Pengertian Prosesor, Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya

Mari kenali pengertian prosesor yang merupakan perangkat utama dalam sebuah komputer. Banyak ahli di bidang ini mengatakan bahwa prosesor adalah otaknya komputer. Hal ini memang benar adanya karena semau proses yang ada di komputer pasti berpusat di perangkat ini.

Kalau Anda belum memahami apa itu prosesor, sebaiknya baca artikel ini sampai habis. Ada banyak hal yang akan dibahas di sini meliputi pengertian sampai ke fungsi dan cara kerja prosesor.

Apa itu Prosesor?

Pengertian Prosesor

Prosesor adalah pusat atau otak pada sebuah komputer. Perangkat keras yang satu ini juga dikenal dengan nama CPU, singkatan dari Central Processing Unit.

Pengertian prosesor menurut para ahli adalah yakni chip yang berupa Integrated Circuit atau IC, fungsinya yaitu melakukan kontrol terhadap seluruh sistem komputer. Fungsi utamanya antara lain mengeksekusi perintah, mengolah input, dan menjadi pusat seluruh aktivitas komputer.

Chip prosesor menempati salah satu slot atau soket di motherboard. Tanpa ada prosesor, semua perangkat di motherboard tidak dapat bekerja karena semua kontrol ada pada komponen ini.

Jenis-jenis Prosesor

Prosesor yang beredar di seluruh dunia saat ini dikelompokkan berdasarkan brand atau mereknya. Berikut penjelasan tentang macam-macam CPU secara lebih rinci.

1. Intel

Intel

Jenis prosesor pertama ini merupakan yang paling populer di seluruh dunia. Produsennya adalah Intel Corporation yang bermarkas di Amerika Serikat. Intel banyak digunakan oleh komputer di seluruh dunia karena memiliki beberapa keunggulan berikut ini:

  • Memiliki teknologi prosesor yang tahan panas sehingga suhu komputer atau laptop secara keseluruhan bisa lebih adem.
  • Harga jualnya cukup tinggi karena diminati banyak orang.
  • Terdapat fitur turbo boost yang bisa dijumpai pada Intel Core i3, i5, i7, dan i9 yang mampu mendongkrak kinerja komputer.

2. Advanced Micro Deviced (AMD)

Advanced Micro Deviced (AMD)

AMD merupakan rival terberat dari Intel. Perusahaan yang sama-sama memiliki markas di Amerika ini lebih digemari oleh para gamers karena sudah dilengkapi dengan VGA ATI Radeon. Performanya dikenal kencang dan cocok untuk memainkan game-game berat.

Sayangnya, AMD memiliki kekurangan pada suhunya yang tinggi ketika dipakai untuk bekerja keras. Contohnya adalah saat bermain game, render video, dan pekerjaan berat lainnya. Namun hal ini masih bisa diatasi dengan mengaplikasikan sistem pendinginan yang tepat.

3. Advanced RISC Machine (ARM)

Advanced RISC Machine (ARM)

ARM ini berbeda dengan dua jenis prosesor yang telah dijelaskan sebelumnya. Prosesor yang dikembangkan oleh ARM Limited ini dikhususkan untuk perangkat mobile seperti smartphone. Contoh perangkat lain yang menggunakan ARM adalah router dan music player.

4. Cyrix

Cyrix

Cyrix memang tidak setenar AMD dan Intel. Namun jika dibandingkan dari performanya, Cyrix ini boleh diadu dengan kedua prosesor tersebut. Perusahaan ini pertama didirikan di Richardson Texas pada 1988 lalu. Namun prosesor ini belum mendunia seperti 2 rivalnya.

Merek ini belum mampu menyaingi AMD dan Intel karena masih kalah di sektor kualitas.

5. Transmeta

Transmeta

Jenis prosesor yang terakhir ini sudah tidak lagi diproduksi karena mengalami kekalahan dalam persaingan melawan Intel dan AMD. Padahal Transmeta ini memiliki keunggulan pada konsumsi listrik yang minim serta tidak mudah panas.

Transmeta diproduksi oleh perusahaan bernama Transmeta Corporation yang berbasis di California, Amerika. Perusahaan ini hanya mampu bertahan 9 tahun. Berdiri pada tahun 2000, Transmeta harus menerima kenyataan pahit karena bangkrut di 2009.

Fungsi Prosesor

Di bawah ini adalah bagian dari prosesor beserta fungsinya:

1. CU (Control Unit)

CU (Control Unit)

Control unit atau unit kendali menjadi salah satu bagian terpenting dalam prosesor yang memiliki fungsi sebagai pengendali utama yang mengatur semua bagian komputer.

CU menjadi pengendali utama kapan alat input dapat menerima data, kemudian memproses data, dan memperlihatkan hasil dari proses data yang telah dilakukan.

2. Arithmatic and Logical Unit (ALU)

Arithmatic and Logical Unit (ALU)

ALU merupakan unit terpenting kedua yang berjalan setelah perintah CU diberikan. Seperti namanya ALU memproses data yang berupa angka, baik dalam operasi perhitungan maupun data statistik.

3. Register (Registry)

Register (Registry)

Register pada prosesor memiliki fungsi yang tidak kalah pentingnya dibandingkan dengan CU dan ALU, unit ini bertugas sebagai media penyimpanan data.

Dengan akses penyimpanan yang cepat, register dapat menyimpan data sesuai dengan seberapa besar register mampu dalam menyimpan data yang telah diproses oleh CU dan ALU.

Data yang tersimpan dalam register umumnya berupa data sementara yang nantinya akan di simpan pada memori utama pada prosesor.

Cara Kerja Prosesor

Cara Kerja Prosesor

Secara garis besar berikut adalah cara kerja pada prosesor:

  1. Melalui ALU yang mengoperasikan data yang berupa angka dan statistik, melakukan operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, serta perkalian pada nominal angka yang rumit.
  2. Data dipindahkan dari lokasi satu ke lokasi lainnya.
  3. Mengambil keputusan dan berpindah ke perintah lain sesuai dengan keputusan tersebut.

Sampai di sini bisa disimpulkan bahwa prosesor adalah perangkat paling penting dari sebuah komputer. Perangkat keras ini menjadi pusat kendali serta penentuan keputusan.

Tinggalkan komentar