikal bakal OS Windows yang saat ini Anda kenal dan gunakan pada perangkat komputer. DOS ini merupakan sistem operasi yang paling sederhana dari segi interface, tetapi cukup rumit.

Sistem operasi ini bukan berbentuk grafis seperti OS modern yang ada sekarang. Tapi berupa jendela kosong berwarna hitam dan pointer untuk memberi perintah pada perangkat.

MS-DOS sebenarnya masih digunakan sampai dengan sekarang dan tertanam di dalam OS Windows yang terpasang pada perangkat komputer atau laptop. Anda mungkin lebih familiar dengan istilah CMD atau command prompt.

Fungsi DOS

Meski memiliki tampilan yang rumit, faktanya MS-DOS masih digunakan sampai dengan saat ini. Tentu saja karena ada beberapa fungsi DOS yang masih bisa digunakan hingga saat ini. Berikut ini beberapa fungsi dari disk operating system yang bisa Anda pelajari.

1. Mengamankan Data

Pernahkah Anda mengalami masalah pada perangkat lunak karena ada file yang rusak atau hilang? Anda dapat menjaga file-file penting dengan adanya DOS ini.

Sebab, semua data pada komputer bisa diatur dan direkam pada DOS. Caranya adalah dengan menjalankan program CMD atau command prompt pada komputer.

2. Menyelesaikan Troubleshooting

Terkadang, masalah pada program yang berjalan di perangkat komputer atau laptop sulit diselesaikan bahkan dengan troubleshooting. Untuk mengetahui akar masalah dan memperbaikinya, Anda bisa memanfaatkan DOS ini.

Sebab, dengan menggunakan DOS masalah yang terjadi pada perangkat akan lebih mudah ditemukan. Dengan demikian masalah pun dapat segera ditangani dan perangkat lunak pada device dapat beroperasi secara normal kembali.

3. Mengatur File

Untuk memaksimalkan kinerja device, Anda dapat memanfaatkan DOS untuk mengatur file pada komputer. Bukan hanya file yang terlihat saja tapi juga file yang tersembunyi atau sengaja disembunyikan.

4. Mengatur Memori

Untuk menyimpan semua file pada perangkat dibutuhkan memori yang nantinya akan diatur oleh DOS ini. Tidak hanya untuk menyimpan file tapi juga mengatur ruang untuk file-file tersebut. Selain itu juga Anda dapat mengubah format file tertentu dengan lebih mudah.

Kelebihan dan Kekurangan DOS

DOS memang memiliki banyak fungsi untuk perangkat komputer yang digunakan. Namun, sistem operasi ini pun memiliki kelebihan maupun kekurangan. Inilah beberapa kelebihan dan kekurangan DOS yang harus Anda ketahui.

1. Kelebihan DOS

Beberapa kelebihan DOS diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Walaupun terlihat jadul namun tampilannya lebih simple dan realistis dibandingkan dengan sistem operasi seperti windows.
  • Dapat melihat semua file yang ada pada hard disk sekalipun disembunyikan.

2. Kekurangan DOS

Beberapa kekurangan DOS diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Interface nya kurang user-friendly dan harus melalui CMD terlebih dahulu agar dapat dijalankan. Sebab, Windows akan langsung menutupnya jika tidak melalui command prompt.
  • Untuk memberikan sebuah perintah diperlukan kode tertentu. Maka dari itu, jika ingin menggunakan DOS Anda harus menghafalkan banyak kode.

Sudah paham mengenai DOS, fungsi, kelebihan dan kekurangannya? Jika ditanya OS DOS vs Windows bagus mana, cukup sulit untuk dijawab.

Sebab, meskipun DOS sudah jadul namun masih dapat digunakan dengan baik ketika Windows tidak dapat menyelesaikan masalah pada perangkat.

Selain itu, penggunaan sistem operasi pun sepenuhnya tergantung pada pengguna. Jadi, jika dilihat dari perspektif yang berbeda maka OS DOS maupun Windows masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangannya.

Jadi, pemilihan antara DOS dengan Windows harus dilihat berdasarkan kebutuhannya terlebih dahulu. Selain itu, DOS pun masih bisa dioperasikan pada windows melalui CMD. Jadi keduanya dapat digunakan dalam waktu bersamaan dan saling memenuhi fungsi dan kinerjanya secara baik.

Itulah pengertian DOS, fungsi, kelebihan dan kekurangannya. Selain DOS masih banyak sistem operasi lainnya yang bisa digunakan untuk perangkat mobile Anda. Pahami terlebih dahulu OS yang akan digunakan agar dapat memperbaikinya secara langsung saat terdapat masalah atau kendala.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar