Pengertian Poster, Ciri-ciri, Tujuan, Jenis dan Contohnya

Poster merupakan salah satu hasil karya manusia yang paling banyak ditemui di lingkungan sekitar tempat tinggal masyarakat. Hampir semua orang pasti tahu bentuk poster itu seperti apa, namun apakah sebenarnya pengertian poster itu? Dan apa tujuan pembuatannya?

Pengertian dan Ciri-Ciri Poster

Pengertian dan Ciri-Ciri Poster

Berbagai tokoh telah menjabarkan pengertian poster dengan jelas. Salah satunya adalah Azhar Arsyad yang berpendapat bahwa, poster adalah media visual 2 dimensi yang berisi gambar serta teks singkat dan berguna untuk mengkomunikasikan suatu pesan dan mempengaruhi orang yang melihatnya.

Sedangkan pengertian poster menurut Wikipedia adalah desain grafis atau karya seni yang memuat komposisi huruf dan gambar di atas kertas dengan berbagai ukuran. Poster biasanya ditempel pada dinding di tempat umum dan mudah dilihat.

Poster mempunyai ciri-ciri khusus, yaitu:

  1. Memiliki warna cerah dan mencolok agar dapat menarik perhatian masyarakat.
  2. Berisi teks singkat dan jelas.
  3. Biasanya dibuat dalam kertas berukuran besar agar pesannya mudah dipahami.
  4. Memiliki gambar menarik yang membuat orang penasaran dan ingin melihatnya lebih dekat.
  5. Ditempel pada tempat umum yang strategis agar banyak orang dapat melihatnya.

Tujuan Pembuatan Poster

Tujuan Pembuatan Poster

Poster dibuat untuk berbagai tujuan, baik itu tujuan komersil maupun non komersil. Banyak perusahaan yang melakukan promosi dengan menggunakan media poster karena biaya pembuatan poster lebih murah daripada pembuatan iklan TV atau media elektronik lainnya.

Meski murah, namun poster dapat menjadi media promosi yang efektif karena dapat mengkomunikasikan pesan dengan baik dan dapat ditempel di manapun, termasuk di daerah pemukiman warga.

Poster biasanya juga digunakan untuk tujuan non komersil, misalnya sosialisasi program pemerintah atau gerakan masyarakat (germas). Dengan adanya poster non komersil ini, masyarakat menjadi tahu tentang berbagai hal yang sedang digalakkan oleh pemerintah atau organisasi tertentu.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa poster berfungsi sebagai media promosi, penyampai informasi, dan bahkan media untuk menyalurkan kreativitas para desainer grafis.

Jenis-Jenis Poster dan Contohnya

1. Poster Menurut Isinya

Menurut isinya, poster dibedakan menjadi:

a. Poster Niaga

Poster Niaga

Berisi promosi suatu produk atau jasa dan merupakan bagian dari program pemasaran suatu perusahaan. Poster niaga banyak ditemukan di tempat umum dan tempat komersil, misalnya toko, warung, dan konter pulsa.

b. Poster Layanan Masyarakat

Poster Layanan Masyarakat

Berisi tentang informasi layanan kemasyarakatan, contohnya poster ajakan hidup bersih dan poster himbauan taat peraturan lalu lintas. Pembuat poster ini biasanya adalah instansi pemerintah.

c. Poster Kegiatan

Poster Kegiatan

Berisi tentang informasi kegiatan yang akan diselenggarakan. Poster ini dibuat agar masyarakat tahu tentang pelaksanaan kegiatan tersebut dan mau menghadirinya.

d. Poster Pendidikan

Poster Pendidikan

Seperti namanya, poster ini berisi tentang informasi yang dapat mengedukasi masyarakat. Poster pendidikan tidak selalu dibuat oleh instansi sekolah, namun juga instansi pemerintah.

e. Poster Karya Seni

Poster Karya Seni

Poster karya seni memiliki sifat ekspresif dan menggambarkan gagasan yang dimiliki oleh pembuatnya. Gambar pada poster ini biasanya terlihat lebih unik dan artistik daripada  poster lainnya. Untuk contohnya, silahkan lihat di contoh poster.

2. Poster Menurut Tujuannya

Berdasarkan tujuannya, poster dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

a. Poster Kampanye

Poster Kampanye

Biasanya muncul menjelang pemilihan umum. Tujuan dari dibuatnya poster ini adalah untuk menggalang suara masyarakat atau ajakan untuk memilih partai dan calon anggota DPR, bupati, atau presiden tertentu.

b. Poster Propaganda

Poster Propaganda

Jenis poster ini umumnya dibuat untuk mempengaruhi masyarakat agar percaya pada suatu idealisme. Namun, poster ini juga dapat digunakan untuk memberi semangat pada masyarakat dalam menjalani kehidupannya.

c. Poster Afirmasi

Poster Afirmasi

Tujuan dari dibuatnya poster ini adalah untuk memberi motivasi kepada para pembacanya. Jadi, isi poster tersebut berupa gambar dan kata-kata singkat yang memotivasi.

d. Poster Film

Poster Film

Biasanya muncul menjelang tanggal rilis suatu film baru hingga film tersebut tidak ditayangkan di bioskop lagi. Poster film bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk menonton film tertentu dan berisi judul film serta gambar para aktor yang memainkannya.

e. Poster ‘Dicari’

Poster Dicari

Jenis ini dibuat dengan tujuan untuk mencari orang hilang, hewan peliharaan yang hilang, buronan, atau benda yang hilang. Poster ‘dicari’ biasanya menampilkan foto orang, hewan, atau barang yang dicari dan keterangannya.

f. Poster Komik

Poster Komik

Hampir seperti poster film, poster komik dibuat untuk mengajak masyarakat untuk membaca komik tertentu.

g.  Poster Kelas

Poster Kelas

Kalo yang ini biasa ditemukan di ruang-ruang kelas pada suatu sekolah. Poster ini dibuat oleh para siswa dan tujuan pembuatannya adalah untuk memberi motivasi belajar atau mengedukasi siswa.

h. Poster Komersial

Poster Komersial

Yang terakhir ini adalah nama lain dari poster niaga. Poster ini dibuat untuk mengajak masyarakat membeli produk atau jasa tertentu.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian poster adalah karya desain grafis 2 dimensi yang digunakan untuk promosi atau menyampaikan informasi non komersil pada masyarakat. Di era modern ini, poster dapat dibuat dengan lebih mudah dengan bantuan software desain grafis.

Tinggalkan komentar