Sistem Komputer: Pengertian, Fungsi, Komponen dan Penerapannya

Komputer bisa bekerja dengan baik dengan adanya sebuah sistem yang juga disebut sebagai sistem komputer. Sistem ini pada dasarnya merupakan sebuah penghubung. Bagaimana cara kerjanya? Apa saja komponen dalam komputer yang dihubungkan oleh sistem ini?

Untuk memahami lebih banyak mengenai sistem ini, Anda perlu mempelajari tidak hanya pengertian dari sistem tersebut tetapi juga fungsi sistem serta komponen penting yang terlibat di dalamnya. Informasi lengkap mengenai sistem tersebut bisa Anda dapatkan di bawah ini.

Pengertian dari Sistem Komputer

Pengertian dari Sistem Komputer

Sistem yang membuat komputer bisa bekerja dengan baik adalah alat penghubung yang menghubungkan berbagai komponen di dalam sebuah komputer. Setiap komponen yang dihubungkan oleh sistem ini akan mampu melakukan tugasnya masing-masing sesuai dengan instruksi yang diberikan.

Komponen dalam komputer pada umumnya dibagi menjadi tiga bagian yang berbeda, yaitu hardware, software, serta brainware. Setiap komponen dalam komputer mempunyai peranan yang penting dalam mengelola data dengan optimal.

Sistem komputer adalah penentu yang akan membuat semua komponen bekerja beriringan, sehingga tidak satupun komponen hilang dan menghambat kinerja atau performa komputer. Setelah memahami pengertian dari sistem yang menjalankan sebuah komputer, Anda juga perlu mengetahui fungsinya.

Fungsi Adanya Sistem Komputer

Sistem ini memiliki banyak fungsi, tapi ada setidaknya empat fungsi paling utama yang perlu Anda pahami. Berikut keempat fungsi paling utama dari sistem yang menjalankan komputer Anda:

1. Melakukan Input Data ke Komputer

Melakukan Input Data ke Komputer

Fungsi pertama dari sistem ini adalah melakukan input segala jenis data ke dalam perangkat hardware. Semua data yang Anda masukkan melalui USB Port akan dikirimkan oleh sistem dalam komputer ke perangkat hardware misalnya mouse, microphone, keyboard, dan lain sebagainya.

2. Melakukan Pemrosesan Data yang Sudah Masuk

Melakukan Pemrosesan Data yang Sudah Masuk

Fungsi berikutnya dari sistem komputer adalah melakukan olah data atau pemrosesan terhadap seluruh data yang telah Anda masukkan ke dalam sistem. Data yang Anda masukkan masih berupa bahan mentah yang harus diolah.

Setelah diinput oleh sistem dalam komputer, sistem tersebut akan memproses data yang ada dengan mengirim atau mentransfer data yang masih mentah tersebut, agar menjadi sebuah informasi sehingga bisa terbaca oleh memori komputer Anda.

Proses olah data ini dikerjakan atau dilakukan oleh CPU atau central processing unit. Seperti namanya, CPU berperan sebagai otak dari komputer.

3. Memberikan Hasil dari Data yang Sudah Diinput dan Diolah

Memberikan Hasil dari Data yang Sudah Diinput dan Diolah

Ibarat memasak, sistem dalam komputer yang sudah mengolah bahan mentah kini siap menyajikan hasil dari olahan tersebut. Sistem yang menjalankan komputer Anda akan memberikan hasil output yang sudah melewati proses pengolahan data.

Hasil output atau olahan tersebut bisa berupa gambar, suara, dan juga video. Hasil output ini akan bergantung pada perintah yang Anda berikan sebelumnya.

4. Melakukan Penyimpanan Data yang Penting dan Diperlukan

Melakukan Penyimpanan Data yang Penting dan Diperlukan

Fungsi berikutnya dari sistem yang bekerja dalam komputer adalah menyimpan semua data yang sangat diperlukan atau dibutuhkan oleh sistem tersebut. Data penting itu adalah hasil olahan atau hasil output dari memori komputer.

Komponen Penting dalam Komputer

Tiga komponen penting dalam sistem yang menjalankan sebuah komputer terbagi lagi menjadi beberapa bagian. Sistem komputer terdiri dari hardware, software, serta brainware. Berikut keterangan lengkap komponen penting dalam sebuah komputer:

1. Hardware

Hardware

Hardware disebut juga dengan perangkat keras. Komponen ini memiliki bentuk fisik yang bisa Anda sentuh dan pegang. Perangkat keras atau hardware terdiri dari:

  • CPU

Seperti yang sudah dibahas di atas, central processing unit adalah otak dari sebuah sistem komputer. Unit ini memiliki tanggung jawab penuh untuk melakukan berbagai kegiatan dalam sebuah komputer seperti mengelola data dan mengatur perangkat eksternal dan internal.

  • Input Unit

Merupakan sebuah gerbang data agar data yang Anda input bisa masuk ke dalam sistem. Data yang Anda masukkan atau input akan dikonversi menjadi sebuah kode binary. Kode ini bisa terbaca oleh memori utama yang ada dalam komputer Anda.

  • Output Unit

Adalah kebalikan input unit. Output unit menghasilkan informasi serta data yang dihasilkan dari pemrosesan sistem. Data yang dikeluarkan oleh bagian ini bisa berupa suara, gambar, video, serta informasi lain yang Anda perlukan.

  • Storage Unit

Adalah sebuah penyimpanan yang akan menyimpan instruksi yang Anda masukkan ke dalam komputer sebelum data tersebut diproses atau diolah. Storage unit juga merupakan media penyimpanan hasil data yang sudah diproses untuk sementara waktu.

2. Software

Software

Nama lain dari software adalah perangkat lunak. Software adalah komponen komputer yang tidak mempunyai bentuk fisik. Perangkat lunak memiliki bentuk digital dan tersimpan dalam memori komputer Anda. Berikut ini adalah beberapa jenis software:

  • System Software

Merupakan software yang berfungsi untuk mengontrol dan mengatur komponen hardware komputer agar bisa berinteraksi dengan software maupun hardware lain.

  • Utility Software

Adalah software yang berguna untuk melindungi dan menjaga komputer Anda tetapi tidak mempunyai kontak langsung dengan perangkat keras. Contoh software ini adalah disk defragmenter, antivirus, dan yang lainnya.

  • Application Software

Yaitu software tertentu yang fungsi utamanya adalah menyelesaikan sebuah tugas tertentu yang diberikan oleh user. Contoh software ini adalah software office, web browser, game, dan lain-lain.

3. Brainware

Brainware

Komponen penting ini wajib dimiliki oleh setiap komputer, agar komputer bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Brainware adalah perangkat intelektual yang mengoperasikan dan menggunakan perangkat komputer tersebut.

Tanpa adanya brainware, komputer dan sistemnya yang canggih hanyalah sebuah alat kosong yang tidak mampu melakukan pekerjaan apapun. Dengan kata lain, brainware bisa jadi adalah pengguna komputer tersebut.

Penerapan dan Penggunaan Sistem Komputer

illustration 2-cardiac surgery line style

Sistem komputer digunakan dalam berbagai aspek kehidupan karena alat ini sangat berguna dalam mempermudah pekerjaan manusia, terlebih pada era teknologi yang serba canggih seperti sekarang ini. Berikut contoh penggunaan komputer:

1. Bidang Industri

Komputer memiliki fungsi utama sebagai pengontrol mesin yang dipakai dalam produksi perusahaan berkecepatan tinggi. Komputer bisa digunakan untuk mengoperasikan mesin serbaguna.

2. Bidang Niaga

Salah satu contoh penggunaan komputer dalam bidang bisnis adalah mesin kasir. Berkat sistem yang canggih, mesin kasir bisa dikontrol oleh manajer dari ruangan lain.

3. Bidang Pendidikan

Komputer sudah menjadi media belajar mengajar yang canggih dewasa ini. Kelas online dan kursus online bisa terjadi berkat komputer dan berbagai software yang dijalankan di komputer tersebut.

4. Bidang Bioteknologi

Banyak negara maju bahkan sudah mengembangkan berbagai robot komputer yang akan membantu membuat pekerjaan tertentu menjadi lebih efisien serta menjadikan ruangan jauh lebih steril.

Memahami komputer dan sistemnya yang canggih memang tidak akan ada habisnya, apalagi dengan teknologi yang semakin maju dan berkembang setiap tahunnya. Dengan memahami komputer, sistem, fungsi, komponen, dan penggunaannya, Anda bisa lebih memanfaatkan alat ini di kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan komentar